--> Skip to main content

10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami



10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami - Karang gigi atau yang biasa disebut kalkulus gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Karang Gigi dapat menimbulkan masalah kesehatan  seperti radang gusi.

Tidak hanya mengancam kesehatan, karang gigi akan  membuat rasa percaya diri berkurang saat berkomunikasi dengan orang lain Karena karang gigi akan menyebabkan bau mulut yang tak sedap dan juga gigi Anda terlihat menguning. 

Penyebab munculnya karang gigi umumnya karena sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama dan tidak langsung dibersihkan. Lama-kelamaan sisa makanan yang tidak segera dibersihkan ini akan menumpuk dan menyebabkan karang gigi. Air liur yang mengandung mineral malahan akan membantu sisa makanan tadi mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun menjadi keras atau sedimentasi.

Karang gigi pun juga menyebabkan banyak penyakit gigi lainnya yang bahkan sangat beresiko untuk kesehatan. Dampak yang dapat ditimbulkan dari karang gigi yaitu , bau mulut, gigi berlubang, radang gusi dan Periodontitis.
    Baca juga : Cara Memutihkan Gigi Secara Alami.

    Memang cara praktis untuk menghilangkan karang gigi supaya  tidak menyebabkan masalah pada kesehatan  adalah dengan pergi ke dokter gigi. Namun selain itu, ada juga cara  memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi tanpa harus ke dokter gigi.

    Namun, ternyata ada cara menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tanpa efek samping dan tentu saja murah.

    Nah, berikut ini merupakan 10 Cara menghilangkan Karang Gigi secara alami yaitu :


    1. Rajin menggosok gigi menggunakan pasta gigi  fluoride
    Anda pasti sudah tahu bahwa memang dianjurkan untuk menyikat gigi 2 kali sehari. Namun tidak hanya 2 kali sehari saja, Anda juga dianjurkan pula untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa semua gigi Anda telah tersikat dengan rata.

    Agar gigi Anda bersih dari sisa makanan secara sempurna, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride mampu mencegah plak berkembang. Tidak hanya fluoride, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.


    2. Flossing
    Flossing yaitu membersihkan gigi dengan cara menggunakan benang. Tidak sembarang benang tentunya, namun benang khusus untuk gigi. Dengan menggunakan benang tersebut, maka plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat dihilangkan dengan lebih mudah.


    3. Menggunakan Mouthwash
    Cara membersihkan gigi selanjutnya agar lebih efektif adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dan flossing.


    4. Mengurangi Makanan Manis
    Bakteri yang di mulut tentu berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Terutama ketika kita mengonsumsi makanan manis dan bertepung, kita justru memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Ketika bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam.


    5. Berhenti atau kurangi merokok
    Zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok dapat menimbulkan karang gigi yang jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.


    6. Menggunakan Baking soda
    Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda dapat menghilangkan dan memutihkan gigi Anda dengan cepat. Menggunakan baking soda juga bisa menjadi salah saru cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras.

    Anda cukup mengambil 1 sdm baking soda lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata. Kemudian Anda tinggal mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi pada campuran ini. Sikat gigi seperti biasa selama 2 menit lalu kumur. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.


    7. Menggunakan kulit jeruk.
    Sebelum Anda menggunakan kulit jeruk, bersihkan dulu kulit jeruknya. Lalu gosokkan langsung pada gigi. Gosok sampai rata. Jangan langsung berkumur, biarkan semalaman. Esok harinya baru berkumur. Lakukan setiap hari menjelang Anda tidur untuk hasil yang maksimal.


    8. Rajin Mengonsumsi Buah dan Sayuran.
    Semua orang sudah mengetahui bahwa buah dan sayur memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, demikian pula untuk mulut. Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, Anda dapat menghilangkan karang gigi, apalagi apel, melon, wortel, dan seledri. Selain untuk menghilangkan karang gigi, bau mulut yang tidak sedap pun dapat berkurang.


    9. Mengunyah Daun Sirih.
    Daun sirih dapat membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Cukup ambil selembar daun sirih, bisa Anda tambahkan 1 batang cengkeh juga, haluskan tapi tidak terlalu halus lalu kunyah.


    10. Mengonsumsi buah kaya vitamin C.
    Vitamin C baik untuk kesehatan mulut Anda, oleh karena itu Anda bisa menggunakan buah-buahan yang kaya vitamin C sebagai pasta gigi. Anda cukup menghancurkan buahnya sampai halus (jeruk, stroberi, lemon) lalu celupkan pasta gigi dan sikat gigi seperti biasa selama 2 menit.