--> Skip to main content

Cara Alami Mengusir Semut Tanpa Membunuhnya

Cara Alami Mengusir Semut Tanpa Membunuhnya

Cara Alami Mengusir Semut Tanpa Membunuhnya - Meskipun tak membawa penyakit seperti tikus, kecoa, cicak, atau pun lalat, kehadiran semut di rumah kita tetaplah terasa mengganggu.

Soalnya, semut sering menghampiri makanan dan minuman yang manis. Ditambah lagi, semut seringkali datang berbondong-bondong dalam jumlah banyak, hingga makanan dan minuman terkontaminasi.

Semut memiliki perilaku yang berbeda dengan lalat yang biasanya ditemukan di tempat yang jorok dan kotor. Hanya saja, kita tidak dapat memastikan apakah semut sudah melewati tempat yang kotor atau tidak, jadi sebaiknya kita jangan mengonsumsi makanan yang telah dikerubungi banyak semut.



Cara Mengusir Semut Secara Alami.


Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara mengusir semut yang paling tepat. Tentu saja tidak dengan membunuhnya. Sebab, bagaimanapun itu, semut tidak membawa penyakit. Apalagi dalam ajaran agama Islam, ada larangan untuk membunuh semut. Nah buat kamu yang penasaran, langsung saja yuk cek cara mengusir semut tanpa perlu membunuh atau menyakitinya secara alami !


  1. Menggunakan Tepung. Tepung juga bisa dijadikan bahan untuk mengusir semut. Taburkan tepung di jalur yang sering dilewati semut. Mereka akan kesulitan untuk menerobos barisan tepung yang telah ditaburkan dan akan memilih untuk pergi.
  2. Menggunakan Daun sirih. Daun sirih memang dikenal sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Tapi selain itu, daun sirih juga dinilai efektif untuk mengusir semut. Cara penggunaannya pun cukup gampang. Cukup letakkan beberapa lembar daun sirih di tempat yang sering didatangi semut, dan semut pun akan menghindari tempet-tempat tersebut.
  3. Menggunakan Air Lemon. Semut tak menyukai aroma asam dari buah lemon. Untuk itu, kamu bisa gunakan cara mengusir semut yang satu ini. Masukkan jus lemon ke dalam botol semprot, dan semprotkan air lemon di celah pintu dan jendela, atau sisi yang sering didatangi semut. Kamu juga meneteskan perasan lemon ke dalam lubang atau celah di mana semut masuk.
  4. Menggunakan Petroleum jelly. Petroleum jelly juga dinilai efektif sebagai cara mengusir semut. Aroma dan tekstur gel-nya yang lengket membuat semut tak berani mendekat. Kamu bisa mengoleskan petroleum jelly ke tempat yang sering didatangi semut. Misalnya seperti wadah makanan kucing, kaki-kaki meja, kaki lemari, dna tempat lainnya.
  5. Menggunakan lada. Lada juga bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengusir semut di rumah Anda. Jika sudah mulai banyak semut, Anda bisa menaburkan lada hitam bubuk atau cabe bubuk di pinggiran lantai. Aroma lada dan cabe yang panas dan pedas bisa membuat semut enggan naik ke permukaan.
  6. Menggunakan GaramCaranya sama seperti pakai lada. Taburkan garam dengan ketebalan garis sekitar 3 sampai 5 centimeter di sepanjang rumah semut, atau Anda bisa menaburkannya di seluruh pinggir teras rumah. Jebak akses keluar masuk semut dengan gundukkan garam yang memanjang tersebut. Alhasil, semut pun tidak akan bisa keluar dari sarangnya dan masuk ke dalam rumah Anda.
  7. Menggunakan  BedakSelain pakai bahan-bahan alami, Anda juga bisa pakai bedak talc sebagai cara mengusir semut yang mengganggu di dalam rumah. Sebarkan bubuk talc di sekitar teras rumah dan tempat sarang semut seperti pintu dan jendela.
  8. Menggunakan Bubuk kayu manisBubuk kayu manis juga menjadi salah satu bahan alami yang digunakan untuk mengusir semut. Bahkan ada sebuah riset yang menggunakan minyak esensial kayu manis dengan konsentrat tinggi untuk mendukung langkah ini. Meski belum diketahui tingkat keefektivitasannya, tidak ada salahnya bila Anda mencoba cara mengusir semut dengan bubuk kayu manis. Anda bisa menaburkan bubuk ini di area rumah Anda yang sering dilewati oleh semut.
  9. Menggunakan Minyak peppermintMinyak peppermint adalah jenis pembasmi serangga alami yang juga efektif untuk mengusir semut yang mengganggu di rumah. Cukup campurkan 10-20 tetes minyak peppermint dengan 2 gelas air, dan masukkan ke dalam botol semprot. Anda tinggal menyemprotkan larutan ini ke area pintu dan jendela rumah supaya semut-semut tidak masuk ke rumah Anda.
  10. Menggunakan Tea tree oilUntuk menggunakan tea tree oil sebagai cara mengusir semut di rumah, Anda cukup mencampurkan 5-10 tetes minyak ini dengan 2 gelas air. Lalu, masukkan cairan ke dalam botol semprot, dan bisa langsung digunakan. Anda bisa pula menggunakan bola kapas yang sudah dibasahi campuran tea tree oil dan air. Taruh bola-bola kapas ini di sudut-sudut rumah yang sering menjadi jalan semut. Jika aroma tea tree oil terlalu kuat, Anda bisa menambahkan minyak peppermint ke dalam campuran tersebut. Namun seperti kebanyakan minyak esensial, jauhkan tea tree oil dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan.


tag : cara mengusir semut dengan doa, cara mengusir semut dari gula, cara menghilangkan semut di beras, cara mengusir semut di meja makan, cara menghilangkan semut di keramik, cara mengusir semut dengan kopi, cara mengusir semut dengan bedak bayi, cara membasmi semut di tanaman,cara mengusir semut merah di rumah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar