--> Skip to main content

Cara Memilih Semangka Yang Matang dan Manis

Tips Jitu Bagaimana Cara Memilih Semangka Yang Matang dan Manis





Tips Jitu Bagaimana Cara Memilih Semangka Yang Matang dan Manis - banyak orang tidak tahu cara memilih semangka. Mereka hanya mengetuk-ngetuk buah ini seakan mengerti apa yang mereka lakukan.



Semangka merupakan buah yang banyak disukai oleh banyak orang. buah semangka sangat mudah di temukan, buah ini juga dapat tumbuh dengan mudah di seluruh wilayah Indonesia.

Buah semangka adalah jenis buah yang masih satu rumpun dengan golongan mentimun. Daging buah ini memiliki dua jenis warna yaitu kuning dan merah. Kandungan air jenis buah ini lebih tinggi dari pada buah – buah lain yaitu 90% dari total nutrisi buah.

Semangka juga mengandung kalori, karbohidrat, protein, serat, mineral dan berbagai vitamin lain. yang baik dari buah ini adalah kandungan lemak atau kolesterolnya 0%. Sebagaimana buah golongan suku mentimun lainnya, tanaman ini merambat namun tidak membentuk akar pada tempat menjalarnya. Semangka mampu merambat hingga belasan meter.

Daun semangka memiliki bentuk berlekuk-lekuk pada bagian tepinya, bunganya sempurna, dengan warna kuning dan ukurannya kecil. Semangka merupakan golongan tumbuhan yang memiliki benang sari dan putik dalam satu tumbuhan.

Semangka memiliki ciri khas kulit buah yang keras, warnanya hijau muda jika belum matang dan hijau pekat jika sudah matang. Jenis tanaman ini mampu bertahan hidup meskipun di tempat yang cuacanya panas, terutama jika sudah memasuki masa berbuah biasanya daya hidupnya lebih tingg




Banyak orang tidak tahu cara memilih semangka. Mereka hanya mengetuk-ngetuk buah ini seakan mengerti apa yang mereka lakukan. Walau sulit mengetahui seberapa matang di dalam buah dengan hanya melihat dari luar.

Berikut ada beberapa trik pintar yang bisa Anda pelajari untuk membantu Anda memilih semangka yang sempurna yaitu :

  1. Bentuk. Cari bentuk yang seragam. Cari semangka yang kuat, simetris, bebas gores, luka atau cekungan. Apabila semangka memiliki benjolan, itu artinya semangka menerima sinar matahari dan air dalam jumlah tidak teratur saat tumbuh, menyebabkan kekeringan atau bentuk yang tidak konsisten.
  2. Berat. Semangka seharusnya berat untuk seukurannya, ini menandakan semangka penuh air dan berarti bagus dan matang. Coba membandingkan berat semangka dengan ukuran yang sama – yang lebih berat berarti lebih matang. Petunjuk ini berlaku untuk hampir semua buah dan sayuran.
  3. Bercak. Cari bercak tanah atau field spot. Bagian bawah semangka seharusnya memiliki spot yang berwarna kuning krem, yang dikenal sebagai field spot. Ini bercak dimana semangka duduk di tanah dan matang di bawah matahari, jadi lebih gelap lebih baik. apabila bercak tersebut putih atau bahkan tidak ada, ini berarti semangkat dipetik terlalu cepat, dan tidak akan matang.
  4. Warna. Periksa warnanya. Semangka yang matang sempurna seharusnya berwarna hijau gelap dan kusam, bukan mengkilat. Semangka yang mengkilap biasanya kurang matang.
  5. Tangkai. Semanka yang tangkainya  sudah mengering menandakan semangkanya dipetik saat sudah matang. Kalau tangkainya masih hijau, itu artinya semangkanya masih belum terlalu matang karena dipetik terlalu awal sebelum waktunya.
  6. Diketuk. Teknik mengetuk bisa jadi cukup sulit dikuasai, tapi banyak penyuka semangka mempercayainya. Ketuk watermelon dengan buku-buku jari dan dengarkan suara yang dihasilkan. Semangka yang matang seharusnya suaranya penuh, lebih seperti tenor dibanding bas. Bila bersuara kabur atau dalam, biasanya berarti semangka tidak matang
  7. Dipotong. Apabila Anda membeli semangka yang sudah dipotong, ada beberapa hal yang perlu dicari. Pilih potongan yang merah terang dagingnya dengan biji yang coklat gelap atau hitam. Hindari potongan dengan garis-garis putih dan banyak biji-biji putih. Anda juga harus menghindari daging yang terlihat kering atau pucat, atau terpisah dari biji-bijinya.


Manfaat Buah Semangka


Buah semangka adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hampir semua orang suka terhadap buah jenis ini, apalagi jika di nikmati pada siang hari yang panas atau untuk menu pembuka saat bulan puasa. Berikut ini uraian lengkap tentang kandungan serta manfaat buah semangka yang wajib anda ketahui.

1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Semangka mengandung vitamin dan kalium yang berperan untuk mempertahankan fungsi kerja ginjal. Kalium dalam semangka mampu membersihkan zat racun maupun zat lain yang mengendap pada ginjal. Mengkonsumsi semangka secara rutin juga mampu melancarkan pembuangan zat racun dalam tubuh secara maksimal.

2. Mencegah  Kanker

Semangka memiliki kandungan vitamin yang beraneka macam, salah satunya adalah vitamin c dan lycopene yang tinggi. Kedua zat tersebut mampu melindungi sel – sel dalam tubuh dari serangan radikal bebas. Sehingga tubuh dapat terbebas dari sel kanker.

Selain kedua zat tersebut, semangka juga berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Berdasarkan beberapa penelitian kandungan antioksidan dalam buah ini sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker serta penyakit berbahaya lainnya.

3. Menjaga Tulang dan Jantung

Senyawa likopen dalam semangka selain berfungsi sebagai pencegah kanker, juga dapat melindungi kekuatan tulang dan kesehatan jantung. Kandungan likopen dalam semangka mampu membuat aliran darah dalam jantung menjadi maksimal.

Akibat proses aliran darah berjalan lancar, sehingga tingkat oksidatif dalam pembuluh darah sebagai penyebab penyakit jantung berkurang secara drastis. Kandungan kalsium dalam buah ini mampu menjaga kesehatan tulang sehingga tidak mudah terjadi keropos atau osteoporosis lebih dini.

4. Mencegah Menopause Dini

Vitamin A, C dan potasium dalam semangka mampu mencegah masuknya radikal bebas dari lingkungan sekitar yang menyerang kulit manusia. Semua paparan lingkungan seperti cahaya matahari yang mengandung sinar ultra violet, polusi udara, asap kendaraan serta paparan lingkungan yang lain.

Berbagai paparan tersebut mampu menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti terbentuknya bintik hitam, timbulnya jerawat pada wajah bahkan hingga menopause dini. Kandungan zat antioksidan dan vitamin A, C dalam semangka mampu mencegah dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh sehingga kulit menjadi sehat kembali.

Selain itu semangka juga mampu mengatasi masalah kulit kering, karena kandungan airnya yang sangat tinggi hingga 90%. Kandungan air dalam buah tersebut mampu mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh semangka juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan. Selain di konsumsi secara langsung buah ini dapat digunakan sebagai masker wajah maupun rambut. Gunakan masker dari semangka setidaknya dua kali dalam satu minggu maka kulit anda akan terasa lebih lembut dan kenyal.

Buah semangka merupakan buah yang kaya akan manfaat jika di konsumsi dengan batas normal. Jika anda mengkonsumsi secara berlebih dapat menimbulkan efek buruk juga bagi kesehatan. Karena semua yang berlebihan selalu tidak baik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar