--> Skip to main content

Tips Cara Mengobati Terkena Hewan Berbisa Atau Benda Beracun

Tips Cara Mengobati Terkena Hewan Berbisa Atau Benda Beracun


Tips Cara Mengobati Terkena Hewan Berbisa Atau Benda Beracun - Seringkali kali kita mendengar banyak orang yang meninggal karena di gigit oleh ular berbisa, lipan, disengat kalajengking dan juga infeksi karena tertusuk paku berkarat. 

Itu semua dikarenakan kita tidak mengetahui cara penanganan atau pengobatan pertama jika terkena bisa binatang atau racun lainnya. Karena ketidak-tahuan inilah yang telah banyak menyebabkan banyak korban tewas karena "bisa" atau racun tersebut telah menyebar dalam tubuh.


Cara Melakukan Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Terkena Bisa Hewan.



Pertolongan pertama dapat menyelamatkan nyawa seseorang, oleh karena itu anda wajib mengetahui cara cara penanganan atau pengobatan pertama jika terkena bisa binatang atau racun lainnya yang musti dilakukan jika ada yang mengalami musibah tersebut, inilah yang harus segera anda lakukan :



  • Sediakan minyak makan satu sendok makan
  • Sediakan kain perca atau robek kain/baju sudah tidak layak pakai yang bahannya dari benang (kapas) ukuran 10X10 cm. Jangan memakai bahan nilon atau katun.
  • Sediakan satu buah geretan/korek api/mancis.
  • Gulung kain perca dengan telapak tangan, kemudian celupkan satu bagian (ujungnya) kedalam minyak makan! Selanjutnya bakar bagian yang basah oleh minyak makan tadi. Biarkan beberapa detik sampai api menyala dan cambukan pelan-pelan kebagian yang digigit atau yang luka oleh besi paku! Banyak cambukan antara 8 sampai 10 kali, jangan lebih dari 10 kali! Karena akan menyebabkan luka bakar pada kulit yang dicambuk.
  • Apabila anak anda masih berumur 2-5 tahun, cukup 5 kali saja. Hilangkan rasa kasihan terhadap korban disaat anda mencambuk bagian yang luka, karena rasanya sangat sakit dan perih. Insya Allah racun/bisa yang menjalar dalam tubuh akan hilang.
  • Setelah pertolongan pertama sudah dilakukan, sebaiknya korban kemudian dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan pengecekan dan pengobatan lebih lanjut.


Ingatlah dan sebarkan cara pengobatan ini kepada semua orang, karena sewaktu-waktu ini akan sangat bermanfaat sekali dan dapat menyelamatkan banyak nyawa manusia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar