--> Skip to main content

Cara Mengatasi Laptop Overheat

Cara Mengatasi Laptop Overheat - Cara untuk mengatasi laptop yang mengalami overheating Atau teralu panas sehingga laptop sering mengalami error dan berakibat kerusakan pada laptop.


Cara Mengatasi Laptop Overheat - Laptop jika mengalami overheat yang sering terjadi diantaranya adalah laptop sering hang, restart sendiri, dan yang paling parah dapat menyebabkan processor mati.    Efeknya yang dapat ditimbulkan bisa sangat fatal, maka harus segera diatasi masalah overheat tersebut


Monstutor.com - Laptop jika mengalami overheat atau panas yang berlebih yang sering terjadi diantaranya adalah laptop sering hang, restart sendiri, dan yang paling parah dapat menyebabkan processor mati. Efeknya yang dapat ditimbulkan bisa sangat fatal, maka harus segera diatasi masalah overheat tersebut.

Untuk cara mengatasi laptop panas berlebihan silahkan coba cara-cara mengatasi laptop agar tidak overheating yaitu :


1. Pastikan Sirkulasi Udara Baik.
Sewaktu kita  menggunakan laptop, usahakan berada di tempat yang mempunyai sirkulasi udara baik. Maksudnya  adalah jangan menggunakan laptop ditempat yang pengap, misal diatas kasur atau diatas bantal. 

Laptop kebanyakan mempunyai lubang untuk sirkulasi udara  dibagian samping maupun bawah. Jika kita meletakkan laptop yang sedang menyala diatas kasur atau bantal bisa menyebabkan sirkulasi udara menjadi buruk, karena udara panas terhalang oleh bantal sehingga udara baru yang akan masuk menjadi terhalang. Lama- kelamaan karena sirkulasi udara yang buruk bisa menyebabkan laptop mejadi overheat dan akan berdampak pada menurunnya performa laptop itu sendiri.



2. Gunakan Cooling Pad.
Cooling pad merupakan salah satu alat yang bisa mengurangi dampak overheat pada laptop. Fungsinya adalah mengurangi atau menurunkan panas pada laptop dengan cara mengalirkan udara  melalui bagian bawah laptop. Tetapi perlu diingat, cooling pad juga dapat memberikan efek negatif jika kita tidak benar dalam pemakaiannya. Misalnya adalah membawa debu masuk ke dalam laptop, ini terjadi jika cooling pad dalam keadaan kotor. 

Supaya Cooling pad  tidak membawa efek negatif usahakan membersihkan cooling pad dari debu yang menempel secara berkala. Dan juga perlu di perhatikan, kadangkala ada laptop yang menempatkan sirkulasi udaranya di bawah monitor sehingga menggunakan kipas cooling pad jadi tidak begitu berguna.



3. Bersihkan Kipas Atau Heatsink.
Kipas yang digunakan terus-menerus, bukan tidak mungkin akan terjadi penumpukan debu yang cukup banyak. Hal ini dapat menyebabkan kecepatan putar dari kipas menjadi menurun atau melambat. Untuk mengatasinya, lakukan pembongkaran kemudian bersihkan kipas dan heatsink laptop sampai benar-benar bersih, dan usahakan beri pelumas.



4. Tambahkan Thermal Pasta.
Kinerja dari processor yang terus-menerus menyebabkan panas berlebih. Dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan lapisan thermal pasta pada processor mengering. 

Padahal thermal paste digunakan sebagai penghatar keluarnya panas dari chip processor. Dengan begitu lebih baik tambahkan thermal paste secara berkala agar panas pada processor bisa dihantarkan dengan baik.



5. Istirahatkan Laptop.
Jika pemakaian laptop sudah dalam jangka  waktu yang lama dan digunakan terus-menerus untuk kerja berat seperti bermain game ataupun mengedit foto atau video lebih baik kita istirahatkan dahulu. Istirahatkan laptop minimal 30 menit, sebelum nanti digunakan kembali. Istirahatkan dalam hal ini harus dimatikan total.


itulah beberapa cara untuk mengatsi laptop yang mengalami overheat atau panas yang berlebih yang dapat anda coba.


***************




Tag: cara mengatasi laptop overheat saat main game, cara mengatasi laptop mati karena overheat, ciri-ciri laptop overheat, service laptop overheat, pengertian overheat pada laptop, biaya service laptop overheat, akibat laptop overheat, vga laptop overheat.