--> Skip to main content

Cara Mengatasi Laptop atau PC Lemot


Cara Mengatasi Laptop atau PC Lemot


Cara Mengatasi Laptop atau PC Lemot - Laptop ataupun PC apabila digunakan setiap hari performanya  akan semakin menurun alias jadi lemot.  Tetapi  jangan khawatir karena ada banyak cara mengatasi laptop lemot tanpa harus melakukan instal ulang. 

Berikut ini ada sedikit tips cara mengatasi laptop atau PC yang asalnya lemot biar ngebut kembali seperti baru.


  • Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan.

Laptop atau PC menjadi lemot bisa juga disebabkan karena kita sering mengunduh aplikasi yang tidak penting yang jarang digunakan. Tanpa kita sadari aplikasi tersebut memakan banyak tempat di harddisk laptop atau PC. Periksa aplikasi apa saja yang ada di laptop, kemudian lihat  ukurannya, caranya klik  Control Panel > Programs > Programs and Features.



  • Batasi Aplikasi Saat Startup.

Laptop atau PC kadang menjadi lemot saat dihidupkan karena beberapa aplikasi sedang menjalankan proses terpisah saat laptop dihidupkan. Untuk membatasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat startup, bisa dengan membuka Task Manager dan klik tab Startup. Di sini kita dapat melihat aplikasi apa saja yang sedang  berjalan saat startup dan bagaimana dampaknya terhadap performa laptop.


  • Bersihkan Disk.

Disk Cleanup merupakan fitur yang dapat membantu kita untuk menghapus file-file yang tidak diperlukan. Cara mengaksesnya cukup buka menu Start dan klik Disk Cleanup.



  • Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi.

Selalu update aplikasi dan sistem operasi yang ada di laptop atau PC kita. Karena, sistem yang selalu up-to-date tidak hanya membuat laptop kita lebih aman tapi juga membuat performanya menjadi lebih kencang.


  • Cek Virus dan Spyware.

Virus, spyware dan malware tak hanya berbahaya untuk keamanan tapi juga bisa membuat kinerja laptop kita menjadi lemot. Instal aplikasi antivirus yang terpercaya atau bisa juga menggunakan Windows Defender yang sudah terpasang untuk mengecek jika laptop  terkena virus dan melindunginya.


  • Upgrade RAM.

Dengan adanya kapasitas memori yang besar akan membuat laptop menjadi lebih kencang dalam beroperasi sehari-hari. Jika merasa laptop sudah lemot parah, coba ganti RAM dengan yang berukuran lebih besar yang disesuaikan dengan kebutuhan.


  • Ganti ke SSD.

Harddisk (HDD) biasa mungkin memang lebih murah, tapi solid-state drive (SSD) bisa membuat proses startup laptop dan proses menjalankan aplikasi menjadi lebih cepat.


  • Ganti Pengaturan Baterai.

Jika ingin menghemat baterai dan listrik, ini tentu bukan pilihan yang tepat tapi bisa meningkatkan performa laptop atau PC dengan instan. Caranya masuk ke Control Panel > System and Security > Power Options.

Setelah itu klik tanda panah di sebelah kanan untuk menampilkan "additional plans" dan pilih opsi High Performance.


  • Atur Grafis dan Animasi.

Windows dengan versi terbaru memiliki banyak animasi dan efek untuk membuat tampilan aplikasi menjadi lebih mulus. Akan Tetapi dengan adanya animasi dan efek grafis tersebut  justru malah membuat laptop menjadi lemot.

Untuk mengatasinya  cukup mengatur atau menonaktifkannya. Caranya masuk ke Control Panel > System and Security > System > Advanced system settings. Setelah itu masuk ke tab Performance dan kita dapat memilih opsi mana yang ingin dinonaktifkan.


  • Gunakan Aplikasi Tune-Up.

Cara lain untuk mengatasi laptop atau PC yang lemot adalah dengan menginstal aplikasi tune-up. Aplikasi ini bisa menjalankan beberapa fungsi misalnya menghapus file duplikat atau yang tidak lagi digunakan hingga melakukan defragmentasi harddisk.

Tapi kalian harus berhati-hati karena banyak aplikasi gratis yang mengklaim bisa membuat kinerja laptop kalian menjadi lebih cepat, tapi diam-diam mengandung malware. Jadi hanya gunakan aplikasi tune-up yang memiliki rating bagus dan terpercaya.



************

    tag : cara mengatasi laptop lemot windows 7, cara mengatasi laptop lemot windows 10, cara mengatasi laptop lemot pada windows 10, cara mengatasi laptop lemot windows 8, cara membersihkan laptop agar tidak lemot, mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang, cara mengatasi laptop lemot dengan cmd, laptop baru lemot.