--> Skip to main content

Cara Memasang RAM Pada Komputer

Cara Memasang RAM Pada Komputer - RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras yang memungkinkan informasi disimpan dan diambil di komputer. RAM biasanya dikaitkan dengan DRAM, yang merupakan jenis modul memori.

Kecepatan dan kinerja komputer sebagian besar disebabkan oleh jumlah memori di komputer. Jika komputer tidak memiliki cukup RAM untuk menjalankan sistem operasi dan program perangkat lunak yang digunakan, itu akan menghasilkan kinerja yang lebih lambat.

Fungsi yang paling penting dari RAM  adalah semakin banyak RAM yang dimiliki komputer, semakin banyak informasi dan perangkat lunak yang dapat dimuat dan diproses dengan cepat.





  1. Lepaskan koneksi kabel daya, cabut kabel panel belakang lainnya.
  2. Lepaskan panel samping (biasanya kiri) untuk memberi  akses penuh ke bagian dalam komputer, 
  3. Kemudian temukan slot RAM. Pada umumnya slot tersebut berada di sebelah prosesor. Jika sudah terpasang  RAM di sistem komputer, keluarkan RAM yang akan diganti dengan menekan ke atas (dan bawah) sayap pada ujung slot. Stik memori akan menyembul dan kita dapat menariknya perlahan.
  4. Untuk memasang RAM baru, sejajarkan tarik di bagian bawah RAM dengan celah di slot pada motherboard. 
  5. Masukkan RAM dengan cara mencondongkannya ke depan, masukkan bagian atas terlebih dahulu, baru perlahan dorong bagian bawah ke dalam slot secara perlahan. 
  6. Ketika Anda yakin RAM sudah terpasang dengan benar, tekan dengan kuat dan merata di bagian atas RAM pada kedua ujungnya sampai berbunyi klik pada tempatnya. Nantinya, bagian sayap pada slot akan menjepit dan menahan RAM dengan aman. 
  7. Klik pada sayap bagian atas dan bawah untuk memastikan RAM terkunci
  8. Setelah RAM terpasang pada tempatnya, konfirmasikan bahwa klip sayap terkunci rapat dan RAM sudah terpasang dengan kokoh lalu kemudian tutup kembali casing PC.
  9. Sambungkan kembali semua kabel dan coba boot sistem. Apabila pemasangan belum benar, nantinya anda akan mendengar bunyi beep pada saat komputer dinyalakan.


Penyebab RAM tidak Berfungsi


Jika RAM tidak berfungsi, kemungkinan penyebabnya adalah:

  • RAM tidak terpasang dengan benar,
  • RAM terpasang pada slot yang salah (biasanya pada saat memasang dua buah RAM), pindahkan salah satu RAM ke slot lainnya untuk memperbaiki ini,
  • RAM sudah rusak atau sudah tidak berfungsi
  • Slot RAM pada Motherboard mengalami kerusakan
  • Motherboard sudah rusak dan perlu diganti.

******************