--> Skip to main content

Cara Memasang LD-JSON Script Schema.org BlogPosting Untuk Blogger


Cara Memasang LD-JSON Script Schema.org BlogPosting Untuk Blogger - Schema.org untuk data terstruktur sebuah halaman web  atau blog salah satu caranya  dengan menggunakan script LD-JSON.


Cara Memasang LD-JSON Script Schema.org BlogPosting Untuk Blogger


Data terstruktur yang valid ini penting untuk SEO sebuah website. Karena jenis data terstruktur ini ada banyak, membuat para blogger  menjadi bingung untuk menentukan data terstruktur yang tepat untuk jenis blog.

Sebenarnya ini cukup mudah untuk menentukan schema.org yang tepat untuk blog yaitu BlogPosting. Namun karena tidak banyak yang menuliskan cara menerapkannya pada blogspot, maka ini menjadi susah.

Apabila menggunakan tema default bawaan blogger, kita tidak perlu pusing memikirkan cara menerapkan schema.org BlogPosting karena sudah secara otomatis melalui server blogger. Kita bisa menemukannya dengan kode namun Anda tidak akan menemukan detail kode ld-json tersebut.


Jika Anda menggunakan template custom blogger dan sudah menggunakan data terstruktur schema.org, coba cek schema.org apa yang digunakan.

Jika ternyata schema.org yang digunakan bukan jenis BlogPosting, Anda bisa mencoba merubahnya dan menggunakan schema.org BlogPosting yang ditulis dengan script ld-json berikut ini.

Untuk memulainya, silahkan hapus semua kode yang berhubungan dengan schema.org sebelumnya kecuali untuk Breadcrumb.


Kode-kode tersebut biasanya seperti itemprop, itemscope, atau itemtype. Kemudian hapus kode hentry pada kode ini atau kode yang seperti ini



Dan silahkan simpan kode berikut di bawah kode
(kode hentry sudah dihapus).

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot; or data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<script type='application/ld+json'>{
  "@context": "http://schema.org",
  "@type": "BlogPosting",
  "mainEntityOfPage": {
    "@type": "WebPage",
    "@id": "<data:post.canonicalUrl/>"
    },
  "headline": "<data:view.title.escaped/>",
  <b:if cond='data:blog.metaDescription'>"description": "<data:blog.metaDescription.escaped/>",<b:else/>"description": "Silahkan kunjungi postingan <data:view.title.escaped/> untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas.",</b:if>
  "datePublished": "<data:post.timestampISO8601/>",
  "dateModified": "<data:post.lastUpdatedISO8601/>",
  "image": {
    "@type": "ImageObject",<b:if cond='data:post.firstImageUrl'>"url": "<b:eval expr='resizeImage(data:post.firstImageUrl,1280,&quot;1280:720&quot;)'/>",<b:else/>"url": "https://4.bp.blogspot.com/-8kN5uucyxDI/XD6vAIw18dI/AAAAAAAA7kU/uTwzqq0EbvgGyzRaNuLpjzARZIKOWbVoACLcBGAs/s1280/no-thumbnail.jpg",</b:if>
    "height": 720,
    "width": 1280
 },
  "publisher": {
    "@type": "Organization",
    "name": "<data:blog.title/>",
    "logo": {
      "@type": "ImageObject",
      "url": "https://2.bp.blogspot.com/-hnYX9pmKEyM/WvI_f6OwMDI/AAAAAAAAxgI/HXiAtblHykMHBLvOEK1BWCGDMGVR6GG4cBGAs/s600/logoka.png",
      "width": 600,
      "height": 60
      }
    },
  "author": {
    "@type": "Person",
    "name": "<data:post.author/>"
  }
}</script>
</b:if>

Note : URL image yang ditandai adalah logo blog dengan ukuran 600x60, ganti dengan logo Anda sendiri