--> Skip to main content

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin


Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin - Kulkas merupakan alat kebutuhan dalam rumah tangga yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Saat ini hampir setiap rumah sudah memiliki kulkas. Kulkas menjadi  kebutuhan pokok yang berguna sekali untuk menyimpan bahan makanan supaya lebih awet dan tahan lama.

Selain untuk menyimpan bahan makanan, kulkas juga bermanfaat untuk membuat es batu. es krim, mendinginkan minuman dan lain sebagainnya

Untuk itu tentunya kita harus menjaga kulkas agar tetap terjaga awet dan penggunaannya bisa bertahan lama. Hal itu diperlukan pemahaman dan perhatian terhadap karakteristik kulkas secara khusus, agar kita tahu apa yang terbaik untuk dilakukan dan juga sebaliknya.


Saat kulkas anda mengalami masalah karena kulkas tidak dingin, anda tidak perlu khawatir. Karena berikut ini ada cara mengatasi kulkas yang tidak dingin.



1. Bersihkan es batu yang menutupi lubang angin.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kulkas Anda, terutama bagian freezer, seringkali  bunga es menutupi bagian lubang angin yang memang berperan dalam mendinginkan udara di dalam kulkas. Apabila hal itu memang terjadi, maka anda harus segera membersihkan bunga es yang sudah menumpuk.

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu membiarkan kulkas terbuka dan menaruh kipas angin di depan kulkas supaya anginnya bisa langsung masuk berinteraksi dengan bagian dalam kulkas.

Tidak menggunakan kipas angin juga tetap bisa. Cukup membuka pintu kulkas dan bagian freezer tentunya. Setting off untuk membiarkan bunga es mencair. Butuh waktu kurang lebih 1 jam jika bunga es begitu banyak menumpuk. Cara ini terbukti sangat efektif dan kulkas menjadi bersih dari bunga es.

Jangan lupa membuat air cairan bunga es yang terletak pada bagian bawah freezer. Lakukan pengelapan menggunakan lap yang tentunya bersih dan mudah menyerap air.

Karena air bisa cepat hilang dan tidak menimbulkan pembentukan bunga es kembali dalam waktu dekat. Selengkapnya, cara membersihkan kulkas.

Jika semua sudah bersih dan cairan sudah tidak ada lagi, anda dapat menyalakan kembali kulkas dan tunggu beberapa saat untuk bisa dingin kembali. Sebaiknya anda rutin membersihkan bunga-bunga es supaya masalah tersebut tidak terulang kembali.


2. Atur suhu kulkas agar tetap maksimal.
Saat pertama kali anda membeli kulkas baru, jangan lupa untuk memeriksa terlebih dahulu bagian pengatur suhunya setelah anda menyalakan kulkas.

Seringkali ternyata ditemukan kasus pada seseorang yang baru memiliki kulkas dan mereka mengeluh bahwa kulkas yang dibeli tidak dingin. Hal ini bisa saja terjadi, karena kurangnya pengetahuan terhadap karakteristik kulkas.

Setelah melakukan pengecekan, suhu dingin yang beroperasi relatid rendah. Tentunya hal tersebut akan membuat dinginnya tidak maksimal.

Jadi yang perlu dilakukan oleh anda adalah memperhatikan suhu pada kulkas. Melakukan hal tersebut akan membuktikan apakah kulkas anda bekerja dengan baik atau sebaliknya.


3. Jangan memasukan makanan panas ke dalam kulkas.
Bagi anda yang takut sekali makanan akan cepat basi, tentu akan segera disimpan dalam kulkas. Terlebih lagi karena akan ditinggal pergi dengan waktu yang tidak sebentar.

Namun, cara menyimpan makanan dalam kulkas yang tidak tepat, akan membuat masalah baru. Salah satunya adalah menyimpan makanan yang masih dalam kondisi panas. Hal tersebut dapat menyebabkan suhu di dalam kulkas menjadi menurun.

Untuk menghindari adanya kerusakan dalam kulkas, sebaiknya sebelum menyimpan manakan yang masih panas, untuk dinginkan terlebih dahulu di luar kulkas.  Hal tersebut tentu akan membuat kulkas aman dari menurunnya suhu dan anda tidak perlu khawatir lagi. Kulkas akan baik-baik saja dan anda siap untuk meninggalkan rumah, ketika makanan sudah dingin tersimpan dalam kulkas.


4. Jauhkan peralatan yang menghasilkan panas.
Jauhkan peralatan-peralatan yang dapat menghasilkan panas seperti kompor gas, oven listrik, alat pembakar roti, magic com, karenapanas dari alat-alat tersebut akan mempengaruhi suhu pada sekitarnya.

Udara panas yang ada di sekitar kulkas akan sangat mempengaruhi performa kulkas. Sehingga membuat kulkas kurang dingin dan bahkan tidak dingin lagi.Untuk itu, jika tidak ingin hal itu terjadi, anda sebaiknya menghindari dan juga harus lebih peka terhadap hal tersebut.


5. Periksa kondisi pintu kulkas.
Pintu kulkas bisa saja menjadi penyebab utama kulkas tidak dingin. Biasanya ini terjadi karena karet kulkas yang ada di bagian pintu sudah tidak bisa berfungsi dengan baik, sehingga pintu kulkas tidak tertutup dengan baik. Hal ini yang memicu kulkas di dalam rumah anda menjadi tidak dingin.


6. Periksa teganan listrik kulkas.
Kondisi tegangan listrik perlu Anda diperhatikan. Karena tengangan listrik yang kurang stabil dapat menimbulkan gangguan pada kulkas Anda menjadi tidak dingin Kondisi listrik yang tidak stabil biasanya akan diketahui dari nyala redupnya lampu pada kulkas.

Jika tengangan listrik tidak baik, sebaiknya anda segera menghubungi petugas PLN untuk memperbaikinya. Karena dingin dan tidaknya kulkas bisa juga pengaruh dari tengan listrik yang tidak stabil.


7. Bersihkan bagian kumparan kondensor.
Kumparan kondesor merupakan bagian kulkas yang memiliki fungsi alat pembuang panas yang ditimbulkan dari kulkas. Ketika anda mengalami masalah seperti halnya kulkas tidak mau dingin, tentu anda bisa memeriksa kondisi kumparan kondensornya.

Apabila memangbagian tersebut kotor dan tertutup oleh debu, segera anda bersihkan dengan alat penyedot debu atau menggunakan sikat supaya yang menempel dapat dengan mudah untuk hilang.


8. Periksa komponen kulkas yang terus menyala.
Komponen yang terletak pada kulkas terutama dengan yang kondisinya terus menyala perlu dilakukan pengecekan dan pemeriksaan secara rutin menyeluruh dan berkala supaya kinerjanya bisa bekerja dengan baik.

Untuk melakukan pengecekan ini, komponen-komponen diperlukan suatu aat yang bernama multimeter. Komponen yang wajib dilakukan pemeriksaan seperti misalnya, kipas kondensor, alat pelindung berlebih bebannya, kompresos dan juga alat motor penghantar.

Apabila dari salah satu dari komponen yang disebutkan tersebut mengalami gangguan, tentunya akan sangat mempengaruhi performa pada kulkas tanpa terkecuali bagian pendingin.

Jika anda sudah melakukan pengecekan tidak ditemukan masalah pada komponen tersebut, sebaiknya kami sarankan anda memanggil Tukang Service


9. Cek saluran listrik kulkas.
Beberapa masyarakat pda umumnya tidak menyadari ketika colokan yang digunakan tidak berfungsi dengan baik. Ketika kulkas anda tidak dingin, bisa jadi ada masalah pada bagian colokan listrik, sebaiknya anda mengeceknya terlebih dahulu.

Jika anda sudah menggunakan colokan lain dan pendingin berfungsi kembali, berarti colokan sebelumnya mengalami masalah. Sebaiknya anda segera memperbaikinya supaya kulkas anda tidak mengalami masalah untuk kedepannya.




Itulah cara-cara mengatasi kulkas menjadi tidak dingin. Apabila setelah melakukan cara-cara diatas, tetapi kulkas anda tidak kunjung membaik,  sebaiknya anda segera untuk menghubungi tukang service kulkas supaya kulkas segera normal dan bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga anda.