--> Skip to main content

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 3 Bulan Efek Pandemi Virus Corona

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 3 Bulan Efek Pandemi Virus Corona


Dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam menghadapi pandemi virus corona, PT. PLN membebaskan pembayaran tarif listrik bagi 24 juta pelanggannya.

Presiden Joko Widodo mengumumkan pembebasan sementara dalam kurun waktu tiga bulan yakni pada April, Mei dan Juni 2020 untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA.

Tetapi untuk pelanggan dengan golongan 900 VA subsidi yang berjumlah sekitar 7 juta rumah tangga diberikan diskon 50 persen selama 3 bulan. Sedangkan untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA yang menggunakan metode pascabayar, rekening listrik gratis dari bulan April, Mei dan Juni 2020.

Sementara itu, untuk pelanggan prabayar 450 VA, mereka akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir. Dengan begitu token gratis tersebut diberikan sesuai dengan daya pemakaian tertinggi pada bulan Januari, Februari dan Maret 2020.

Sedangkan, untuk pelanggan listrik pascabayar 900 VA, akan membayar rekening listrik hanya 50% dari total penggunaan mereka. Itu berlaku untuk bulan April, Mei dan Juni 2020.

Apabila pelanggan membayar Rp 100 ribu untuk listrik, maka di tiga bulan kedepan mereka hanya akan membayar Rp 50 ribu.

Bagi pelanggan prabayar 900 VA, besaran listrik masih berpatokan pada pemakaian listrik di tiga bulan sebelumnya. Namun, harga token itu hanya 50% dari penggunaan.

Pelanggan prabayar ini akan diberikan token secara bertahp per bulan. Pemberian token dilakukan via aplikasi yang diberikan PLN. Aplikasi tersebut sudah diujicobakan sewaktu memberi kompensasi kepada pelanggan, saat terjadi blackout di Pulau Jawa pertengahan tahun lalu.

Selain untuk mengurangi biaya hingga menggratiskan listrik, pemerintah juga telah menyiapkan enam paket kebijakan berkaitan dengan pandemi virus corona di Indonesia.

Potongan tagihan listrik hanyalah satu diantaranya. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati merinci ada enam paket kebijakan lainnya seperti, Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako, subsidi selisih bunga.

  1. Buka Alamat www.pln.co.id 
  2. kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
  3. Masukkan ID pelanggan/ Nomor meter. 
  4. Kemudian token gratis akan ditampilkan di layar. 
  5. Masukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.


Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123 . Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni.

Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar