--> Skip to main content

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Android Yang Tidak Berfungsi Jika Disentuh

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Android Yang Tidak Berfungsi Jika Disentuh



Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Android Yang Tidak Berfungsi Jika Disentuh - Salah satu masalah pada gadget yang menggunakan touchscreen adalah layar sentuh yang tidak bisa disentuh atau tidak berfungsi.

Maksudnya, ketika anda menyentuh sebuah menu atau aplikasi, tidak ada respon. Ini bisa terjadi karena adanya masalah pada layar sentuh gadget anda. Ada banyak faktor yang bisa menimbulkan masalah seperti ini. 



Penyebab Layar Sentuh Hp Android Tidak Berfungsi 

Berikut beberapa penyebab yang mempengaruhi layar sentuh hp anda rusak  :

1. Masalah Pada Software.

Contoh kerusakan pada software hp android, misalnya :


  • Loading software / aplikasi yang lambat
  • Terjadi error terhadap aplikasi yang terinstal
  • Adanya kesalahan flash ROM / Software/ Firmware Android


2. Masalah Pada Hardware.

Sedangkan contoh kerusakan pada hardware hp android itu sendiri, misalnya :

  • Screen Guard / Protector mengganggu / menghalangi Touch screen hp android
  • Konektor LCD rusak / lepas
  • Dan bisa jadi baterai bocor / kembung / rusak sehingga tegangan yang di supply ke ponsel tidak stabil
  • Layar Sentuh Kotor atau berminyak.
  • Hp Panas.
  • Kemasukan Air



Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Yang Tidak Merespon Terhadap Sentuhan.


Untuk memperbaiki atau mengatasi layar sentuh tidak berfungsi caranya adalah sebagai berikut :


1. Tutup Semua Aplikasi.
Ketika anda menjalankan begitu banyak aplikasi, maka bisa membuat ram yang gadget anda miliki tidak kuat. Alhasil, gadget anda menjadi lelet karena banyaknya aplikasi di latar belakang gadget anda. 

Banyak sekali aplikasi yang memakan banyak ram, apabila layar anda tidak bisa disentuh, maka bisa saja responnya akan lama. Untuk mengatasinya, anda bisa menutup semua aplikasi/menguninstal aplikasi yang tidak terpakai.

Cara ini sangat efektif untuk memberikan ruang kembali pada ram anda. Jadi ketika RAM handphone anda sudah lega, maka respon untuk mengetik dan menjelajahi handphone menggunakan layar sentuh akan sangat cepat.

Baca juga : Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca

2. Istirahatkan Hp Sementara Waktu.
Hp yang terlalu sering digunakan tanpa ada jeda waktu bisa membuatnya cepat panas. Panasnya hp bisa terjadi pada baterai dan layarnya. 

Jadi, apabila layar hp mengalami panas akan berdampak pada sistem kerja atau respon layar sentuh. Dampak yang sering timbul pada layar sentuh yang panas adalah layar sentuh yang tidak bisa disentuh.

Jika penyebab layar tidak bisa disentuh akibat panas, solusinya adalah memberikan waktu beberapa saat agar gadget kembali dingin. Anda bisa melakukan aktivitas lainnya sembari menunggu handphone anda dingin, jika sudah dingin, biasanya respon aplikasi dan layar sentuh akan kembali normal.



3. Bersihkan Layar Sentuh Dari Debu dan Minyak
Kondisi layar sentuh yang kotor dan berdebu bisa membuat respon sentuhan terhadap layar sentuh terganggu. Ketika anda mengoperasikan gadget anda dan tiba-tiba saja layar sentuh tidak merespon, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh adanya debu pada sekat touchscreen.

Semakin banyak debu dan kotoran yang ada pada layar sentuh, semakin terganggu juga touchscreen dan kinerjanya. Apabila masalah yang anda alami penyebabnya adalah debu dan kotoran, anda bisa membersihkannya dengan kain atau membawanya ke tukang servis untuk dibersihkan.

Selain membawanya ke tukang servis, jika anda bisa, lebih baik bersihkan di rumah sendiri. Untuk melakukannya anda bisa menggunakan kain kering dan dengan minyak kayu putih. Cara ini sangat efektif untuk membersihkan layar sehingga menjadi lebih bersih. Hasilnya hp layar sentuh anda bekerja dengan baik.


4. Kubur Dalam Beras.
Layar sentuh anda tidak merespon akibat terkena air?. Salah satu Solusi yang dapat anda lakukan dengan menguburnya dalam beras, caranya matikan terlebih dahulu handphone, kemudian buka penutup baterai dan lepas baterai. Apabila semua sudah dilakukan, masukan Hp  ke dalam wadah yang berisi beras. Kubur Hp dengan beras selama beberapa hari hingga air pada hp benar-benar hilang.





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar