--> Skip to main content

Cara Mengatasi Speaker Handphone Yang Terkena Air

Cara Mengatasi Speaker Handphone Yang Terkena Air -  Handphone gak ada suaranya ? bisa jadi itu karena kemasukan cairan yang mengakibatkan sound tidak bunyi. Namun, tidak perlu khawatir karena kita dapat memperbaiki speaker Handpohne yang terkena air atau minyak dengan sangat mudah tanpa harus dibawa dulu ke tempat sercice Handphone.



Cara Mengatasi Speaker Handphone Yang Terkena Air Handphone gak ada suaranya ? bisa jadi itu masalahnya karena kemasukan cairan yang mengakibatkan sound tidak bunyi. Namun, tidak perlu khawatir karena kita dapat memperbaiki speaker Handpohne yang terkena air atau minyak dengan sangat mudah tanpa harus dibawa dulu ke tempat sercice Handphone.

Cara untuk mengatasi speaker handphone yang tidak ada suara karena kemasukan air tentu caranya adalah dengan mengeringkan handphone tersebut dara cairan atau air yang ada pada speaker handphone itu kering.


Cara Mengeringkan Handphone Yang Terkena Air.



Untuk mengeringkan Speaker Handphone caranya cukup mudah yaitu dengan  cara menjemur handphone tersebut.

Namun, apabila kondisi tidak memungkinkan untuk menjemur karena kondisi cuaca atau waktu, kita dapat mengeringkan air dari dalam speaker dengan cara sebagai berikut :


1. Keringkan menggunakan kapas.
Untuk membersihkan speaker yang terkena air dapat membersihkannya dengan media kapas. caranya buka penutup belakang atau casing hp jika pengeras suaranya terdapat di belakang. 

Namun, apabila Handphone tersebut menggunakan baterai tanam dan tidak memungkinkan untuk melepas casing hp dapat mencobanya dengan alternatif yaitu menggunakan media berukuran kecil seperti jarum atau peniti, selanjutnya kamu lilitkan kapas pada ujung jarum tersebut. Setelah itu Kamu padatkan atau keraskan kapas untuk mengencangkannya.

Masukkan jarum yang sudah terlilit kapas ke dalam sela-sela lubang speaker hp untuk membersihkan dan mengeringkan speaker yang basah karena kemasukan air.

Setidaknya dengan teknik sederhana ini, speaker hp yang terkena air tersebut dapat kembali kering seperti semula.



2. Keringkan menggunakan kipas angin.
Untuk mengering speaker yang terkena air kita juga dapat memanfaatkan kipas angin. Caranya cukup mudah, gantung HP tersebut tepat di depan kipas angin dengan mengkaitkannya pada penutup kipas.

Bisa juga dengan hanya meletakannya di atas meja dengan arah kipas angin yang sudah di atur agar hembusan angin fokus mengeringkan speaker Handphone tersebut. Biasanya speaker benar-benar kering dalam kurun waktu sekitar 6 jam



3. Keringkan menggunakan hairdryer.
Selain kipas angin untuk mengering speaker yang terkena air kita juga dapat memakai hairdryer atau pengering rambut untuk menghilangkan embun yang masih melekat di speaker.

Cara mengeringkan speaker Handphone yang terkena air dengan hairdryer ini cukup mudah dan cepat, cukup menghembuskan udara panas hairdyer ke lubang speaker yang terkena air.

Apabila memungkinkan, lepas semua komponen casing Handphone untuk proses pengeringan lebih cepat. Tetapi, jika tidak bisa membukanya cukup arahkan hairdryer ke lubang speakernya saja.

Keringkan dengan Hairdryer hingga permukaan speaker benar-benar kering, untuk menghindari panas berlebihan, mengeringkan speaker hp yang terkena air tersebut maksimal selama 12 detik saja. Selanjutnya diamkan sebentar hingga kondisi Handphone dingin, lalu panaskan lagi dengan hairdryer.



4. Kubur Handphone Menggunakan Beras.
Siapa sangka ternyata beras juga dapat kita gunakan untuk mengeringkan speaker hp yang terkena air, hal itu dikarenakan kemampuan beras yang ternyata dapat menyerap molekul air.

Caranya lepas semua komponen Handphone, Selanjutnya sediakan wadah yang sudah berisi beras, kemudian Handphone dikubur dengan beras yang ada di wadah hingga tertutup rapat. Setelah itu diamkan selama semalaman.

Setelah mengeringkan speaker Handphone yang terkena air dengan cara-cara di atas, selanjutnya melakukan test suara speaker hp. Putar lagu, video atau apa saja yang suaranya. setelah itu setel volume speaker sebesar mungkin atau sampai titik maksimal.

Dengarkan dan perhatikan kualitas dari speaker hp tersebut, jika sudah kembali normal biasanya memiliki suara yang jelas dan keras. Selain mencoba dengan suara dari video atau lagu, coba test melakukan sebuah panggilan telpon.



Apabila setelah melakukan cara-cara di atas, tetapi suara Handphone belum kembali normal, itu berarti kerusakannya sudah parah ada komponen yang harus diganti sebaiknya dibawa ke tempat service.






Tag : aplikasi speaker kena air, cara mengeluarkan air dari speaker hp vivo, cara memperbaiki speaker hp samsung yang terkena air, cara memperbaiki speaker hp baterai tanam, cara memperbaiki speaker hp yang terkena minyak, cara mengeluarkan air dari hp xiaomi, aplikasi mengeluarkan air dari speaker, cara memperbaiki speaker hp xiaomi


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar