--> Skip to main content

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Cepat Habis




Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis - Hal yang dapat menyebabkan baterai laptop cepat habis memang sangat banyak. Itu dikarenakan para pengguna laptop kurang memahami cara merawat baterai laptop yang baik dan benar.


Penyebab Baterai Laptop Cepat Bocor.


Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan batere laptop cepat drop yaitu :
  • Penggunaan laptop yang berlebihan. Laptop sebenarnya diciptakan untuk pekerjaan yang ringan dan tidak digunakan untuk bekerja seharian. Bukan untuk kegiatan seperti bermain game berat dan aplikasi dengan grafis tinggi, kecuali laptop gaming.
  • Menggunakan laptop saat di-charger. Itu juga berisiko baterai laptop akan cepat rusak, jadi jangan terlalu sering. Charger terlalu lama juga harus dihindari.
  • Membiarkan laptop mati dalam keadaan baterai kosong. Ini juga sangat berpotensi membuat baterai laptop cepat rusak.
  • Peletakan laptop yang salah. Laptop mengeluarkan hawa panas dan kebanyakan para pengguna laptop kurang mengerti bahwa meletakkan laptop di atas bahan yang empuk seperti di bantal atau kasur dapat menyebabkan aliran hawa panas terganggu.





Lalu bagaimana cara mengatasi baterai laptop yang sudah bocor dan bagaimana cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis atau drop? 


Berikut ini merupakan cara mengatasi batere laptop yang sudah terlanjur cepat habis :

1. Isi Penuh Baterai Laptop.

Charger baterai laptop  sampai penuh 100%. Kalau baru sebentar sudah penuh, maka untuk memastikan bahwa baterai laptop kamu benar-benar penuh kita tunggu lagi selama 2 jam.



2. Atur Daya.

Atur opsi daya di laptop Windowsnya. Caranya klik tanda baterai dan aktifkan ke modus balance, kemudian atur Turn off the display di baterai Never dan Put the computer to sleep menjadi Never.



3. Hibernate & Low Battery Option.

Konfigurasi pilihan Hibernate melalui Power Options -> Change Plan Settings -> Advance Settings -> Battery -> Set it to hibernate. Lalu, atur Low battery level 5%.


4. Biarkan Sampai Baterai Laptop Habis.

Biarkan laptop menyala hingga baterai terpakai habis dan laptop mati dengan sendirinya. Setelah itu tancapkan lagi charger dan nyalakan laptop. Isi baterai hingga penuh lagi 100%. Selama proses kalibrasi pastikan kamu tidak menggunakan komputer sama sekali. Sekarang proses kalibrasi baterai telah selesai dan kamu bisa mengembalikan lagi Power Plan ke pilihan yang semula.

Proses kalibrasi ini memerlukan siklus menghabiskan baterai dari penuh sampai habis dan mengisinya lagi hingga penuh, sehingga butuh waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya. Setelah proses kalibrasi, indikator baterai laptop kamu akan menunjukkan kapasitas power baterai yang lebih akurat.


5. Install Smarter Battery.

Setelah melakukan kalibrasi seperti cara-cara di atas, selanjutnya dapat menginstall software Smarter Battery. Software ini merupakan utilitas pemantauan baterai untuk komputer portabel yang dimaksudkan untuk memberikan semua data baterai kepada penggunanya. 


Smarter Battery juga bisa digunakan untuk membantu menghemat baterai. Smarter Battery memberikan gambaran yang sangat lengkap tentang info data baterai laptop.  Supaya data dari software ini akurat,  harus terus berjalan sepanjang waktu di laptop.

Itulah cara-cara mengatasi baterai laptop bocor yang cepat habis. Efek dari kalibrasi ini berbeda setiap laptop, tapi rata-rata dapat meningkatkan kemampuan baterai  hingga 30-40%.



 

    Tag : cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis windows 10, baterai laptop cepat habis windows 7, cara memperbaiki baterai laptop yang bocor, baterai laptop habis sendiri saat mati, ciri" baterai laptop bocor, cara kalibrasi baterai laptop, cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi, cara memperbaiki batre laptop yang ngedrop.
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar