--> Skip to main content

Cara Membuat Pupuk Organik Cangkang Telur

Cara Membuat Pupuk Organik Cangkang Telur - Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sudah menjadi bahan makanan wajib persediaan di rumah. Selain murah, kandungan gizi dalam telur sangat banyak dan bagus untuk tubuh kita. Selain sebagai bahan makanan, telur juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk.    Bagian- bagian dari telur ternyata sangat serbaguna, seperti cangkang telur yang dapat diolah menjadi pupuk organik dari cangkang telur. Hal ini dikarenakan cangkang telur memiliki banyak sekali kandungan nutrisi seperti halnya jenis pupuk yaitu Protein, Zinc, Fosfor, Magnesium,Kalium, Kalsium Karbonat, Natrium dan Mangan.    Banyaknya kandungan nutrisi pada pupuk organik cangkang telur inilah yang membuat pupuk dari cangkang telur memiliki khasiat lebih dari pupuk lainnya. Tidak hanya bagus digunakan pada jenis tanaman pertanian atau pun perkebunan saja, pupuk organik cangkang telur juga baik digunakan pada berbagai jenis tanaman buah dan hias. Selain manfaatnya, ternyata cara membuat pupuk organik dari cangkang telur sangat mudah dan praktis. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah.      Cara Membuat Pupuk Organik Cangkang Telur   1. Alat dan bahan Yang diperlukan Membuat Pupuk Organik Cangkang Telur    Cangkang Telur ( Sesuai kebutuhan ) Alat penghancur (Blender/alat tumbuk). Wadah berupa baskom atau ember  Air bersih    2. Cara Pembuatan Pupuk Organik Cangkang Telur  Pilihlah cangkang yang masih bagus dan tidak ada noda minyak ataupun bahan lainnya. Masukkan cangkang telur ke dalam baskom ataupun ember berisi air bersih dan diamkan selama semalam. Setelah semalam penuh, keesokan paginya cuci bersih cangkang telur hingga bersih. Setelah bersih, angin-anginkan cangkang telur dan jemur selama 1 hari penuh agar kering. Masukkan cangkang telur yang sudah kering dan bersih ke dalam blender ataupun alat penumbuk dan hancurkan hingga menyerupai tepung. Pupuk cangkang telur sudah jadi dan siap digunakan.    3. Cara Penggunaan Membuat Pupuk Organik Cangkang Telur    Setelah pupuk cangkang telur sudah siap digunakan, Anda hanya perlu menaburkannya begitu saja pada tanam tanaman secara rata atau mencampurkannya dengan tanah saat Anda ingin menanam tanaman.    Selain cara itu, kita juga dapat membuat pupuk tersebut menjadi pupuk cair.  Caranya sangat mudah anda hanya perlu menyediakan panci berisi air mendidih lalu menuangkan pupuk cangkang telur tadi, aduklah hingga bubuk pupuk larut dalam air mendidih, kurang lebih selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu tunggu hingga dingin dan Anda bisa langsung menggunakannya atau mengemasnya terlebih dahulu dalam botol. Untuk penyimpanannya sendiri, Anda bisa menyimpannya dalam ruanganan kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.      Itulah cara mudah dan praktis dalam membuat pupuk organik dari cangkang telur. Gunakan pupuk secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.


Cara Membuat Pupuk Organik Cangkang Telur - ternyata cara membuat pupuk organik dari cangkang telur sangat mudah dan praktis. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah.


Cara Membuat Pupuk Organik Cangkang Telur



Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sudah menjadi bahan makanan wajib persediaan di rumah. Selain murah, kandungan gizi dalam telur sangat banyak dan bagus untuk tubuh kita. Selain sebagai bahan makanan, telur juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk.

Bagian- bagian dari telur ternyata sangat serbaguna, seperti cangkang telur yang dapat diolah menjadi pupuk organik dari cangkang telur. Hal ini dikarenakan cangkang telur memiliki banyak sekali kandungan nutrisi seperti halnya jenis pupuk yaitu Protein, Zinc, Fosfor, Magnesium,Kalium, Kalsium Karbonat, Natrium dan Mangan.


Banyaknya kandungan nutrisi pada pupuk organik cangkang telur inilah yang membuat pupuk dari cangkang telur memiliki khasiat lebih dari pupuk lainnya. Tidak hanya bagus digunakan pada jenis tanaman pertanian atau pun perkebunan saja, pupuk organik cangkang telur juga baik digunakan pada berbagai jenis tanaman buah dan hias. Selain manfaatnya, ternyata cara membuat pupuk organik dari cangkang telur sangat mudah dan praktis. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah.



1. Alat dan bahan Yang diperlukan Membuat Pupuk Organik Cangkang Telur

  • Cangkang Telur ( Sesuai kebutuhan )
  • Alat penghancur (Blender/alat tumbuk).
  • Wadah berupa baskom atau ember 
  • Air bersih


2. Cara Pembuatan Pupuk Organik Cangkang Telur

  1. Pilihlah cangkang yang masih bagus dan tidak ada noda minyak ataupun bahan lainnya.
  2. Masukkan cangkang telur ke dalam baskom ataupun ember berisi air bersih dan diamkan selama semalam.
  3. Setelah semalam penuh, keesokan paginya cuci bersih cangkang telur hingga bersih.
  4. Setelah bersih, angin-anginkan cangkang telur dan jemur selama 1 hari penuh agar kering.
  5. Masukkan cangkang telur yang sudah kering dan bersih ke dalam blender ataupun alat penumbuk dan hancurkan hingga menyerupai tepung.
  6. Pupuk cangkang telur sudah jadi dan siap digunakan.


3. Cara Penggunaan Membuat Pupuk Organik Cangkang Telur

Setelah pupuk cangkang telur sudah siap digunakan, Anda hanya perlu menaburkannya begitu saja pada tanam tanaman secara rata atau mencampurkannya dengan tanah saat Anda ingin menanam tanaman.

Selain cara itu, kita juga dapat membuat pupuk tersebut menjadi pupuk cair.  Caranya sangat mudah anda hanya perlu menyediakan panci berisi air mendidih lalu menuangkan pupuk cangkang telur tadi, aduklah hingga bubuk pupuk larut dalam air mendidih, kurang lebih selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu tunggu hingga dingin dan Anda bisa langsung menggunakannya atau mengemasnya terlebih dahulu dalam botol. Untuk penyimpanannya sendiri, Anda bisa menyimpannya dalam ruanganan kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.


Itulah cara mudah dan praktis dalam membuat pupuk organik dari cangkang telur. Gunakan pupuk secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.






    Tag: langkah-langkah membuat pupuk dari kulit telur, langkah-langkah membuat pupuk dari telur, pupuk telur dan yakult, manfaat kulit telur untuk tanaman anggrek, pupuk dari cangkang telur dan kulit pisang, pengaruh cangkang telur terhadap pertumbuhan tanaman, cara membuat pupuk dari kulit pisang, cara membuat pupuk dari cangkang telur brainly.


    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar