--> Skip to main content

Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca - Meskipun ponsel keluaran terbaru rata-rata memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, akan tetapi dengan banyaknya aplikasi dan fitur membuat tempat penyimpanan bawaan ponsel terasa kurang, jadi kita tetap membutuhkan tempat penyimpanan tambahan yaitu MicroSD    Akan tetapi sering terjadi masalah dengan MicroSd yaitu tidak terbaca. Padahal kartu MicroSD tersebut masih baik kondisinya. Untuk memperbaiki MicroSD tidak terbaca silahkan ikuti cara berikut ini :      Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca   1. Bersihkan Kartu MicroSD   Yang paling pertama harus dilakukan adalah membersihkan Kartu MicroSD tersebut. Caranya cukup mudah, hanya butuh sebuah penghapus pensil.    caranya:  Keluarkan kartu MicroSD dari dalam ponsel Gosokkan penghapus ke bagian tembaga hingga bersih. Setelah itu cobalah untuk memasukkan kembali kartu MicroSD tersebut. Cek apakah berfungsi atau tidak.     2. Cek Kerusakan Melalui Laptop Atau PC   Setelah dibersihkan namun kartu microSD masih tetap tidak terbaca, coba lakukan cara dengan mengeceknya melalui laptop atau PC.    caranya :  Hubungkanlah MicroSD menggunakan adapter Buka Windows Explorer, Klik kanan pada Drive kartu memori yang tadi dimasukkan, kemudian pilih Properties > Tools > Error Checking Scan dan tunggu hingga proses selesai. Jika sudah, kamu bisa mengeluarkan kartu MicroSD dan cobalah untuk mengeceknya kembali.     3. Format Kartu MicroSD dari Laptop atau PC   Jika kartu MicroSD terbaca di komputer, akan tetapi kartu microSD tidak terbaca di ponsel lakukan format kart microSD tersebut. Sebelumnya Back-up terlebih dahulu semua data ke komputer, agar data tidak hilang saat melakukan format. Kemudian format  kartu MicroSD tersebut. Jika sudah di format, pindahkan kembali semua data tadi, dan cek kembali apakah sudah berfungsi di ponsel.        Itulah cara memperbaiki kartu MicroSD yang tidak terbaca di ponsel. Jika masih tetap tidak terbaca, itu artinya kartu MicroSDtersebut sudah  rusak, dan tidak bisa diperbaiki lagi. Satu-satunya cara adalah membeli kartu MicroSD yang baru.


Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca - Meskipun ponsel keluaran terbaru rata-rata memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, akan tetapi dengan banyaknya aplikasi dan fitur membuat tempat penyimpanan bawaan ponsel terasa kurang, jadi kita tetap membutuhkan tempat penyimpanan tambahan yaitu MicroSD

Akan tetapi sering terjadi masalah dengan MicroSd yaitu tidak terbaca. Padahal kartu MicroSD tersebut masih baik kondisinya. 

Cara untuk memperbaiki MicroSD tidak terbaca silahkan ikuti cara berikut ini :


1. Bersihkan Kartu MicroSD.

Yang paling pertama harus dilakukan adalah membersihkan Kartu MicroSD tersebut. Caranya cukup mudah, hanya butuh sebuah penghapus pensil.

caranya:

  • Keluarkan kartu MicroSD dari dalam ponsel
  • Gosokkan penghapus ke bagian tembaga hingga bersih.
  • Setelah itu cobalah untuk memasukkan kembali kartu MicroSD tersebut.
  • Cek apakah berfungsi atau tidak.

Baca juga : Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Terkena Virus.


2. Cek Kerusakan Melalui Laptop Atau PC.

Setelah dibersihkan namun kartu microSD masih tetap tidak terbaca, coba lakukan cara dengan mengeceknya melalui laptop atau PC.

caranya :

  • Hubungkanlah MicroSD menggunakan adapter
  • Buka Windows Explorer,
  • Klik kanan pada Drive kartu memori yang tadi dimasukkan,
  • kemudian pilih Properties > Tools > Error Checking
  • Scan dan tunggu hingga proses selesai.
  • Jika sudah, kamu bisa mengeluarkan kartu MicroSD dan cobalah untuk mengeceknya kembali.



3. Format Kartu MicroSD dari Laptop atau PC.

Jika kartu MicroSD terbaca di komputer, akan tetapi kartu microSD tidak terbaca di ponsel lakukan format kart microSD tersebut. Sebelumnya Back-up terlebih dahulu semua data ke komputer, agar data tidak hilang saat melakukan format. Kemudian format  kartu MicroSD tersebut. Jika sudah di format, pindahkan kembali semua data tadi, dan cek kembali apakah sudah berfungsi di ponsel.



Itulah cara memperbaiki kartu MicroSD yang tidak terbaca di ponsel. Jika masih tetap tidak terbaca, itu artinya kartu MicroSDtersebut sudah  rusak, dan tidak bisa diperbaiki lagi. Satu-satunya cara adalah membeli kartu MicroSD yang baru. Semoga bermanfaat.
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar