--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Kabel Headset (Earphone)

Cara Memperbaiki Kabel Headset (Earphone) - Headset tau earphone yang rusak pasti bisa diperbaiki. Masalah headset rusak ini biasanya ada 2 kondisi, yaitu:    1. Kabelnya yang putus, atau  2. Sambungan kabel ke konektornya yang putus.



Cara Memperbaiki Kabel Headset (Earphone) - Headset atau earphone yang rusak pasti bisa diperbaiki. Masalah headset rusak ini biasanya ada 2 kondisi yaitu kabelnya putus dan yang kedua sambungan kabel ke konektornya yang putus.

Masalah yang paling sering terjadi adalah pada sambungan konektor. Sambungan konektor riskan sekali terlepas kalau kabel sampai tertekuk. Untuk mengatasinya, tentunya Anda mesti menyambung kembali kabel yang putus tersebut, agar headset bisa berfungsi dengan normal kembali.

Cara untuk memperbaiki headset yang rusak, putus, dan tidak bersuara. Semoga saja, dengan cara ini, headset Anda bisa berfungsi seperti sedia kala.

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk memperbaiki headset :

  • Solder.
  • Timah.
  • Selotip kabel yang karet warna hitam. Bisa beli di warung paling hanya seribuan.
  • Selotip bening (opsional). Buat bungkus pemisah kabel. Pakai solatip kabel juga bisa.
  • Korek api.
  • Gunting

Cara Memperbaiki Headset yang Kabelnya Putus :
  1. Pertama-tama, silakan sambungkan headset rusak yang akan diperbaiki ke HP Anda. Coba gunakan untuk mendengar musik dengan volume yang lumayan keras.
  2. Selanjutnya, cek sumber kabel yang rusak dengan cara menekuk-nekuk kabelnya, dari ujung konektor sampai ujung kepala headset, sembari didengar suaranya. Cek terus hingga suaranya keluar kembali.
  3. Kalau ketemu, gunting bagian kabel yang rusak, lalu pisahkan kabel tersebut.
  4. Kupas kulit kabel bagian luar, sampai Anda mendapati bagian dalam dari kabel tersebut. Pada headset, biasanya ada 4, 3, atau 2 kabel. Tapi di sini saya pakai headset HP, jadi hanya ada 2 kabel saja. Nah, kedua kabel ini biasanya ada penanda warnanya. Kadang salah satunya berwarna merah, dan salah satu lainnya berwarna kuning emas biasa, atau bisa juga berwarna hijau.
  5. Karena pada kabel tersebut terdapat pelindungnya (biasanya dari bahan kain), gunakan korek api untuk membakar pelindung kabel tersebut.
  6. Sambungkan kabel yang sudah dibakar tadi sesuai warna.
  7. Sambungkan kembali headset ke HP, lalu tes suaranya. Kalau belum benar, coba cabut sambungan yang tadi terpasang, bakar kembali kabel tersebut, lalu sambungkan kembali. Ulangi sampai suaranya sudah keluar sebagaimana mestinya.
  8. Kalau sudah normal, Anda bisa menyolder hasil sambungan tadi biar ngga gampang putus kabelnya.
  9. Beri solatip bening untuk memisahkan 1 kabel dengan kabel yang lain.
  10. Terakhir, lapisi dengan solatip hitam.
  11. Selesai


Cara Memperbaiki Headset yang Lepas dari Konektornya :

  1. Kalau konektornya putus, Anda bisa menggantinya dengan beli konektor jack 3.5mm lain. Beli di toko listrik, harganya sekitar 3 ribuan.
  2. Kalau kabel ke konektor kepala headset-nya putus, Anda tinggal memperbaikinya kembali dengan cara disolder ulang.



Mau yang lebih mudah?

Siapkan headset lain yang juga sudah rusak, namun konektor atau salah satu kepala headset-nya masih normal. Gunakan headset tersebut untuk dikanibal ke headset yang akan diperbaiki. Tinggal sambung-sambung kabel saja, sama seperti tutorial sebelumnya.




    Tag: cara memperbaiki kabel headset yang terkelupas, cara menyambung kabel headset yang berbeda, cara memperbaiki mic headset, cara menyambung kabel headset 4 warna ke speaker aktif, cara memperbaiki colokan headset, cara memendekkan kabel headset, cara menyambung kabel mic headset, cara menyambung kabel headset 3 warna ke jack, jalur headset, kenapa headset mati sebelah.