--> Skip to main content

Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Mengisi

Cara Mengatasi Baterai HP Tidak  Mengisi Atau Berkurang Saat Dicharge -  Kerusakan pada Handphone memang tidak bisa dihindari, dan bisa terjadi kapan saja. Dari sekian banyaknya masalah kerusakan pada Handphone, masalah hp di cas tapi tidak mengisi adalah salah satunya dan justru waktu Handphone di charge malah berkurang.

Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Mengisi  - Tutoral tentang cara bagaimana untuk  mengatasi baterai HP iidak  Mengisi atau  juga malah berkurang saat dicharge.




Monstutor.com - Kerusakan pada Handphone memang tidak bisa dihindari, dan bisa terjadi kapan saja. Dari sekian banyaknya masalah kerusakan pada Handphone, masalah hp di cas tapi tidak mengisi adalah salah satunya dan justru waktu Handphone di charge malah berkurang.


Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi baterai Handphone yang tidak bisa penuh meskipun sudah di charge atau dicas sudah lama. Untuk mengatasinya silahkan ikuti cara-caranya  dibawah ini dengan baik.


1. Pastikan Sumber Daya  Listrik.
Seringkali sumber daya listrik yang tidak sesuai dengan smartphone dapat menjadi penyebab Handphone tidak bisa di charger. Oleh sebab itu kita perlu untuk memastikan terlebih dahulu sumber daya listrik yang akan digunakan untuk mengisi daya baterai Handphone  kita.

Apabila kita mengalami Handphone di charge lama, bisa penuh full 100% namun lama sekali untuk penuhnya maka terdapat kemungkinan jika sumber daya listrik yang digunakan ternyata lebih rendah daripada angka yang tertera di adapter.



2. Restart Handphone.
Dengan cara merestart Handphone juga sangat efektif untuk mengatasi baterai Handphone yang tidak bisa mengisi, dengan cara merestart bertujuan membersihkan cache yang menumpuk di RAM. Karena bukan tidak mungkin Handphone kamu tidak bisa di-charge gara-gara RAM terlau penuh dengan bayaknya sistem yang berjalan di belakang layar.


3. Lakukan kalibrasi Baterai.
Apabila setelah  kita restart Handphonenya, baterainya bertambah. Berarti baterai meter HAndphone tersebut mengalami error. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan  kalibrasi baterai, dengan cara mengunduh aplikasi kalibrasi.

Selain menggunakan aplikasi dapat juga melakukan kalibrasi beterai secara manual. Caranya kamu tinggal isi dayaHAndphone sampai penuh 100 persen dalam keadaan mati. Setelah itu, coba nyalakan lagi  Handphonenya, kemudian  charge lagi hingga penuh. Setelah itu gunakan smartphone untuk apa pun sampai keadaan baterai benar-benar habis. Jika sudah habis dan mati biarkan dulu 10-15 menit dan sekarang charge Handphone kamu hingga penuh dalam keadaan mati. Jangan dinyalakan dulu sebelum penuh.


4. Cek Adapter Charger.
Apabila sering menggunakan charger yang bukan bawaan Handphone atau original, pasti pernah mengalami kasus baterai tidak bisa di-charge. Untuk mengatasinya, coba gunakan adapter charger smartphone bawaan. Jika ternyata gagal, coba untuk mengganti adapter charger Handphone kamu dengan yang baru atau Ampere yang lebih besar.


6. Ganti Kabel Data.
Jika Handphone sewaktu di charge tidak mau bertambah atau malah berkurang, coba cek kondisi adapter charger,  panas apa tidak, jika tidak panas itu berarti kerusakan ada pada kabel data Handphone.

Hal tersebut dikarenakan kabel merupakan bagian yang paling rentan untuk rusak karena kebiasaan kita yang sangat sering untuk menggulung kabel charger hp yang kita miliki.


Baca Juga :  Cara Memperbaiki Baterai HP kembung


7. Cek Port USB.
Tidak dapat terhubung dengan baik antara permukaan metalik di dalam port USB dan charger micro USB juga dapat menjadi penyebab baterai Handphone  tidak bisa dicharge. Hal itu seringkali terjadi karena kita terlalu sering mencabut dan memasang kabel charger Handphone.

Untuk memperbaiki port charger Handphone yang rusak tersebut caranya adalah lepaskan baterai jika Handphone tersebut bukan tipe baterai non-removeble, Setelah itu gunakan seperti tusuk gigi atau jarum untuk mengungkit tab kecil di dalam port USB ponsel. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati, lalu pasang kembali baterai dan coba untuk mengisi daya kembali. Apabila tidak mau beresiko lebih baik kita bawa HP kita ke tukang servis Handphone  untuk memperbaikinya




8. Ganti Baterai Baru.
Perlu diketahui bahwa usia normal sebuah baterai Handphone adalah sekitar 2 tahun. Apabila Handphone tersebut sudah lebih dari 2 tahun biasanya mulai mengalami masalah-masalah seputar baterai, maka sudah saatnya untuk kita mengganti baterai Handphone tersebut dengan baterai yang baru.



9. Downgrade OS 
Apabila masalah pengisian daya baterai akibat ketidakcocokan kemampuan smartphone dengan OS yang ditawarkan Android dengan smartphone yang kita miliki maka cara ini sangat direkomendasikan untuk diri kita. Namun menurunkan OS Android dapat mempengaruhi performa pada hp android yang kita miliki.


10. Gunakan Dekstop Charger.
Jika semua cara di atas tidak ada yang berhasil, sudah pasti adapter charger atau port USB Handphone kamu yang rusak? Maka salah satu solusi yang bisa kamu coba adalah dengan membeli desktop charger.Charger ini akan bisa kamu gunakan sebagai alternatif charger bawaan kalau kamu menggunakan smartphone yang baterainya bisa dilepas.



12. Bawa ke Tukang Servis.
Jika kamu tidak ingin mengisi baterai lewat desktop, maka lebih baik kamu bawa saja Handphone tersebut ke tukang servis, karena permasalahan Handphone dicas tapi tidak mengisi, biasanya, kalau tidak di kabel data dan adapter charger, berarti masalahnya itu di Port USB yang harus diganti dengan yang baru di tukang servis.


Itulah beberapa cara untuk  mengatasi Baterai handphone tidak mengisi ataupun dicharge malah berkurang yang dapat kamu coba.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar