--> Skip to main content

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Handphone Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Handphone Android



Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Handphone Android - Aplikasi yang gagal saat diinstal biasanya mengandung malware atau mengunduhnya bukan berasal dari playstore. Tetapi, bagaimana jika Aplikasi tersebut bersumber dari Playstore?

Biasanya kegagalan install dapat dipengaruhi beberapa faktor. Berikut ini faktor-faktor yang dapat menggagalkan pemasangan aplikasi pada handphone android, yaitu : terdapat aplikasi lain yang sedang beraktivitas atau masih berjalan di smartphone android,  terlalu sering melakukan uninstall dan install ulang aplikasi serta memori smartphone android penuh.

Untuk mengatasi Kendala Aplikasi tidak terpasang Handphone Android, silahkan coba cara berikut ini :

  • Hapus Data AplikasiJika masalah aplikasi tidak terpasang muncul, dapat langsung beberapa data aplikasi misalnya browser. Data aplikasi yang terlalu banyak dapat menghambat Instalan, Biasanya Handphone dengan Low Spek  juga mudah lag saat data menumpuk.
  • Hapus aplikasi Yang Tidak Terpakai.Beberapa aplikasi mungkin berukuran besar sehingga dapat menghambat proses Instalisasi aplikasi. Semakin sedikit aplikasi maka ruang didalam HP semakin leluasa sehingga aplikasi dapat terpasang dengan mudah dan cepat. Besarnya RAM Handphone berpengaruh, tidak lagi dapat menampung aplikasi yang berjalan.
  • Periksa Versi Aplikasi. Cek ulang kembali aplikasi yang ingin dipasang, pastikan aplikasi yang anda install tidak ERROR, dan segera lakukan cek pemenuhan syarat ketika anda melakukan penginstalan aplikasi tersebut,dan berhati-hatilah dalam perpindahan data, kemungkinan bisa terdapat file data yang rusak.
  • Restart Ulang. Jika dengan cara diatas masih belum juga menyelesaikan kendala tidak terpasang, Coba lakukan Restart ulang Ponsel. jika perlu lepas baterai,kemudian pasang kembali dan coba nyalakan kembali.
  • Aktifkan Unknown Resource.Aplikasi yang tidak terpasang, terutama jika  menginstalnya dalam bentuk APK, solusinya bisa coba aktifkan terlebih dahulu fitur sumber tidak dikenal, atau kata lainnya “Unknown Resources“. Buka Setelan Android > Menu Keamanan > Centang pengaturan sumber tidak dikenal (Unknown Resource) > Restart HP untuk menyegarkannya.
  • Beri Izin Memori InternalBiasanya kalau ada aplikasi yang baru diinstal, maka akan masuk ke memori internal.Pada HP Android versi 5.0 ke atas, terdapat sebuah fitur yang hanya bisa membuat memori bisa diakses ketika sudah mendapatkan izin saja dari penggunanya. Oleh karena itu, coba periksa atau setting ulang kembali pengaturan izin tersebut. Supaya tidak muncul masalah saat proses install aplikasi. Caranya sebagai berikut : Buka Setelan > Menu Aplikasi >cari dan buka aplikasi Google Playstore.> Masuk ke menu Izin >Lalu aktifkan izin Penyimpanan di sana. Jika Anda menginstalnya dalam bentuk APK, coba cek pengaturan pemasang paket. Caranya sebagai berikut : Buka Setelan Android > menu Aplikasi. > Cari aplikasi Pemasang Paket > Buka menu Izin, lalu aktifkan izin Penyimpanan. > Restart HP seperti biasa >  install aplikasinya kembali.
  • Reset Ulang  ke Mode Awal. Apabila masih belum juga teratasi kendala gagalnya pemasang aplikasi, lakukan langkah terakhir yaitu reset ulang ponsel mode pabrik. Akan tetapi cara ini dapat membuat semua data, pengaturan, dan hal lainnya yang ada di Ponsel akan hilang. Jadi lakukan backup data terlebih dahulu. Caranya  Buka Setelan, kemudian masuk ke menu Cadangkan dan Setel Ulang , terakhir lakukan reset.



Itulah cara-cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah aplikasi gagal diinstal. Silahkan dicoba.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar