--> Skip to main content

Cara Mengatasi Parasit Di Tubuh Ikan Hias

Cara Mengatasi Parasit  Di Tubuh Ikan Hias


Cara Mengatasi Parasit  Di Tubuh Ikan Hias -  Cara bagaimana mengatasi tumbuh atau munculnya parasit pada tubuh ikan hias.

Biasanya yang menjadi penyebab penyakit pada ikan hias ada tiga jenis, yaitu : parasit, bakteri,dan virus.  selain itu sering juga diakibatkan  ikan hias mengalami stress yang berkelanjutan, terutama pada ikan hias yang mudah stress misalkan ikan koi

Diantara semua penyebab penyakit ikan hias tersebut yang paling berbahaya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit yang disebabkan oleh virus apabila tidak segera diobati dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat hanya dalam hitungan hari, dan dapat menjadi wabah yang menyebabkan kematian pada ikan yang lain.

Untuk melakukan pengobatan terhadap ikan hias yang sakit, kita harus terlebih dahulu menngetahui jenis penyakit dan penyebabnya sehingga dapat dengan tepat memberikan obat yang sesuai dengan penyakit yang diderita. Pemberian obat yang salah dapat mengakibatkan hal yang fatal pada ikan hias bahkan dapat menyebabkan kematian pada ikan hias.

Untuk mengatasi tumbuhnya parasit pada ikan hias dapat dilakukan dengan cara berikut ini :

  1. Lakukan Isolasi. Pemindahan ikan yang memiliki parasit ditubuhnnya perlu dilakukan untuk menghindari ikan lain tertular dan dapat membantu proses penyembuhan ikan berjalan lebih fokus.
  2. Kuras kolam. Keluarkan seluruh ikan mas koki baik yang terdampak parasit maupun tidak dan pisahkan pada kolam yang berbeda. Setelah ikan di keluarkan maka langkah selanjutnya adalah menguras kolam yang ada hingga seluruh air habis.
  3. Bersihkan kolam. Salah satu penyebab adanya parasit pada ikan mas koki adalah karena kebersihan kolam yang tidak terjaga. Untuk mengatasi kondisi tersebut, pemilik ikan dapat membersihkan kolam dengan benar agat berbagai macam jenis parasit tidak dapat tumbuh di dalam kolam. 
  4. Bersihkan parasit . Parasit yang terlihat secara langsung oleh mata dapat dibersihkan secara manual dengan cara mengambilnya secara langsung. Dalam proses pengambilan secara langsung tersebut usahakan agar tidak sampai melukai kulit ikan mas koki.
  5. Berikan Antiparasit .Beberapa jenis parasit yang menyerang ikan mas koki dapat dibersihkan dengan cara menggunakan cairan atau obat antiparasit yang pastinya berbeda pada setiap jenis parasit yang menyerang ikan. 

Itulah cara-cara mengatasi parasit yang timbul di tubuh ikan hias. Intinya parasit akan tumbuh dikarenakan air dalam kolam atau aquarium kurang bersih. Jadi harus sering menguras dan mengganti airnya agar parasit tidak tumbuh di ikan hias kesayangan Anda.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar