--> Skip to main content

Cara Membuat Cap cay

Cara Membuat Cap cay     Capcay (pinyin: zasui) adalah dialek Hokkian yang berarti harfiah “aneka ragam sayur”. Capcay adalah nama hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa capcai harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti “sepuluh sayur”. Cap di dalam dialek Hokkian juga berarti sepuluh dan Cay artinya sayur.    Pengertian lainnya mengenai capcay adalah masakan sederhana yang terdiri dari aneka sayuran dipotong kecil-kecil dan kadangkala dimasak dengan baso ikan, baso sapi, udang, dan daging ayam. Di Amerika “cap-cay” cah disebut “chop-suey” dan konon diakui sebagai bagian ciptaan kuliner para imigran Cina di Amerika, dan merupakan salah satu ciptaan masakan Chinese-American. Anda, mungkin penasaran, bagaimana mungkin “cap-cay” cah berkelana begitu jauh dari Amerika hingga Indonesia.    Capcay goreng terhidang sebagai salah satu menu. versi yag lebih kuno menyebutkan bahwa makanan ini berasal dari dinasti qing. dimana jerohan dimasak bersama sayur-sayuran untuk membuat nya tampil tampil lebih elok dan lebi sehat.  Capcay ini biasanya dijual di restaurant , atau bisa dihidangkan di acara nikahan , atau kalau ada acara resmi di gedung , dan terkenal dengan masakan nya yang mewah.      Bahan dan Bumbu  Yang Diperlukan Untuk Membuat Cap cay     Bahan :     1 dada ayam dipotong kotak-kotak kecil 200 gr udang dikupas kulitnya 5 helai daun kol 5 bakso dipotong kecil atau dibelah dua 10 helai sawi caisim dipotong-potong 3 batang daun prei dipotong-potong 3 buah tomat dibelah empat 1 buah bawang bombay dibelah empat 2 buah wortel dipotong serong dan tipis     Bumbu :      3 siung bawang putih 4 sendok makan saus tomat 4 sendok makan tepung maizena 1 sendok teh garam atau sesuai selera lada halus secukupnya Bumbu penyedap sesuai selera     Cara membuat Cap cay    Tumis bawang putih hingga menguning dan berbau harum.  Masukkan sekaligus ayam dan udang, aduk rata hingga setengah matang.  Tambahkan air segelas. Sesudah mendidih masukkan wortel, bakso dan sayuran lainnya.  Aduk terus sambil menambahkan saus tomat, garam, lada dan bumbu penyedap.  Setelah rasanya sesuai selera, masukkan cairan tepung maizena.  Segera angkat dari api selagi sayuran masih renyah.



Capcay merupakan nama hidangan khas Tionghoa yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa capcai harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti “sepuluh sayur”. Cap di dalam dialek Hokkian juga berarti sepuluh dan Cay artinya sayur.

Pengertian lainnya mengenai capcay adalah masakan sederhana yang terdiri dari aneka sayuran dipotong kecil-kecil dan kadangkala dimasak dengan baso ikan, baso sapi, udang, dan daging ayam. Di Amerika “cap-cay” cah disebut “chop-suey” dan konon diakui sebagai bagian ciptaan kuliner para imigran Cina di Amerika, dan merupakan salah satu ciptaan masakan Chinese-American. Anda, mungkin penasaran, bagaimana mungkin “cap-cay” cah berkelana begitu jauh dari Amerika hingga Indonesia.

Capcay goreng terhidang sebagai salah satu menu. versi yang lebih kuno menyebutkan bahwa makanan ini berasal dari dinasti qing. dimana jerohan dimasak bersama sayur-sayuran untuk membuat nya tampil tampil lebih elok dan lebi sehat.

Capcay ini biasanya dijual di restoran , hidangan di acara nikahan , atau kalau ada acara resmi di gedung , dan terkenal dengan masakan nya yang mewah bahkan hampir di setiap penjual nasi goreng pun selalu menyediakan menu capcay.

Apabila Anda ingin tahu bagaiman cara membuat Capcai dapat mengikuti caranya di bawah ini :


Tahap 1 : Menyiapkan Bahan dan Bumbu


Langkah pertama untuk membuat capcay adalah menyiapkan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam membuat Capcay. Berikut bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat capcay :



Bahan : 

  • 1 dada ayam dipotong kotak-kotak kecil
  • 200 gr udang dikupas kulitnya
  • 5 helai daun kol
  • 5 bakso dipotong kecil atau dibelah dua
  • 10 helai sawi caisim dipotong-potong
  • 3 batang daun prei dipotong-potong
  • 3 buah tomat dibelah empat
  • 1 buah bawang bombay dibelah empat
  • 2 buah wortel dipotong serong dan tipis


Bumbu :


  • 3 siung bawang putih
  • 4 sendok makan saus tomat
  • 4 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok teh garam atau sesuai selera
  • lada halus secukupnya
  • Bumbu penyedap sesuai selera



Tahap 2 : Proses Pembuatan Cap cay 


Setelah bahan dan bumbu sudah lengkap, selanjutnya masuk ke tahap pembuatan capcay. Silahkan ikuti caranya berikut ini :

  1. Tumis bawang putih hingga menguning dan berbau harum. 
  2. Masukkan sekaligus ayam dan udang, aduk rata hingga setengah matang. 
  3. Tambahkan air segelas. Sesudah mendidih masukkan wortel, bakso dan sayuran lainnya. 
  4. Aduk terus sambil menambahkan saus tomat, garam, lada dan bumbu penyedap. 
  5. Setelah rasanya sesuai selera, masukkan cairan tepung maizena. 
  6. Segera angkat selagi sayuran masih renyah.
  7. Selesai. capcai siap dihidangkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar