--> Skip to main content

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami





Cara Memutihkan Gigi Secara AlamiMempunyai Masalah gigi kuning memang bisa membuat percaya diri kita berkurang waktu bersosialisasi dengan orang lain. 

Banyak orang yang rela mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk memutihkan gigi agar merasa lebih percaya diri. Tetapi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak itu, karena masih ada cara lain memutihkan gigi yaitu memutihkan gigi secara alami.


Berikut ini ada 20 cara memutihkan gigi menggunakan bahan alami yaitu :


1. Menggunakan Garam.
Untuk memutihkan gigi menggunakan garam caranya cukup mudah kita hanya perlu berkumur-kumur setiap hari mengungunakan garam secukupnya yang dilarutkan dengan segelas air. Kandungan antibakteri pada garam akan membunuh kuman yang menyebabkan gigi berlubang.

Namun perlu diperhatikan juga bahaya memutihkan gigi dengan garam. Jangan gunakan garam kimia terlalu banyak karena bisa membahayakan mulut.



2. Menggunakan Susu.
Selain baik untuk kesehatan karena kaya akan kalsium, susu juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat kita gunakan untuk memutihkan gigi.

Hal itu disebabkan oleh kandungan dala susu yaitu  fosfor dan magnesium,  selain bisa menghilangkan warna kuning juga dapat dimanfaatkan untuk memperkuat gigi dari dalam. Caranya cukup konsumsi susu setiap hari secara rutin.


3. Menggunakan Baking Soda.
Baking soda atau dikenal juga dengan sebutan soda kue juga merupakan salah satu bahan dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara alami.

Berikut ini adalah cara memutihkan gigi dengan baking soda:

  • Gosok baking soda ke bagian gigi.
  • Diamkan selama 3-5 menit.
  • Bilas dengan berkumur-kumur.



4. Menggunakan Daun Sirih.
Daun sirih memiliki kandungan yang bisa diandalkan untuk membasmi kuman yang menyebabkan gigi rusak dan memutihkan gigi dengan alami. Daun sirih sudah digunakan sejak dahulu oleh nenek moyang kita untuk membersihkan gigi secara alami.

Untuk menggunakan daun sirih sebagai bahan untuk memutihkan gigi secara alami adalah siapkan 1-2 helai daun yang masih segar dan gosokan pada gigi secara merata. Selain itu, berkumur-kumur dengan air dari rebusan daun sirih juga bisa memberikan manfaat yang sama untuk gigi.



5. Menggunakan Lemon.
Lemon merupakan antibakteri yang sangat baik untuk membasmi bakteri penyebab gigi menguning. Selain itu, lemon juga mengan dung asam yang dapat dimanfaatkan sebagai alkali alami untuk membuat kadar pH di dalam mulut menjadi seimbang.

Berikut ini cara memutihkan gigi dengan lemon:

  • Peras 1 buah lemon.
  • Campurkan hasil perasan tersebut dengan segelas air hangat.
  • Tambahkan sedikit garam untuk mengurangi rasa kecut.
  • Gunakan untuk berkumur (lakukan 3 kali sehari untuk hasil yang efektif).


6. Menggunakan Jahe.
Sama seperti lemon, jahe pun disebut memiliki kandungan antibakteri yang bermanfaat untuk melenyapkan noda kuning pada gigi. Berikut ini cara memutihkan gigi dengan jahe :

  • Parut 1 buah jahe.
  • Peras air dari parutan tersebut.
  • Gunakan air tersebut untuk berkumur.
  • Selain digunakan dengan cara berkumur, kamu juga bisa menggunakan parutan tersebut dengan cara dioleskan langsung pada gigi.


7. Menggunakan Kulit pisang.
Ternyata kulit dari buah yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Cara memutihkan gigi dengan kulit pisang ini cukup dilakukan dengan menggosokannya pada bagian gigi secara merata.



8. Menggunakan Daun Salam.
Daun salam yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa alami pada sebuah makanan juga mempunyai manfaat lain yang sangat berkhasiat yaitu untuk memutihkan gigi secara alami

Berikut adalah cara memutihkan gigi dengan daun salam:

  • Siapkan beberapa helai daun salam.
  • Rebus daun tersebut di dalam air secukupnya.
  • Gunakan air hasil rebusan untuk berkumur.


9. Menggunakan Arang.
Untuk membersihkan gigi secara alami dengan arang kita  harus berhati-hati.  Kita hanya bisa menggunakannya dalam skala kecil saja. Jika digunakan terlalu sering, arang malah akan mengikis lapisan anamel gigi.

Berikut adalah cara memutihkan gigi dengan arang:


  • Ambil sedikit arang.
  • Haluskan dan campurkan dengan perasan air lemon.
  • Gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi.



10. Menggunakan Siwak.
Seperti daun sirih, siwak sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita. Meskipun fungsi utamanya adalah untuk membersihkan gigi, manfaat lain dari siwak adalah sebagai pemutih gigi alami.

