--> Skip to main content

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami



Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami - Kerontokan rambut merupakan musuh utama bagi siapapun, baik itu pria ataupun wanita. Tak hanya pria, wanita pun bisa mengalami kerontokan dan kebotakan seperti halnya pria, namun tentu saja tidak separah kerontokkan rambut yang dialami pria.


Penyebab Rambut Rontok


Secara medis, masalah rambut rontok yang berlebihan disebut sebagai telogen effluvium. Kerontokan tersebut dapat terjadi secara menyeluruh atau sebagian dari kepala. Akibatnya, rambut tampak tipis secara keseluruhan. Kondisi ini bisa terjadi jika tubuh mengalami stres atau tertekan, baik secara fisik maupun emosional.

Pada umumnya, kerontokan pada rambut  dapat disebabkan oleh faktor-faktor berikut:


  • Stres secara emosional yang berlebihan, misalnya kehilangan pekerjaan, sedang menjalani proses perceraian, keluarga sakit parah, dan lain-lain.
  • Stres fisik yang intensif, seperti pasca melahirkan atau terlalu sering melakukan pekerjaan berat.
  • Adanya perubahan hormonal, seperti yang terjadi pada wanita hamil atau setelah melahirkan dan saat menyusui.
  • Kekurangan gizi, seperti protein dan zat besi, misalnya pada penderita gangguan makan.
  • Menderita penyakit tertentu, seperti infeksi berat, alopecia areata, penyakit kelenjar tiroid, infeksi jamur di kepala, penyakit autoimun, dan sifilis.
  • Efek samping obat-obatan, seperti pemakaian pil KB, vitamin A dosis tinggi, obat antidepresan, dan obat hormonal.
  • Mengalami demam tinggi.
  • Anemia
  • Berat badan turun 9 kg atau lebih.
  • Baru sembuh dari sakit.
  • Menjalani pengobatan tertentu, seperti kemoterapi atau terapi radiasi.
  • Penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras, seperti cat rambut, bleaching rambut, atau kebiasaan menggunakan pemanas rambut.


Rambut rontok yang berlebihan atau telogen effluvium bisa terjadi pada pria maupun wanita dari segala usia. Namun, wanita lebih sering mengalami hal ini, terutama jika ada perubahan hormonal. Rambut rontok berlebihan biasanya mulai terjadi antara 6 minggu hingga 3 bulan setelah stres atau kondisi medis tertentu menimpa Anda.



Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami



Cara menjaga kesuburan rambut perlu Anda ketahui apabila ingin terhindar dari masalah rambut. Selain menggunakan obat-obatan dan perawatan yang mahal. Berikut ini ada sedikit tips cara menjaga kesuburan rambut secara alami yang perlu anda ketahui, selain terhindar dari masalah kerontokkan rambut juga tidak perlu mengeluarkan biaya mahal.

Berikut cara untuk mengatasi masalah rambut rontok secara alami yaitu :


1. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Lidah Buaya


Cara Mengatasi Rambut Rontok secara alami bisa menggunakan lidah buaya. Pasalnya, lidahbuaya mengandung banyak nutrisi yang mampu membuat rambut jadi lebih sehat, kuat dan merangsang pertumbuhan pada kulit kepala. Kandungan lidah buaya ini akan dapat Anda rasakan dengan melakukan treatment sebagai berikut:


  1. Basahi rambut
  2. tunggu sampai setengah kering
  3. usapkan lendir yang terdapat bada daging lidah buaya di rambut hingga kulit kepala
  4. biarkan 15 hingga 20 menit
  5. lakukan 2 hingga 3 kali seminggu untuk hasil yang optimal



2. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Kemiri


Kandungan minyak kemiri sangat cocok untuk mengatasi kerontokan, menguatkan akar rambut, dan menyehatkan dengan nutrisinya. Kemiri banyak digunakan sebagai treatment karena sangat mudah didapatkan, serta murah. Ketimbang harus menggunakan produk shampoo yang cenderung mahal. Dengan kemiri, Anda bisa menghemat biaya namun memiliki tingkat keberhasilan tinggi jika dilakukan dengan tepat.

Cara mengatasi rambut rontok dengan kemiri adalah:


  1. sangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar
  2. tumbuk sampai halus sampi mengeluarkan minyak
  3. usapkan minyak kemiri pada rambut
  4. bilas dengan cara keramas menggunakan shampoo untuk menghilangkan minyak kemiri
  5. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil optimal



3. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Avokad


Avokad atau buah alpukat dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi rambut rontok. Pasalnya, kandungan protein yang terdapat pada buah ini sangat efektif untuk menguatkan rambut dan memberikan nutrisi yang tepat. Selain mampu menguatkan, avokad juga mampu merangsang pertumbuhan rambut Anda.

Cara merawat rambut rontok dengan avokad adalah sebagai berikut:


  • Haluskan buah avokad
  • Oleskan pada rambut serta kulit kepala
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas dengan shampoo agar bersih
  • Lakukan rutin dua dua kali dalam seminggu untuk hasil optimal



4. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Jeruk Nipis


Selain avokad, ternyata jeruk nipis juga merupakan solusi ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Dengan beberapa buah jeruk nipis, Anda bisa merawat rambut yang rontok secara berlebihan.

Untuk melakukan treatment perawatan rambut rontok dengan jeruk nipis pun ternyata cukup mudah. Simak langkah-langkahnya berikut ini:


  1. iris jeruk nipis menjadi beberapa irisan
  2. usapkan pada kulit kepala
  3. diamkan selama 15 menit
  4. bilas dengan cara keramas hingga bersih



5. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Teh Hijau


Teh hijau dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang multifungsi. Bukan cuma untuk diolah menjadi minuman dan makanan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan teh hijau yaitu rebus tiga kantong teh hijau dan gunakan untuk membilas rambut, ini bisa membantu mengendalikan rambut rontok. Lakukanlah dua kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Teh hijau juga akan melindungi kulit kepala dan rambut Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, mencegah rambut pecah-pecah, dan membuat rambut Anda lebih bersinar.


6. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Kentang


Kentang ternyata bisa menjadi penyelamat saat menghadapi rambut rontok. Makanan ini membantu dalam mengatasi kekurangan kalium yang menyebabkan rambut rontok. Caranya, kupas kentang, haluskan, dan peras untuk mengumpulkan jusnya. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan sebagai masker rambut dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan sampo ringan. Agar cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan kentang membuahkan hasil, lakukan perawatan ini seminggu sekali dan lihat perubahannya.


7. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Yoghurt


Salah satu penyebab rambut rontok adalah rambut yang kurang nutrisi dan kering. Jadi nggak ada salahnya untuk melakukan perawatan yang memberikan nutrisi lebih untuk rambut.

Yoghurt dari zaman dahulu sudah menjadi bahan andalan untuk merawat rambut. Anda bisa melakukan cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan mencampur yoghurt, minyak kelapa, dan madu. Ketiga bahan ini bisa menutrisi rambut Anda dan menjaganya tetap sehat.


8. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Jambu Biji


Selain enak buat dikonsumsi, jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan lho. Buah yang mengandung vitamin B3, B5 dan B6 ini mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kulit kepala, dan menghentikan rambut rontok.

Anda bisa membuat masker rambut dari buah jambu dengan cara yang mudah. Caranya hancurkan buah jambu biji sampai menjadi bubur lembut dan tambahkan satu putih telur. Aduk kedua bahan ini sampai rata lalu langsung aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan 40 menit lalu pijat kulit kepala pelan-pelan lalu bilas bersih menggunakan sampo.


9. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Minyak Esensial Kelapa


Minyak esensial kelapa juga diklaim dapat membantu Anda mengatasi kerontokan rambut. Caranya, adalah pijat kulit kepala Anda menggunakan minyak esensial kelapa selama beberapa menit. Pijatan yang lembut disebutkan dapat membantu folikel rambut Anda tetap aktif. Ingat, jangan memijat terlalu keras karena hal ini bisa bikin rambut malah rusak.


10. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bawang dan Madu


Bawang ternyata punya kandungan sulfur tinggi yang efektif digunakan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan. Caranya, campurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama dua jam lalu dibilas. Lakukan perawatan ini secara rutin agar rambut Anda menjadi kuat dan nggak gampang rontok.


11. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Jus Ketumbar


Jus ketumbar membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengendalikan rambut rontok. Buatlah pasta kental dengan menggiling daun ketumbar segar, saring dan simpan jusnya. Cara mengatasi rambut rontok berlebihan adalah oleskan jus pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama satu jam dan kemudian gunakan sampo ringan untuk mencucinya. Melakukan perawatan ini dua kali seminggu membantu menjaga kerontokan rambut tetap terkendali, dan juga membuat rambut Anda halus.


12. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Jus Jahe


Cara mengatasi rambut rontok dengan cepat berikutnya adalah dengan menggunakan jus jahe. Jangan salah, jus jahe berikut ini tentu saja tidak untuk diminum, melainkan untuk menutrisi rambut Anda secara penuh.

Anda hanya perlu kulit kepala dengan saripati alami jahe. Caranya, blender jahe hingga lembut tanpa menggunakan air. Setelah benar-benar lembut oleskan ke daerah rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit atau semalaman dan pagi harinya silakan dibilas menggunakan shampoo hingga bersih.


13. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Santan Kelapa


Ada alasan mengapa banyak sampo dan kondisioner berbahan baku kelapa. Pasalnya kelapa dikenal mampu menjadi pelembap yang bagus. Salah satu alasan utama rambut rontok adalah kulit kepala yang rusak karena kekeringan. Anda bisa mengoleskan santan ke akar rambutmu dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.


14. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Masker Telur


Meskipun metode ini mungkin terdengar tidak menarik, masker telur adalah salah satu solusi alami bagi rambut rontok. Telur mengandung protein yang membuat rambut Anda mengalami pertumbuhan. Komponen rambut terdiri dari 70 persen protein keratin, jadi tidak heran telur dapat membantu menyembuhkan kerusakan.

Caranya, campurkan satu telur dan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam mangkuk. Setelah mencuci rambutmu dengan shampoo, oleskan masker telur ini di rambut basahmu tutup dengan topi mandi setidaknya selama sepuluh menit. Setelah benar-benar terserap, bilas dan bersihkan dengan kondisioner pelembap.

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe sebenarnya bisa dilakukan sekaligus. Beberapa bahan yang diperlukan terkadang serupa. Nutrisinya pun bisa dibagi untuk saling mengobati antara ketombe dan kerontokan. Biasanya, ketombe justru yang menjadi akar atau penyebab kerontokan


15. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Masker Pepaya dan Madu


Pepaya mengandung chitinase yang melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe. Vitamin A dan vitamin C yang dikandungnya juga menyehatkan kulit kepala, sehingga mampu menopang akar rambut dan menangkal bakteri penyebab ketombe. Kombinasikan pepaya dengan khasiat antiseptik madu. Tak sampai di situ, madu pun memiliki khasiat menyuburkan rambut.


16. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Pijatan dengan Lemon Oil


Kunci dari rambut yang kuat dan bebas ketombe adalah kulit kepala yang sehat. Jika Anda menderita kerontokan dan ketombe parah karena kulit kepala yang mengelupas, coba gunakan minyak lemon untuk memijat kulit kepala secara teratur. Minyak yang diekstrak dari buah sitrus ini juga mampu menutrisi kulit kepala sembari mengontrol kelebihan minyak.



17. Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Cuka Apel


Sifat asam cuka apel akan membantu menyeimbangkan pH di kulit kepala. Kulit kepala pun lebih sehat, mampu menopang akar rambut dengan lebih baik. Selain itu pH yang seimbang mencegah jamur dan bakteri penyebab ketombe berkembang biak di kulit kepala.


18. Tidak Memakai Terlalu Banyak Shampoo


Jumlah ideal sampo yang digunakan untuk mencuci rambut adalah tiga sendok teh, baik untuk rambut pendek maupun panjang. Menggunakan sampo terlalu banyak akan membuat rambut rapuh. Selain itu kulit kepala jadi kehilangan kelembapan alaminya. Karena itulah dia akan memproduksi lebih banyak minyak. Minyak berlebih ini yang nantinya menjadi tempat berkembang biak jamur dan bakteri penyebab ketombe.


19.  Rajin Keramas


Sudah tentu rajin keramas adalah yang utama. Jika anda malas keramas maka rambut akan menjadi kotor, bau, mudah terkena ketombe, dsb, yang akhirnya membuat rambut anda mudah rontok.


20. Rajin Memijat kepala


Sering-seringlah memijat-mijat kepala anda. Hal ini perlu karena sirkulasi darah yang ada dikepala akan menjadi lancar, sehingga folikel pada rambut menjadi tetap aktif dan berguna menguatkan rambut anda.



Untuk mengatasi kerontokan rambut memang membutuhkan proses. Ada kalanya, sejumlah orang justru tidak ingin berlama-lama dengan proses tersebut. Banyak di antara kita yang menginginkan proses cepat dalam mengatasi kerontokan rambut. Faktanya, hal itu tentu tidak mudah.

Oleh karena itu perawatan yang rutin sangat diperlukan agar terhindar dari masalah tersebut. Karena bila kerontokan rambut sudah menyerang maka biasanya mereka yang mengalami hal tersebut merasa menjadi kurang percaya diri lagi, dsb. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?
-------------------

Tag :
    shampo mengatasi rambut rontok, produk mengatasi rambut rontok, cara mengatasi rambut rontok dan ketombe, mengatasi rambut rontok female daily, mengatasi rambut rontok wanita, vitamin untuk rambut rontok, mengatasi rambut rontok parah female daily, mengatasi rambut rontok pria