--> Skip to main content

Cara Membuat Donat Empuk, Enak dan Sederhana di Rumah

Cara Membuat Donat Goreng yang Lembut, Empuk dan Mengembang - Cara membuat donat sendiri ada 3 metode, di antaranya donat goreng, donat panggang menggunakan oven, dan donat kukus. Semua cara membuat donat tersebut bisa digunakan, tergantung selera masing-masing orang.    Namun yang paling favorit adalah cara membuat donat goreng. Pasalnya cara membuat donat goreng dinilai lebih mudah dan bisa dilakukan di rumah meski dengan peralatan seadanya. Selain itu cara membuat donat goreng bisa menghasilkan donat dengan tektur lebih lembut dan empuk. Donat goreng bisa dibuat tanpa ragi, tanpa telur, dan tanpa oven.    Cara Membuat Donat Goreng yang Lembut, Empuk dan Mengembang Berikut ini cara membuat donat goreng yang lembut dan empuk.    Bahan:  300 gram tepung terigu protein tinggi 120 gram tepung terigu protein sedang 1 sdt ragi instan 15 gram susu bubuk 40 gram gula halus 1 butir telur ayam 225 ml air es 30 gram margarin 1 sdt garam   Bahan topping:  Coklat batangan yang dilelehkan Margarin & gula halus Selai     Cara membuat donat goreng:  Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi instan dan gula halus. Aduk sampai tercampur rata. Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit. Jika ragu adonan terlalu encer maka air bisa dimasukkan beberapa bagian dulu. Uleni adonan sampai menjadi kalis. Adonan kalis adalah tidak ada adonan yang lengket menempel di wadah dan tangan. Masukkan margarin dan garam. Uleni adonan sampai elastis. Tutupi adonan menggunakan kain dan diamkan di tempat hangat suhu ruang selama 15 menit. Setelah 15 menit, adonan mengembang. Tinju-tinju adonan untuk mengeluarkan udara. Uleni lagi sebentar. Ulangi langkah 4 tetapi cukup didiamkan selama 10 menit. Tinju-tinju adonan lalu bentuk adonan menjadi lingkaran. Bisa dibentuk manual dengan tangan setelah ditimbang seberat 40 gram atau giling adonan dan cetak memakai cetakan donat. Letakkan adonan yang telah terbentuk dengan diberi jarak pada wadah datar. Tutupi dengan kain dan diamkan selama 30 menit. Goreng adonan donat dalam minyak panas dan api kecil sampai kuning keemasan. Tiriskan. Setelah donat dingin, beri toping sesuai selera.

Donat (doughnut atau donut dalam bahasa Inggris) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isian manis, seperti selai, jelly, krim, dan custard.

Donat sama sekali berbeda dengan bagel--mulai dari bahan pembuatan, teknik pembuatan hingga cara menghidangkan,dan juga toping yang digunakan walaupun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama.

Asal usul donat sering menjadi sumber perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda yang juga memopulerkan hidangan penutup lain, seperti: kue kering, pai krim (cream pie) dan pai buah (cobbler).

Cerita lain mengatakan donat berbentuk cincin diciptakan kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang.

Kue berbentuk bola-bola kecil bernama doughnuts atau olykoeks pertama kali disebut-sebut dalam buku History of New York oleh Washington Irving[1] pada tahun 1809.

Donat dalam ejaan tradisional bahasa Inggris disebut doughnut, sedangkan orang Amerika biasa menulis donat sebagai donut atau doughnut. Istilah donut pertama kali digunakan di dalam artikel surat kabar Los Angeles Times 10 Agustus, 1929. Penulis bernama Bailey Millard dengan berkelakar menulis kalimat "can't swallow the 'wel-dun donut' nor the ever so 'gud bred'," sebagai keluhan atas kemampuan mengeja di kalangan orang Amerika yang semakin menurun.

Penggunaan dua cara penulisan, donut atau doughnut ditemukan dalam serangkaian artikel surat kabar The New York Times tentang "National Donut Week" yang meliput World's Fair tahun 1939. Dalam 4 artikel yang dimulai tanggal 9 Oktober 1939, ejaan "donut" muncul 2 kali.

Dunkin' Donuts yang didirikan tahun 1940 dengan nama Open Kettle di Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat merupakan perusahaan tertua yang menulis donat sebagai "donut", walaupun sebenarnya perusahaan Mayflower Donut Corporation yang didirikan setelah Perang Dunia II merupakan perusahaan pertama yang menulis donat sebagai "donut".



Cara Membuat Donat Rumahan


Membuat donat sendiri ada tiga metode, di antaranya donat goreng, donat panggang menggunakan oven dan donat kukus. Semua cara membuat donat tersebut bisa digunakan, tergantung selera masing-masing.

Namun yang paling favorit adalah cara membuat donat goreng. Pasalnya cara membuat donat goreng dinilai lebih mudah dan bisa dilakukan di rumah meski dengan peralatan seadanya. 

Selain itu cara membuat donat goreng bisa menghasilkan donat dengan tektur lebih lembut dan empuk. Donat goreng bisa dibuat tanpa ragi, tanpa telur, dan tanpa oven.

Bahan untuk Membuat Donat


Bahan:
  • 300 gram tepung terigu protein tinggi
  • 120 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt ragi instan
  • 15 gram susu bubuk
  • 40 gram gula halus
  • 1 butir telur ayam
  • 225 ml air es
  • 30 gram margarin
  • 1 sdt garam

Bahan topping:
  • Coklat batangan yang dilelehkan
  • Margarin & gula halus
  • Selai


Cara membuat donat.

  • Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi instan dan gula halus. Aduk sampai tercampur rata.
  • Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit. Jika ragu adonan terlalu encer maka air bisa dimasukkan beberapa bagian dulu.
  • Uleni adonan sampai menjadi kalis. Adonan kalis adalah tidak ada adonan yang lengket menempel di wadah dan tangan.
  • Masukkan margarin dan garam. Uleni adonan sampai elastis.
  • Tutupi adonan menggunakan kain dan diamkan di tempat hangat suhu ruang selama 15 menit. Setelah 15 menit, adonan mengembang. Tinju-tinju adonan untuk mengeluarkan udara. Uleni lagi sebentar.
  • Ulangi langkah 4 tetapi cukup didiamkan selama 10 menit.
  • Tinju-tinju adonan lalu bentuk adonan menjadi lingkaran. Bisa dibentuk manual dengan tangan setelah ditimbang seberat 40 gram atau giling adonan dan cetak memakai cetakan donat.
  • Letakkan adonan yang telah terbentuk dengan diberi jarak pada wadah datar. Tutupi dengan kain dan diamkan selama 30 menit.
  • Goreng adonan donat dalam minyak panas dan api kecil sampai kuning keemasan. Tiriskan.
  • Setelah donat dingin, beri toping sesuai selera.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar