--> Skip to main content

Cara Alami Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi


Cara alami menurunkan kolesterol tinggi. Cara alami dengan mengonsumsi bahan-bahan herbal yang ada disekitar serta menjalani gaya hidup yang sehat untuk menurunkan kolesterol.

 Cara alami di sini maksudnya dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang ada disekitar serta menjalani gaya hidup yang sehat.





Monstutor.com - Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. ada yang bermanfaat ada juga yang berbahaya. Yang berbahaya bagi tubuh adalah kolesterol LDL. Sedangkan kolesterol yang bermanfaat yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh adalah kolesterol HDL .

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Kolesterol akan berbahaya jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Kadar kolestrol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah. Oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, buktinya anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal itu dikarenakan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang mengandung lemak tinggi. Semakin banyak makan makanan yang berlemak, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh kita. Gorengan, daging kambing, dan susu merupakan contoh makanan berlemak.

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, maka dapat menimbulkan penyumbatan pada aliran darah kita. Timbunan lemak jahat tersebut akan mengganggu suplai makan menuju jantung. Hal itu dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Kadar kolesterol yang tinggi sering dikaitkan pada orang yang bertubuh besar atau yang mengalami obesitas, namun kenyataannya yang kurus pun bisa mempunyai kolesterol tinggi jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh tidak dijaga. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi.

Cara untuk menurunkan kolesterol tinggi sangat beragam, mulai dari mengkonsumsi obat medis hingga menggunakan cara yang alami.

Berikut cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yaitu : :


1. Meminum Air Jeruk Nipis.
Jeruk nipis kaya akan flavonoid yang merupakan anti-oksidan kuat. Anti-oksidan dapat membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera berkurang.


2. Mengonsumsi Buah Anggur.
Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.


3. Mengonsumsi Buah Jambu merah.
Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang pastinya berguna bagi kesehatan tubuh. Ada anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. 

Maka dari itu sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi mulailah mengonsumsi jus jambu merah secara rutin. Kamu bisa langsung memakannya begitu saja atau dijus.


4. Rajin Mengonsumsi Kulit manggis.
Kulit manggis memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Kulit manggis mengandung xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kanker dan anti-oksidan, jauh lebih kuat dibandingkan vitamin C dan E. 

Kita bisa memvbeli ekstrak kulit manggis yang banyak beredar di pasaran atau dengan memblender kulit manggis lalu meminumnya langsung.


5. Mengonsumsi Biji-bijian.
Nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh berkembang dengan baik untuk mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh.

Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B. Oleh sebab itu biji-bijian efektif digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami.


6. Mengonsumsi Brokoli.
Brokoli mengandung serat yang tinggi yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan segera dibasmi. 

Untuk mendapatkan manfaat brokoli sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi olah brokoli dengan cara direbus dan hindari penggunaan minyak untuk mengonsumsi brokoli.


7. Mengonsumsi Buah Apel.
Buah ini terutama kulitnya mengandung pektin yakni serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.


8. Mengonsumsi Berries (strawberry, blueberry, cranberry).
Keluarga Berries kaya akan pektin, serat larut air yang bisa mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik yaitu kolesterol HDL.

Asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik. 

Selain itu, buah-buahan kelompok berry ini juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh. Oleh karena itu rajin mengonsumsi berries merupakan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang efektif.


9. Mengonsumsi Buah Pir.
Pir termasuk buah yang tinggi akan serat alami. Satu buah pir ukuran sedang bisa memenuhi16% kebutuhan akan serat harian. Nilai serat buah pir ternyata lebih tinggi daripada apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. 

Pektin berfungsi mengikat kolesterol dan membawa keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun. Konsumsi pir secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami.


10. Mengonsumsi Alpukat.
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Alpukat bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi.

Mengonsumsi 1 buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.


11. Mengonsumsi  Pepaya.
Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi,sampai akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. 

Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.


12. Mengonsumsi Salmon.
Kandungan minyak Omega-3 pada ikan salmon sanat bermanfaat untuk kesehatan. Lemak omega-3 terbukti mampu menangkal penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya. Lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan seperti salmon dan sarden dapat meningkatkan kolestrol baik sebanyak 4%. Rajinlah mengkonsumsi salmon sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi yang alami.

Itulah beberapa cara untuk menurunkan Kolesterol tinggi secara alami yang dapat anda coba. Semoga Bermanfaat.


***************