--> Skip to main content

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami - Masalah gangguan mulut yang sering terjadi pada sebagian orang selain gigi berlubang adalah gusi bengkak. Gusi bengkak  merupakan keadaan dimana terjadinya pembengkakkan pada gusi.


Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami - Masalah gangguan mulut yang sering terjadi pada sebagian orang selain gigi berlubang adalah gusi bengkak. Gusi bengkak  merupakan keadaan dimana terjadinya pembengkakkan pada gusi. 

Pada beberapa kasus, gusi bengkak terjadi dalam ukuran yang besar hingga menutupi gigi. Bahkan karena gusi yang membengkak ini, pipi jadi kelihatan menonjol.


Penyebab Gusi Bengkak


Meskipun bukan gigi yang sakit, tapi tetap saja kalau dipakai mengunyah rasanya sakit. Gusi bengkak bisa menyerang siapa saja tanpa Apa sih penyebabnya? .


  • Menumpuknya Karang Gigi. Penyebab gusi bengkak bisa disebabkan karang atau plak yang menumpuk. karang gigimerupakan sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama dan tidak langsung dibersihkan. Air liur yang mengandung mineral  membantu sisa makanan tadi mengeras membentuk karang gigi atau plak.
  • Gigi yang Berlubang. Gigi yang berlubang karena kuman juga dapat merambah hingga gusi dan menyebabkan gusi bengkak.
  • Gingivitis. Menumpuknya plak pada gusi yang terakumulasi dalam jumlah besar dan lama dapat menyebabkan inflamasi yang disebut dengan gingivitis. Gingivitis juga merupakan penyakit pada gusi.
  • Terkena Virus Atau Jamur. Ketika Anda tidak mengatur makanan yang masuk ke dalam mulut Anda, bukan tidak mungkin Anda juga memasukkan virus atau jamur ke dalam mulut Anda sendiri.
  • Kesalahan Pemasangan Aksesoris Pada Gigi. Pemasangan aksesori gigi seperti gigi palsu atau behel yang salah bisa juga menyebabkan gusi bengkak.




Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami



Jika sudah terlanjur mengalami gusi bengkak dan ingin segera sembuh, bisa mencoba cara alami mengobati gusi bengkak sendiri dan tentu saja aman dan efektif.

Berikut adalah cara-cara alami yang  sebagai cara mengobati gusi bengkak:



  • Menggunakan Garam.
Garam dapat digunakan sebagai cara mengobati gusi gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab plak atau karang gigi. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut Anda. Caranya masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.




  • Menggunakan Lemon.
Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu,  lemon juga merupakan anti-bakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Lemon juga dapat menjadi cara alami mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Caranya peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.



  • Menggunakan Jeruk Nipis.
Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga.Caranya  peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur.



  • Menggunakan Belimbing Wuluh.
Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai anti-bakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut Anda. Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.



  • Menggunakan Daun Jambu Biji.
Daun jambu biji juga dapat berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif mengempeskan gusi yang bengkak karena mengandung antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat. 

Caranya hanya mengunyah daun jambu biji atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.




  • Menggunakan Bawang Merah.
Bawang merah mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.




  • Menggunakan Bawang Putih.
Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.



  • Menggunakan Asam Jawa.
Asam jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit



  • Menggunakan Cengkeh.
Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati gusi bengkak. Caranya adalah dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.



  • Menggunakan Merica.
Merica berguna sebagai cara mengobati gusi bengkak karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Caranya adalah dengan mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit



  • Menggunakan Serai.
Serai juga dapat menjadi cara mengobati gusi bengkak. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang setengahnya. Kemudian gunakan untuk berkumur.



  • Menggunakan Jahe.
Di dalam jahu terdapat antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur.



  • Menggunakan Getah Jarak.
Getah jarak mengandung antiseptic, antibakteri, dan antibiotik yang tinggi. Caranya adalah dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang sakit.



  • Menggunakan Air Kelapa.
Air kelapa juga berguna sebagai antiseptic alami. Berkumurlah dengan menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.





Jika sudah melakukan cara-cara di atas tetapi gusi anda belum juga sembuh, segeralah perikasakan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang serius dan tepat.