--> Skip to main content

Cara Agar Cepat Tidur Bagi Yang Susah Tidur

Cara Agar Cepat Tidur Bagi Yang Susah Tidur (Insomnia) - Berikut ini merupakan beberapa tips cara mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia cara agar cepat tidur bagi yang susah tidur.Sebagian orang pasti pernah atau sedang mengalami gangguan susah tidur yang biasa disebut insomnia.

Cara Agar Cepat Tidur Bagi Yang Susah Tidur




Gangguan insomnia bisa disebabkan oleh banyak faktor. Dari mulai karena mengalami gangguan kesehatan, hingga punya masalah atau banyak pikiran. Faktor penyebab kedua ini cukup sering dialami orang-orang  saat ini.

Banyaknya pikiran karena tuntutan pekerjaan atau tuntutan hidup yang berat, secara tidak langsung akan memaksa otak terus aktif. Saat itu terjadi, maka Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur dengan nyenyak.



Cara Mengatasi Insomnia.




Tapi jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber cara alami untuk mengatasi  gangguan susah tidur yang cukup efektif dan cepat serta tanpa  menggunakan obat tidur. Intinya, selama pikiran dan tubuh Anda nyaman, maka Anda akan bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.



1. Mandi dengan Air Hangat.
Anda tidak akan pernah bisa tidur dengan nyenyak jika tubuh berada dalam kondisi kurang bersih. Apalagi Anda yang terbiasa bekerja di luar ruangan dan kerap bersentuhan dengan asap maupun debu di jalanan.

Oleh sebab itu, pastikan sebelum tidur mandilah menggunakan air hangat. Air hangat yang mengenai tubuh akan membuat badan kita terasa lebih rileks dan segar. Dengan tubuh yang lebih rileks, maka kita akan cepat mengantuk dan bisa tertidur dengan pulas.


2. Minum Susu Hangat.
Setelah kita selesai mandi dengan air hangat, siapkan segelas susu hangat. Rasa hangat yang masuk ke dalam perut akan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Sehingga akan mempermudah proses Anda untuk tidur dan terlelap.

Untuk tambahan, kita juga dapat memakan sedikit tuna, keju, atau kedelai. Dalam makanan tersebut terdapat kandungan trytophan yang bersifat menenangkan. Dengan demikian, kita akan lebih terbantu untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan lebih cepat.


3. Berbaring Melihat ke Atas.
Berdasarkan hasil sebuah penelitian, menatap ke atas atau langit-langit kamar akan merangsang sistem saraf parasimpatis. Sistem saraf ini akan membuat tekanan darah menurun dan pernapasan melambat. Kondisi tersebut yang kemudian akan menenangkan pikiran dan Anda bisa lebih cepat tertidur.


4. Matikan Lampu Kamar.
Faktor kenyamanan menjadi hal penting yang harus didapatkan oleh seseorang yang mengalami gangguan susah tidur. Selain mandi air hangat dan minum susu hangat, Anda juga bisa mendapatkan kenyamanan ini dari suasana kamar yang redup.

Cara mengatasi insomnia ini cukup efektif dilakukan. Terutama untuk memberikan kenyamanan saat tidur. Jika memang tidak terlalu suka dengan suasana gelap gulita, maka bisa memasang lampu sudut yang diberi alat pengurang cahaya.

Tidur dalam kondisi kamar yang lampu yang terang dapat membuat mata tetap aktif. Otak pun akan merespons bahwa saat itu adalah siang hari. Jadi, agar mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas, pastikan Anda tidur dengan lampu kamar yang dimatikan.


5. Jauhkan Gadget Dari Tempat Tidur.
Hidup di zaman teknologi memang membuat masyarakat tak bisa jauh dari gadget seperti handphone. Dari mulai kita bangun sampai  menjelang tidur lagi pasti selalu ada gadget di tangan

Untuk yang mengalami masalah sulit tidur, sebaiknya mulai menjauhkan diri dari gadget. Terutama menjelang tidur. Bermain gadget sebelum tidur hanya akan membuat mata dan otak Anda tetap aktif yang akhirnya tubuh pun meresponsnya dengan tidak bisa tidur.

Ketika kta sudah ada di tempat tidur, pastikan posisi gadget berada di luar jangkauan. Gadget yang berada di dekat tempat tidur juga akan membuat Anda lebih mudah terkena insomnia.

Kalaupun harus dekat, pastikan gadget Anda berada dalam mode penerbangan, sehingga tidak akan menangkap dan menyebar sinyal radioaktif meski gadget tetap menyala.


6. Jangan Panjangkan Waktu Tidur.
Para penderita gangguan susah tidur akan mempunyai punya kecenderungan untuk memperpanjang waktu tidurnya. Mereka yang susah tidur pada malam  hari akan berusaha menambahnya jam tidurnya pada siang hari.

Ini jelas bukan cara mengatasi insomnia yang tepat. Hal itu justru akan memunculkan ketidakcocokan antara waktu dan kemampuan untuk tidur.

Jika kondisi kita masih mengantuk tapi kita tidak berada dalam waktu untuk tidur maka bangunlah lakukan beberapa kegiatan misalnya membaca, menulis, atau sekadar merapikan lemari.

Cara ini justru mampu membuat Anda tidur lebih cepat dan lebih nyenyak ketika waktu tidur tiba. Berdiam diri di tempat tidur padahal bukan waktunya untuk tidur hanya akan memancing Anda untuk tidak bisa tertidur.


7. Belajar Atur Pernapasan.
Untuk bisa membuat badan lebih rileks dan nyaman, salah satu cara yang efektif adalah dengan mengatur napas. Latihlah diri Anda untuk bisa mengatur napas secara perlahan. Tarik napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut.

Lakukan latihan tersebut dengan tenang dan berpola. Jangan terburu-buru. Justru napas yang terburu-buru membuat Anda jauh dari rasa nyaman.

Karena pernapasan yang dalam dan tenang akan memperlambat detak jantung. Ketika jantung berdetak dengan tenang dan teratur, seluruh tubuh akan merespons dengan memunculkan rasa nyaman. Saat itulah Anda bisa tertidur dengan lelap.


8. Turunkan Suhu Otak.
Kondisi kamar yang gelap atau temaram juga membantu untuk menurunkan suhu otak. Saat suhu otak turun, Anda pun akan merasa lebih nyaman dan ujungnya akan lebih cepat tertidur.

Penderita insomnia pada umumnya memiliki lobus frontal yang terlalu aktif. Ini merupakan bagian otak yang terkait dengan pembelajaran dan perilaku. Akibat otak yang aktif, maka tubuh pun menjadi sulit tidur.

Selain mematikan lampu, Anda juga bisa menggunakan penutup mata untuk tidur. Alat bantu ini dinilai cukup efektif menurunkan suhu otak kemudian bisa membuat Anda tidur lebih lelap.


9. Mendekatkan diri Kepada Tuhan.
Dengan melakukan ibadah dan doa kepa Tuhan akan membuat hati dan perasaan kita merasa tenang dan  nyaman. Dengan begitu saat kita akan tidur tidak akan terlalu terbebani  masalah yang membuat kita susah tidur.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar