--> Skip to main content

Cara Membuat Magnet Buatan

Cara Membuat Magnet


Cara Membuat Magnet - Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, magnet sudah digunakan pada berbagai alat elektronik seperti telepon, televisi, speaker, dinamo, alat ukur, dan banyak lainnya.

Intinya, benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah benda-benda yang mengandung unsur logam. Namun, tidak semua logam bisa terpengaruh daya tarik logam. Salah satu logam dengan daya tarik magnet kuat adalah besi dan baja.

Magnet pertama kali ditemukan oleh orang Yunani di sebuah tempat bernama Magnesia. Dari situlah kata magnet berasal dan secara luas digunakan. Bentuk magnet yang pertama ditemukan berupa magnet alam yang berbentuk batu.

Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Dua kutub tersebut adalah bagian magnet yang memiliki gaya paling kuat. Bahkan ketika magnet dipecah menjadi bagian terkecil pun, selalu ada kutub utara dan selatan. Seperti yang diketahui, jika dua kutub magnet yang sama didekatkan, maka akan terjadi tolak menolak.

Sebaliknya, jika dua kutub magnet berbeda didekatkan, maka dua magnet tersebut akan menghasilkan gaya tarik-menarik. Mengenai bentuknya, magnet dapat dijumpai dalam berbagai bentuk dan ukuran. Yang sering ditemukan adalah magnet berbentuk batang lurus. Namun, ada juga bentuk tapal kuda dan jarum.

Gaya tarik magnet paling kuat berada pada kutub utara dan kutub selatan. Namun tidak berarti sisi lain magnet tidak bisa menarik benda logam. Gaya-gaya magnet juga timbul di sekitar magnet selain di dua kutub. Gaya tersebut dikenal dengan medan magnet.

Medan magnet bisa digambarkan dengan menabur serbuk besi di atas kaca yang di bawahnya ditempelkan magnet. Maka serbuk besi tersebut akan menempel seolah dihubungkan langsung dengan magnet. Untuk mengetahui bagian terkuat magnet, kamu bisa melihat serbuk besi yang terlihat rapat satu sama lain.

Berbicara mengenai magnet, ternyata kita dapat membuat magnet  sendiri. Ada 3 cara untuk membuat magnet yang dapat kita buat. Berikut ini merpakn cara-cara membuat magnet :


Cara Membuat Magnet Dengan Cara Digosok.


Membuat Magnet Dengan Cara Menggosok


Cara membuat magnet yang pertama adalah dengan menggosok. Kita hanya membutuhkan magnet permanen dan benda yang ingin dialiri. Benda yang bisa dialiri magnet adalah benda yang telah memiliki sifat kemagnetan, misalnya besi dan baja. Benda tersebut terdiri atas domain maupun magnet kecil yang disebut dengan magnet elementer.

Caranya adalah dengan menggosokkan magnet permanen pada benda yang ingin dijadikan magnet. Gosokkan secara satu arah dengan beraturan. Gerakan yang searah dan beraturan membuat aliran magnet permanen terhadap benda menjadi terpengaruh magnet.

Untuk menentukan kutub utara dan selatan magnet buatan, kita hanya perlu melihat ujung magnet permanen yang digosokkan. Maka, benda yang digunakan untuk menerima aliran magnet adalah kutub yang berlawanan dengan ujung magnet permanen.


Membuat Magnet dengan Cara Elektromagnetik.


Membuat Magnet dengan Cara Elektromagnetik


Cara membuat magnet yang kedua adalah dengan elektromagnetik. Sesuai namanya, elektromagnetik merupakan alternatif membuat magnet dengan cara aliran arus listrik. Sumber listrik yang dapat dimanfaatkan bisa berupa batu baterai segala ukuran.

Elektromagnetik membutuhkan arus listrik searah atau direct current (DS). Artinya, kita butuh dua buah batu baterai agar bisa mempraktikkan cara ini. Selain itu, siapkan benda yang ingin diubah menjadi magnet, misalnya paku besi. Siapkan juga kabel kumparan atau kawat besi sebagai perantara aliran.

Pertama, tumpuk dua batu baterai untuk dihubungkan dengan kabel kumparan. Hubungkan kedua ujung kabel dengan kutub positif dan negatif baterai. Jangan lupa untuk mengupas ujung kabel kumparan menggunakan gunting. Selanjutnya, lilitkan kabel pada paku besi. Maka, magnet buatan kamu telah siap digunakan.

Untuk menentukan kutub utara dan selatan magnet buatan, kamu bisa gunakan kaidah tangan kanan. Yaitu dengan menggenggam paku besi tadi pada posisi ibu jari dibuka, sedangkan jari lain tetap menggenggam. Dengan demikian, ibu jari menunjukkan arah kutub utara magnet.


Membuat Magnet dengan Cara Induksi.


Membuat Magnet dengan Cara Induksi


Cara membuat magnet yang ketiga adalah dengan cara induksi. Cara kerja induksi terjadi karena pengaruh gaya magnet pada sebuah benda magnet elementer atau konduktor. Siapkan magnet permanen dengan benda yang ingin kamu ubah menjadi magnet. Letakkan dua benda tersebut secara berdekatan dengan posisi vertikal.

Kemudian, letakkan jarum atau benda lain yang bisa menempel dengan magnet. Pastikan posisi magnet permanen dan konduktor tidak berubah-ubah. Amati gerakan jarum yang telah kamu letakkan di bawah konduktor. Pelan-pelan, jarum tersebut akan menempel pada konduktor.

Namun, jika magnet permanen dijauhkan, secara otomatis konduktor akan kehilangan sifat kemagnetannya. Berbeda ceritanya jika konduktor yang digunakan adalah batang baja. Batang baja masih bisa menarik jarum meski magnet permanen telah dijauhkan.


**********






Tag: cara membuat magnet permanen, cara membuat magnet sederhana, cara membuat magnet brainly, cara membuat magnet dengan cara elektromagnetik, jelaskan cara membuat magnet dengan cara menggosok, cara membuat magnet yang bersifat tetap, cara membuat magnet dan menentukan kutubnya, cara menghilangkan magnet.