--> Skip to main content

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Alami

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Alami - Daya tahan tubuh bayi yang belum sempurna, sering membuat bayi mudah terserang flu. Dalam kondisi itu, sebagai orang tua jangan langsung mengambil obat dalam kotak P3K. Kita bisa mengatasi flu pada si bayi dengan cara alami yang tersedia di rumah.



Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Alami - Daya tahan tubuh bayi yang belum sempurna, sering membuat bayi mudah terserang flu.

Dalam kondisi itu, sebagai orang tua jangan langsung mengambil obat dalam kotak P3K. Kita bisa mengatasi flu pada si bayi dengan cara alami yang tersedia di rumah.

Di bawah ini kami sudah mengumpulkan dari berbagai sumber cara alami yang bisa meredakan atau menghilangkan flu bayi Anda

  • Buatlah bayi menghirup uap dari air panas. Caranya, tuangkan air panas ke dalam baskom atau ember kecil. Kemudian, dekatkan uap itu ke bayi, dan pastikan menghirup uang panas tersebut. Jangan terlalu dekat karena bisa membuat bayi kepanasan
  • Pijatlah bagian hidung bayi. Berikanlah pijatan yang lembut di bagian hidung dan alis. Pijatan ini dimaksudkan untuk mencairkan ingus yang mampat atau mengeluarkan ingus. Sehingga, si buah hati bisa lebih plong dalam bernapas.
  • Bila ingus sudah mengeras, bersihkan dengan kapas yang dibasahi air hangat. Lakukanlah dengan lembut agar tidak memunculkan iritasi.
  • Tubuh yang dingin biasanya penyebab bayi mengalami flu. Hangatkan tubuh bayi Anda saat ia terkena flu. Bisa dengan memandikannya dengan air hangat, atau menjemurnya di bawah sinar matahari.
  • Sebaiknya bayi tidur dalam posisi miring, agar ia bisa bernapas dengan mudah. Bila hidung tersumbat pada sebelah kanan, maka posisikan Si Kecil menghadap kiri. Bila hidung yang tersumbat sebelah kiri, maka posisikan sebaliknya.
  • Buatlah jadwal istirahat bayi lebih banyak dibanding sebelumnya. Hal ini untuk mempercepat penyembuhan flu pada bayi. Waktu istirahat sangat berhubungan dengan sistem imunitas tubuh. Bila bayi banyak berisitrahat, maka proses untuk sembuh terjadi lebih cepat.
  • Berikan larutan air garam ke hidungnya. Anda bisa memberikan dua tetes garam dengan menggunakan pipet tes ke hidung bayi, minimal tiga kali sehari. Tetesan garam bakal mencairkan ingus bayi dan membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Seberapa banyak garam yang Anda pakai? Anda bisa melarukan garam sekira setengah sendok makan garam dengan segelas air hangat. Dan jangan lupa, lakukan tip ini dengan hati-hati ya, Moms.
  • Untuk membuat tubuh bayi hangat, Anda bisa memberikan minyak telon bayi plus campuran bawang merah ke dada, punggung dan perut bayi. Bawang merah dan minyak telon sudah teruji untuk menghilangkan atau menyembuhkan demam yang diakibatkan masuk angin pada bayi. Setelah membalurkan minyak telon dan bawang merah, lakukan pijatan lembut agar bayi Anda kian terasa hangat.
  • Berikan teh hangat yang sudah dicampur madu dan jeruk nipis. bila bayi sudah di atas umur 6 bulan berikan teh hangat yang sudah dicampur madu dan jeruk nipis. Campuran itu menguatkan imunitas bayi yang bisa membantu melegakan pernapasan pada bayi.

Itulah cara-cara mengatasi sakit flu pada bayi secara alami, namun apabila bayi Anda tidak juga kunjung membaik segeralah membawa bayi Anda ke Dokter.