--> Skip to main content

Tips Cara Membuat Roll Cake Supaya Tidak Retak

Tips Cara Membuat Roll Cake Supaya Tidak Retak


Tips Cara Membuat Roll Cake Supaya Tidak Retak - Memang tidak mudah untuk membuat kue roll cake atau yang bisa kita kenal dengan sebutan Bolu gulung. Karena,  kemungkinan besar kue roll cake jadi retak saat digulung.

Di Indonsia, Roll Cake sering disebut bolu gulung, di Inggris dengan sebutan Swiss roll sedangkan di America yaitu jam roll, atau jelly roll.

Banyak orang gagal membuat kue yang satu ini karena kue retak saat digulung. Retak atau patah saat digulung tentu akan membuat kue ini jadi kelihatan tidak cantik untuk disajikan.  Untuk itu berikut ini da tips cara supaya roll cake tidak retak saat digulung.

Berikut ini tips cara untuk membuat roll cake agar tidak retak yaitu :
  • Usahakan saat menggulung kue ini masih agak panas. Kue yang masih panas akan lebih elastis sehingga mudah untuk dibentuk. Selain itu, menggulung kue saat masih panas akan menjaga kue tetap tergulung kuat saat sudah dingin, sekalipun sudah diisi dengan isi selai atau vla.
  • Saat menggulung, Anda bisa menggunakan bantuan kertas roti. Namun karena cake masih panas, bisa jadi cake akan lengket dan permukaannya jadi rusak. Untuk menghindari hal ini, taburkan saja gula pasir atau gula tepung  di atas kertas roti. Kemudian balikkan kue, dan lepaskan kertas roti yang melekat di bawah kue saat dipanggang.
  • Kemudian, gulung kue mulai dari bagian yang terdekat dengan Anda. Gunakan kertas roti ini sebagai panduan menggulung. Beri tekanan sedikit saat menggulung agar terlihat jejaknya. Kemudian diamkan sampai kue agak dingin.
  • Buka kembali gulungan ini, dan oleskan isian ke dalamnya. Gulung lagi, dan kali ini kunci gulungan kue dengan memuntir bagian ujung kertas roti. Simpan dalam lemari es sampai roll cake benar-benar tergulung sempurna.