--> Skip to main content

Cara Membuat Wedang jahe Sendiri

Kini memang ada cara praktis untuk membuat wedang jahe dengan produk sachet yang banyak beredar di sekitar kita. Tinggal diberi air panas, tunggu hingga hangat dan bisa langsung dikonsumsi. Namun bagi anda yang ingin membuat sendiri langsung dari bahan-bahan alaminya, anda bisa mengikuti cara mudah berikut ini:   Bahan-bahan untuk membuat Wedang Jahe  2 ruas jahe ukuran sedang (pilih yang cukup tua)  200 gram gula merah 3 sendok makan gula pasir (atau sesuai selera)  2 batang serai, memarkan 3 lembar daun jeruk (jika diinginkan)  5 butir cengkeh (bila diinginkan)  3 cm kayu manis (jika diinginkan)  1 liter air  Cara Membuat Wedang Jahe     Kupas kulit jahe, lalu parut Seduh dengan air panas Saring dan Sajikan dalam gelas Tambahkan bahan-bahan lainnya (bila diinginkan/ sesuai selera)  Minum selagi hangat



Cara Membuat Wedang jahe Sendiri - Wedang jahe adalah hidangan minuman sari jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur, Indonesia yang umumnya disajikan hangat atau panas.

Wedang jahe juga kadang disebut sebagai teh jahe, meskipun sama sekali tidak mengandung daun teh. "Wedang" sendiri adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti "minuman panas".

Walaupun tanpa kandungan kafeina, minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh. Minuman ini dibuat dari irisan jahe segar, gula jawa atau gula batu yang dicampur ke dalam air panas. Selain menggunakan jahe segar, masyarakat Indonesia juga menggunakan jahe bubuk sebagai bahan umum di resep tradisional mereka.

Terkadang rempah-rempah seperti daun pandan, batang sereh, cengkih dan/atau kayu manis ditambahkan untuk menambah aroma. Susu segar atau susu kental manis juga dapat ditambahkan.


Cara Membuat Wedang Jahe


Kini memang ada cara praktis untuk membuat wedang jahe dengan produk sachet yang banyak beredar di sekitar kita. Tinggal diberi air panas, tunggu hingga hangat dan bisa langsung dikonsumsi. Namun bagi anda yang ingin membuat sendiri langsung dari bahan-bahan alaminya, anda bisa mengikuti cara mudah berikut ini:


Bahan Untuk Membuat Wedang Jahe


Langkah pertama untuk membuat wedang jahe adalah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat wedang jahe terlebih dahulu. bahan yang harus disiapkan untuk membuat wedang jahe yaitu :
  • 2 ruas jahe ukuran sedang (pilih yang cukup tua)
  • 200 gram gula merah
  • 3 sendok makan gula pasir (atau sesuai selera)
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk (jika diinginkan)
  • 5 butir cengkeh (bila diinginkan)
  • 3 cm kayu manis (jika diinginkan)
  • 1 liter air


Proses Cara Membuat Wedang Jahe


Setelah semua bahan untuk membuat wedang jahe telah siap, saatnya masuk ke proses cara pembuatan wedang jahe. Silahkan ikuti langkah-langkah proses pembuatan wedang jahenya.
  1. Kupas kulit jahe, lalu parut
  2. Seduh dengan air panas
  3. Saring dan Sajikan dalam gelas
  4. Tambahkan bahan-bahan lainnya (bila diinginkan/ sesuai selera)
  5. Minum selagi hangat



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar