--> Skip to main content

Cara Mengobati Amandel Secara Alami

Cara Mengobati Amandel Secara Alami - Amandel merupakan  membengkaknya  atau membesarnya benjolan kanan dan kiri di belakang rongga mulut. Amandel bisa diobati dengan cara alami yang bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan.


Cara Mengobati Amandel Secara Alami - Berikut merupakan beberapa cara mengobati amandel secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah sebelum melakukan tindakan medis.

Amandel merupakan  membengkaknya  atau membesarnya benjolan kanan dan kiri di belakang rongga mulut. Amandel bisa diobati dengan cara alami yang bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Dalam bahasa medisnya amandel disebut gengan nama “tonsil”. Amandel atau tonsil sendiri berfungsi sebagai kekebalan tubuh dan menjaga dari kuman pathogen yang masuk ke pencernaan. Tonsil  merupakan sepasang kelenjar getah bening yang berada di belakang tenggorokan. Apabila mengalami radang, maka disebut “tonsillitis” atau yang biasa disebut oleh kita amandel.




Gejala Amndel


Amandel biasanya menyebabkan  batuk-pilek terus menerus, susah makan, dan mudah sakit. Oleh karena itu kita perlu mengetahui cara mengobati amandel secara alami. Pembengkakan amandel ini sering terjadi diakibatkan oleh infeksi virus atau karena infeksi oleh bakteri.

Pembengkakan tersebut akan memengaruhi kondisi imunitas tubuh, demam tinggi, sakit tenggorokan, sudah pasti sakit saat menelan makanan, susah makan, lesu, susah nafas, hingga merasakan sakit di sekitar daerah telinga. Selain segera berkondultasi ke dokter, kita juga dapat mengobati amandel dengan cara mengobati amandel secara alami yang bisa dilakukan di rumah.




Cara Obati Amandel Secara Alami.



Amandel bisa sembuh sendiri tanpa operasi selama daya tahan tubuh si penderita bisa kuat, serta menjaga pola hidup terutama makanan. Tindakan operasi dapat diambil sebagai langkah terakhir ketika radang amandel sering kambuh, atau karena kedua amandel yang membengkak telah menutupi seluruh rongga kerongkongan.

Selain menghemat tenaga dan biaya, cara mengobati amandel secara alami ini tentunya membantu sebagai alternatif sebelum melakukan pengobatan secara  medis. Berikut ini telah  dirangkum dari berbagai sumber cara mengobati amandel secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah yaitu :


1. Perbanyak waktu istirahat.
Penderita amandel harus banyak istirahat, karena ini mampu membantu tubuh melawan infeksi virus atau bakteri. Jangan teralu memforsir diri dengan berbagai aktivitas berat, serta sebaiknya tidur nyenyak pada siang hari dan malam hari secukupnya.


2. Hindari Paparan Asap Rokok.
Bagi penderita amandel yang mempuanyai kebiasaan merokok sebaiknya dikurangi atau berhenti. Bagi penderita lain yang menjadi perokok pasif, hindarilah paparan asap rokok atau zat lain yang dapat menambah iritasi pada saluran pernapasan.


3. Memperbanyak Asupan Cairan Cagi Tubuh.
Cara mengobati amandel secara alami bisa juga dengan memperbanyak asupan cairan bagi tubuh, bisa dengan mengonsumsi minuman hangat, sup, kaldu, dan teh hangat. Saat sedang radang amandel sering-seringlah untuk minum air hangat. Sediakan air minum dalam botol besar yang selalu Anda bawa sambil nonton TV atau di samping tempat tidur, supaya ingat untuk memperbanyak cairan tubuh.


4. Menggunakan Humidifier.
Udara kering di ruangan rumah akan memperlambat proses kesembuhan radang tenggorokan, serta memperparah iritasi. Cara mengobati amandel secara alami adalah menggunakan humidifier sebagai alat pelembab ruangan. Hal ini akan membantu menenangkan ketidaknyamanan pada amandel, terutama bila digunakan pada malam hari. Tidur ditemani humidifier akan sangat baik meredakan amandel.


5. Berkumur Menggunakan Air Garam.
Berkumur-kumur menggunakan air garam juga merupakan salah satu cara mengobati amandel secara alami . Caranya larutkan garam dalam segelas air hangat, kemudian kumur dengan menengadahkan kepala beberapa saat, lalu keluarkan. Lakukan cara ini beberapa kali, guna mengurangi rasa sakit sementara pada amandel.


6. Mengonsumsi Air Jeruk Nipis.
Jeruk nipis atau lemon merupakan buah yang mudah dijumpai. Dikenal memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan anti inflamasi jeruk nipis bisa digunakan sebagai salah satu cara mengobati amandel secara alami.

Caranya adalah :

  • Siapkan segelas air hangat.
  • Kemudian tambah perasan air jeruk nipis atau lemon (sesuai kebutuhan Anda)
  • Tambahkan 2 sdt madu dan juga sedikit garam
  • Minumlah ramuan ini 2 kali sehari selama beberapa hari


7. Makan Buah Tin (Ara).
Buah yang berwarna ungu agak kemerahan ini ternyata memiliki manfaat luar biasa dalam mengobati amandel secara alami. Karena Buah Tin memiliki kandungan lendir mucilage yang tinggi sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat tonsillitis atau amandel.

Cara mengonsumsi buah tin sebagai cara mengobati amandel secara alami:

  • Rebus 3 buah tin yang masih segar atau yang sudah dikeringkan
  • Setelah matang, ambil dan haluskan seperti bubur
  • Campurkan dengan 1 sendok makan madu
  • Makanlah racikan ini 2 atau 3 kali sehari


8. Rajin meminum Jus Jambu Biji.
Selain rasanya enak dan menyegarkan, jus jambu biji juga termasuk dalam daftar cara mengobati amandel secara alami. Buah jambu memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, serta dipercaya mampu membantu mempercepat penyembuhan. Konsumsilah jus jambu biji setiap hari untuk membantu meringankan rasa sakit pada amandel.



9. Berkumur dan Meminum Cuka Apel.
Selain bermanfaat menjaga kesehatan jantung, sari cuka apel juga baik untuk membantu menyembuhkan radang amandel. 

Caranya sangat mudah yaitu  dengan mencampur 1 sendok makan cuka apel dengan air hangat, kemudian berkumur-kumur sambil menengadahkan kepala, lalu telan perlahan. Jika tidak terbiasa dengan rasa kecut cuka apel yang menusuk, Anda bisa menambahkan 1 sendok makan madu.



10. Makan Bawang Putih.
Bawang putih dipercaya memiliki kandungan senyawa antioksidan, antibakteri, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk itulah alasan kenapa bawang putih layak menjadi cara mengobati amandel secara alami. 

Caranya yaitu kita bisa memakan 1 siung secara utuh, tetapi jika khawatir dengan rasa “pengar” yang menyengat dari bawang putih, bisa dimakan 1 siung langsung dengan air putih seperti anda meminum obat tablet

Cara lainnya adalah 

  • Geprek 2 siung bawang putih
  • Rebus selama 5 menit
  • Kemudian saring air bawang putih
  • Boleh ditambahkan 1 sendok teh madu dan sedikit perasan lemon untuk menambahkan rasa manis segar, serta mengurangi efek menyengat si bawang putih.
  • Kemudian minumlah ramuan tersebut. Lakukan cara ini sampai Amandel sampai tidak tersa sakit.


Apabila dengan menggunakan cara-cara di atas sudah dilakukan, akan tetapi amandel belum juga sembuh segeralah berkonsultasi dengan dokter.