Cara memutihkan gigi dengan siwak tidaklah repot. Cukup gosokan batang siwak secara merata dan lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari.



11. Menggunakan Daun Mimba.
Daun mimba memiliki kandungan azadirahtin yang sangat mujarab dalam membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Terlebih, daun yang satu ini pun memiliki manfaat lain yakni mampu mengangkat dan membersihkan noda kuning pada gigi sehingga tampilannya lebih putih dan bersih. Cara memutihkan gigi dengan daun mimba adalah menggosokan daun mimba secara merata ke bagian gigi.


12. Menggunakan Stroberi.
Kita juga  dapat menggunakan stroberi untuk memutihkan gigi caranya cukup menggosokan bagian luar buah stroberi pada gigi. Cara sederhana tersebut ternyata terbukti ampuh untuk mengangkat noda dan kotoran pada gigi.



13. Menggunakan Minyak Kelapa.
Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa yang biasa kamu temukan di dapur. Berikut adalah cara memutihkan gigi menggunakan minyak kelapai:


  • Siapkan minyak kelapa dan soda kue
  • Campur keduanya hingga tampilannya terlihat seperti pasta
  • Gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi.



14. Menggunakan Apel.
Selain sangat baik untuk pencernaan, apel juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara alami.

Kita dapat melakukannya dengan cara mengonsumsinya setiap hari. Selain itu,kita juga  dapat secara langsung menggosokan buah apel pada gigi untuk menghilangkan noda kuning.


15. Menggunakan Biji Pinang.
Selain sirih dan siwak, biji buah pinang juga digunakan oleh nenek moyang untuk memutihkankan gigi. Selain gigi menjadi lebih putih, gigi pun bisa menjadi lebih kuat.

Berikut adalah cara memutihkan gigi dengan biji buah Pinang:


  • Siapkan beberapa biji buah pinang,
  • Bakar biji buah pinang hingga hangus.
  • Kemudian haluskan biji buah pinang tersebut dengan cara ditumbuk.
  • Setelah ituoleskan pada gigi untuk mendapatkan khasiatnya.



16. Menggunakan Cuka Apel.
Cuka apel biasa digunakan sebagai bahan untuk menambah cita rasa, ternyata cuka apel juga memiliki manfaat untuk memutihkan dan membersihkan gigi yang kuning.

Caranya pun sangat mudah, cukup dengan menggosokan cuka apel pada gigi secara merata, noda dan kotoran pada gigi pun akan hilang



17. Menggunakan Minyak Cengkeh.
Minyak cengkeh sering digunakan sebagai obat alternatif yang ampuh untuk mengobati sakit gigi. Selain untuk mengobati, minyak cengkeh juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi.

Caranya cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gigi secara rutin,  maka gigi akan bersih dari noda kuning sehingga terlihat putih dan bersinar.



18. Menggunakan Kulit Jeruk.
Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga imun agar kita tidak mudah sakit.

Ternyata kulit jeruk juga bermanfaat untuk memutihkan gigi. Hal itu dikarenakan adanya zat pektin serta minyak atsiri yang terkandung dalam kulit jeruk Selain memutihkan, kulit jeruk pun ternyata bisa menjaga kesehatan mulut, terutama gigi.

Berikut adalah cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk:


  1. Biarkan kulit jeruk terpapar di bawah sinar matahari hingga mengering.
  2. Tumbuh kulit jeruk yang sudah mengering hingga halus.
  3. Campurkan kulit jeruk yang sudah halus dengan air hingga bentuknya terlihat seperti pasta.
  4. Gunakan pasta tersebut untuk membersihkan gigi.



19. Menggunakan Cokelat Hitam.
Cokelat hitam ternyata mengandung sebuah zat yang sewaktu dikonsumsi akan melapisi gigi. Lapisan tersebut kemudian akan bekerja untuk memutihkan permukaan gigi. Untuk mendapatkan khasiatnya, kita hanya perlu mengonsumsinya setiap hari secara teratur.



20. Menggunakan Jeruk Nipis.
Buah Jeruk Nipis dikenal luas dapat memutihkan gigi karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Dengan dipadukan dengan lemon, kombinasi keduanya akan mengatasi masalah gigi kuning dengan ampuh.

Berikut ini adalah cara memutihkan gigi dengan Jeruk Nipis:

  • Siapkan 1 sendok makan jeruk nipis dan lemon yang sudah diperas.
  • Campurkan keduanya.
  • Tambahkan garam dan aduk secara merata.
  • Aplikasikan campuran bahan-bahan tersebut pada sikat gigi dan gunakan untuk membersihkan gigi.
  • Kumur-kumur dengan air hingga bersih setelah selesai.




Tag : cara memutihkan gigi secara alami dalam waktu 1 minggu, cara memutihkan gigi kuning yang membandel, cara memutihkan gigi dengan baking soda, cara memutihkan gigi dengan odol, cara memutihkan gigi dengan arang, cara memutihkan gigi yang kuning dan berkarang, cara menghilangkan gigi kuning yang sudah lama, cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar