--> Skip to main content

Tips Cara Memperbaiki Pola Tidur Tidak Teratur

Tips Cara Memperbaiki Pola Tidur Yang Tidak Teratur -  Tentang bagaimana caranya memperbaiki jadwal tidur yang kacau berantakan dengan jadwal tidak teratur, Agar aktivitas sehari-hari menjadi normal.


Tips Cara Memperbaiki Pola Tidur Yang Tidak Teratur


Monstutor.com - Apakah Anda mengalami susah tidur, sehingga pola tidur Anda berantakan? Silahkan baca Artikel ini tentang tips cara bagaimana untuk memperbaiki pola tidur Anda yang tidak teratur

Pola tidur yang tidak teratur, tentunya akan mempengaruhi aktivitas Anda. Selain itu juga dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Jadi memperbaiki pola tidur yang tidak teratur tentu sangat dibutuhkan oleh semua orang termasuk Anda yang sedang mengalami pola tidur yang tidak teratur.

Apabila Anda tidak cukup untuk beristirahat, maka akan berakibat pada menurunnya produktivitas dalam bekerja maupun rutinitas sehari-hari dan terlebih lagi akan mengganggu kesehatan badan Anda.

Jika Anda ingin memperbaiki pola tidur Anda yang sekarang tidak teratur silahkan ikuti beberapa tips tips cara bagaimana untuk memperbaiki pola tidur.

Dengan cara memperbaiki pola tidur Anda yang tidak teratur tentunya dapat membuat Anda kembali produktif, bersemangat dan bugar dalam melakukan kegiatan sehari-hari.  

Berikut cara memperbaiki pola tidur yang tidak teratur yang dapat Anda lakukan yaitu :



1. Olahraga Secara  Rutin.
Dengan melakukan olahraga rutin dapat memperbaiki pola tidur Anda yang sekarang ini  tidak teratur. Dengan berolahraga, Anda dapat menambah energi dan juga membantu mengurangi stress dan depresi yang dialami. Dengan berolahraga pada siang hari bisa membantu Anda untuk tidur nyenyak di malam harinya.


Hal ini disebabkan karena penurunan suhu badan setelah Anda melakukan olahraga. Olah Raga membantu mendinginkan tubuh, yang dapat membuat rasa kantuk datang lebih cepat sehingga Anda lebih mudah untuk tertidur.


Namun, jika Anda melakukan olah raga terlalu dekat dengan waktu tidur, maka hal tersebut malah akan sebaliknya, justru akan  membuat Anda akan sulit tidur. Karena olahraga, tubuh akan memproduksi hormonendorfin yang meningkatkan semangat, sehingga tubuh kesulitan untuk memulai tidur.

Jadi lebih baik lakukan olahraga yang bukan pada atau mendekati waktu tidur atau lebih baiknya Anda menjadwalkan untuk berolahraga rutin sebelum jam 2 siang setiap hari untuk mendorong pola tidur yang lebih sehat.



2. Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman.
Untuk Memperbaiki pola tidur yang kacau adalah dengan memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus Anda hindari diantaranya adalah minuman yang mengndung kafein seperti kopi dan teh, alkohol, makanan asam dan pedas. 

Sebaiknya Anda hindari makanan tersebut mendekati waktu tidur Anda. Karena semua jenis makanan dan minuman tersebut akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak dan malah membuat pola tidur Anda semakin berantakan.

Jika Anda merasa lapar pada malam hari, cobalah memakan makanan yang menyehatkan dan tidak menimbulkan kesulitan untuk tidur, seperti camilan dari gandum utuh, sereal rendah gula, dan pisang.



3. Tidur dan bangun di jam yang Sama.
Cara untuk memperbaiki pola tidur yang tidak teratur berikutnya yaitu dengan membuat jadwal tidur yang teratur.  Cara yang terbaik untuk membuat jadwal tidur yang teratur adalah dengan berusaha tidur dan bangun tidur pada jam yang sama di pagi harinya.

Meski Anda merasa sulit untuk menerapkan pola tidur tersebut, cobalah lakukan secara bertahap. Konsistensi adalah kunci utama dalam tips memperbaiki pola tidur yang berantakan ini.



4. Batasi jam tidur siang Anda.
Tidur siang bukanlah cara terbaik untuk mengganti waktu tidur malam yang kurang. Justru dengan melakukan tidur pada siang hari akan membuat Anda susah untuk tertidur di malam harinya.

Oleh sebab itu, cara untuk memperbaiki pola tidur Anda yang tidak teratur ini yaitu dengan membatasi jam tidur siang Anda. Atau lebih baik Anda Coba untuk menahan tidur di siang harinya.



5. Buat Ruang Tidur Anda Senyaman Mungkin.
Anda dapat mencoba menata ruang tidur Anda senyaman mungkin menurut Anda. Membuat kamar tidur gelap pada malam hari dan terang pada siang hari bisa diterapkan. Selain itu, juga bisa dipasang suhu ruangan yang pas dan pasang suara yang mendukung suasana tidur atau dengan pewangi kamar agar pikiran dan tubuh merasakan kenyamanan dengan aroma wanginya.

Usahakan untuk merasa nyaman selama sudah berada di tempat tidur agar bisa langsung tertidur. Sebaiknya segera buang semua pikiran-pikiran yang mengganggu, yang dapat mempengaruhi tidurmu.


6. Lakukan "Ritual" khusus sebelum tidur.
Luangkan sedikit waktu Anda untuk melakukan "ritual" dalam tanda kutip melakukan persiapan sebelum Anda tidur seperti berendam menggunakan air hangat, minum segelas susu hangat, melakukan meditasi, membaca baca buku. Lakukan ritual tersebut 90 menit sebelum waktu Anda untuk tidur.

Mandi air hangat atau berolahraga ringan beberapa jam sebelum tidur dapat menaikkan suhu tubuh, menyebabkan kamu mengantuk saat suhu tubuh kembali menurun, Penelitian menunjukkan bahwa rasa kantuk dikaitkan dengan turunnya suhu tubuh.

Pergunakan juga sisa waktu yang ada untuk menyiapkan segala kebutuhan besok paginya, termasuk pakaian kerja, bekal dan sarapan, untuk menghindari stres akibat kewalahan di pagi hari.




Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki pola tidur Anda yang tidak teratur. Selain melakukan cara-cara tersebut, sebelum Anda tidur cobalah mendekatkan diri kepada Tuhan, lakukan Ibadah dan doa. Karena dengan melakukan hal tersebut hati kita menjadi tenang dan tidurnya menjadi lebih nyenyak.



    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar