--> Skip to main content

Cara Mendapatkan Uang Dari Shutterstock

Cara Mendapatkan Uang Dari Shutterstock - Masih banyak orang yang belum tahu cara mendapatkan uang dari Shutterstock dan belum tahu apa itu Shutterstock.


Shutterstock adalah situs microstock terbesar dan paling tinggi tingkat penjualannya. Bagi yang ingin mendapatkan uang dari Shutterstock dapat menjadi kontributor dengan menjual gambar ataupun vector. Gambar Vector adalah gambar yang dibuat di software grafis seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, Freehand, Inkscape dan lain-lain. Sedangkan untuk foto tidak harus menggunakan kamera khusus, berbekal kamera handphone pun bisa asalkan resolusinya bagus dan tidak pecah.

Shutterstock adalah pilihan utama para microstocker atau kontributor untuk mendapatkan uang. Bagi para Microstocker, Shutterstock adalah salah satu situs microstock favorit dengan jangkauan marketplace yang luas dan tingkat penjualan sangat tinggi. Meski sudah banyak stok sampai berjuta-juta bahkan bermilyar-milyar file, shutterstock tetap menerima contributor baru yang ingin mendaftar. Kamu bisa mengirim gambar/foto,vector dan video untuk dijual di Shutterstock.

Berikut langkah-langkah menjadi kontributor sebagai cara mendapatkan uang dari Shutterstok :


1. Daftar Menjadi Kontributor (Sign Up).
Pertama-tama kita mendaftarkan diri menjadi kontributor atau Contributor Shuttherstok ( DAFTAR SHUTTERSTOCK )
Isi semua kolom dengan data. seperti nama asli, nama username, email dan password. klik Next

Kolom pendaftaran contibutor Shutterstock



2. Verifikasi Email.
Verifikasi Pendaftaran. Buka Email yang tadi sudah didaftarkan. Cari pesan dari Shutterstock dan klik verifikasi.



3. Isi data Pribadi.
Setelah terverifikasi jadi contributor Shutterstock isi data pribadi. seperti nama, alamat dan tentu saja metode pembayaran yang kamu punya seperti lewat paypal, skrill atau payoneer.




4. Upload gambar vector atau foto.

Upload gambar di Shutterstock

Vector yang bisa diupload di Shutterstock adalah file type EPS atau Encapsulated PostScript. Untuk membuat file EPS dari CorelDraw bisa lihat caranya di postingan ini Cara Membuat EPS di CorelDraw Yang Diterima Semua Agensi Microstock.

Untuk foto bisa upload foto apa saja seperti pemandangan atau objek-obkek lain yang sekiranya orang atau perusahaan seperti penerbit membutuhkan untuk illustrasi atau istilah lainnya memiliki nilai komersil. Tidak harus menggunakan kamera mahal, dengan modal kamera handphone pun bisa asalkan resolusinya tidak pecah.



5. Tunggu Pembeli.
Setelah kamu upload foto atau vektor tinggal menunggu orang yang membeli dan kamu akan mendapatkan uang dari shutterstock. Semakin bagus dan semakin banyak foto atau vector yang kamu upload semakin banyak kesempatan kamu mendapatkan uang dari Shutterstock.

File kamu yang laku akan dihargai sebesar $0.25 -$,38 per download file, sangat kecil kan, namun akan besar apabila dalam sehari file anda berhasil didownload berkali-kali dan jumlah portofolio anda sudah memiliki banyak file tentunya peluang download juga akan lebih banyak




6. Terima Pembayaran.
Setelah Pendapatan kamu sudah mencapai $35 kita baru bisa melakukan payout. Pembayaran melalui Paypall dan Payoneer. jadi kamu harus membuat dulu akun paypal atau payoneer terlebih dahulu.



Cara Membuat EPS di Coreldraw Yang Diterima Microstock (Shutterstock)



Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat vektor berupa format file EPS di corelDraw agar di aproved atau diterima Microstock terutama Shutterstock yaitu ;

1. Tidak boleh menggunakan gradasi warna atau gradient
2. Tidak boleh menggunakan transparansi warna
3. tidak boleh menggunakan bayangan atau shadow.
4. Ukuran artboard harus sesuai yang ditentukan agensi Mickrostock.
5. Karya tidak boleh sama dengan karya orang lain.

Kebanyakan vektor EPS dari CorelDraw yang ditolak oleh agensi microstok adalah ;

1. Isu teknis dalam pembuatan vektor ( adanya garadasi, shadow, tarnsparansi )
2. Ukuran artboard yang tidak sesuai
3. karya mirip dengan karya orang lain.



Untuk mengirim file vector ke Shutterstock ada 2 jenis EPS yaitu EPS 8 dan EPS 10. Terus apakah bisa membuat EPS dari CorelDraw yang dapat diterima oleh Shutterstock? Jawabannya, Bisa.

Kalau dulu, untuk mengirim karya berupa vektor ke Shutterstock, selain mengirimkan file EPS berukuran 600px X600px kita juga harus menyertakan berupa gambar JPGnya. Tetapi dengan adanya cara baru dari Shutterstock yaitu mengirimkan EPS tanpa harus mengirimkan JPGnya membuat file EPS yang dibuat dari CorelDraw hanya terbaca JPG saja. Sedangkan kalau dikirim EPS-nya saja selalu ditolak dengan alasan tidak sesuai artboard.

Berikut cara membuat EPS  di Coreldraw yang diterima Shutterstock (Microstock) yaitu :



  • Buat gambar vektor di CorelDraw seperti biasa dengan memperhatikan poin-poin di atas.
  • Setelah gambar selesai dibuat rubah ukuran artboard menjadi ukuran A0. Kemudian kotak bingkai sesuai ukuran A0
  • Perbesar gambar vektor sesuai ukuran A0 atau bingkai.
  • Untuk gambar persegi rubah vektor dengan ukuran minimal 10000px X 10000px.
  • Setelah gambar vektor sesuai ukuran diatas kemudian ekspor ke dalam format EPS. Caranya klik FILE > EXPORT> Pilih Format EPS > EXPORT
  • Selesai



Sebelumnya saya selalu membuka lagi EPS yang dibuat CorelDraw yang berukuran 600px X600px itu di Adobe Illustrator, tetapi itu ribet. Setelah memakai cara di atas file yang upload selalu diterima Shutterstock.

    tag : https submit shutterstock com edit type photo, peraturan shutterstock, ukuran artboard freepik, shutterstock dashboard, bit do signshutterstock, cara membuat vector untuk shutterstock.
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar