--> Skip to main content

Cara Mengeluarkan Binatang atau Serangga Dari Telinga

Cara Mengeluarkan Binatang atau Serangga Dari Dalam Telinga - Telinga merupakan salah satu panca indera kita yang sensitif. Telinga rentan untuk dimasuki benda asing seperti binatang atau serangga. Benda asing yang masuk ke telinga dapat menyebabkan rasa sakit dan juga infeksi. Selain itu juga berpotensi menyebabkan gangguan pendengaran serta kerusakan pada gendang telinga.    Ketika ada inatang atau serangga masuk ke dalam telinga, banyak orang langsung panik. Justru dengan panik tersebut serangga akan masuk lebih dalam dan susah dikeluarkan.    Cara Mengeluarkan Binatang atau Serangga Dari Telinga   1. Tetap Tenang Seperti dijelaskan di awal Hal yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Karena sebenarnya binatang atau serangga akan mati dengan sendirinya, karena telinga kita mempunyai perlindungannya sendiri. Semakin kita panik serangga akan leh masuk ke dalam yang membuat makin susah untuk dikeluarkan.      2. Memiringkan Kepala Cara ini dimaksud agar benda di dalam telinga jatuh sesuai hukum gravitasi. Jika binatang atau serangga tersebut masuk ke telinga sebelah kiri miringkan ke kiri begitu juga jika masuk di telinga kanan miringkan ke kanan.      3. Menggosok-gosok Bagian Luar Telinga Cara ini merupakan cara alami yang bertujuan membuat suara,  supaya binatang tesebut keluar secara sendirinya dengan adanya suara tersebut. Dengan syarat binatang tersebut masih hidup.      4. Tetesi Dengan Obat Tetes Telinga Coba teteskan obat telinga supaya binatang atau serangga tersebut mati. kalau tidak ada obat telinga bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Setelah ditetesi tunggu beberapa saat, Apabila binatang atau serangga tersebut sudah mati akan ikut keluar bersama minyak saat kita memiringkan kepala. Akan tetapi apabila anda pernah mengalami riwayat infeksi atau gangguan pada telinga sebaiknya abaikan cara ini.      5. Tetesi Dengan Air Hangat Caranya hampir sama dengan menggunakan minyak atau obat telinga. teteskan sedikit air hangat ( bukan air panas ) ke dalam telinga, kemudian miringkan setelah beberapa saat. Cara ini juga sama dengan point 4, jika pernah mengalami infeksi di dalam telinga jangan digunakan. lebih baik langsung menghubungi dokter THT untuk berobat.      6. Hindari Penggunaan Pinset dan Cotton Bud. Selain berbahaya karena dapat melukai gendang telingga, penggunann cotton bud justru akan membuat binatang atau serang masuk lebih dalam dan semakin susah dikeluarkan. Apalagi menggunakan pinset yang ujungnya sangat tajam sangat tidak diperbolehkan.      Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengeluarkan binatang atau serangga yang masuk ke dalam telinga kita. Apabila sudah melakukan cara-cara di atas akan tetapi binatang tersebut belum juga keluar, sebaiknya segera memerikasakannya ke dokter THT.



Cara Mengeluarkan Binatang atau Serangga Dari Telinga - Telinga merupakan salah satu panca indera kita yang sensitif. 

Telinga rentan untuk dimasuki benda asing seperti binatang atau serangga. Benda asing yang masuk ke telinga dapat menyebabkan rasa sakit dan juga infeksi.  Selain itu juga berpotensi menyebabkan gangguan pendengaran serta kerusakan pada gendang telinga.

Ketika ada binatang atau serangga masuk ke dalam telinga, banyak orang langsung panik. Justru dengan panik tersebut serangga akan masuk lebih dalam dan susah dikeluarkan.




Cara Yang Harus Dilakukan Ketika Ada Serangga Masuk ke Dalam Telinga.




Berikut ini merupakan beberapa cara yang harus dilakukan ketika ada binatang atau serangga yang masuk ke dalam telinga kita :


1. Tetap tenang.
Seperti dijelaskan di awal Hal yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Karena sebenarnya binatang atau serangga akan mati dengan sendirinya, karena telinga kita mempunyai perlindungannya sendiri. Semakin kita panik serangga akan leh masuk ke dalam yang membuat makin susah untuk dikeluarkan.


2. Memiringkan kepala.
Cara ini dimaksud agar benda di dalam telinga jatuh sesuai hukum gravitasi. Jika binatang atau serangga tersebut masuk ke telinga sebelah kiri miringkan ke kiri begitu juga jika masuk di telinga kanan miringkan ke kanan.


3. Menggosok-gosok bagian luar telinga.
Cara ini merupakan cara alami yang bertujuan membuat suara,  supaya binatang tesebut keluar secara sendirinya dengan adanya suara tersebut. Dengan syarat binatang tersebut masih hidup.


4. Tetesi dengan obat tetes telinga.
Coba teteskan obat telinga supaya binatang atau serangga tersebut mati. kalau tidak ada obat telinga bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun. Setelah ditetesi tunggu beberapa saat, Apabila binatang atau serangga tersebut sudah mati akan ikut keluar bersama minyak saat kita memiringkan kepala. Akan tetapi apabila anda pernah mengalami riwayat infeksi atau gangguan pada telinga sebaiknya abaikan cara ini.


5. Tetesi dengan air hangat.
Caranya hampir sama dengan menggunakan minyak atau obat telinga. teteskan sedikit air hangat ( bukan air panas ) ke dalam telinga, kemudian miringkan setelah beberapa saat. Cara ini juga sama dengan point 4, jika pernah mengalami infeksi di dalam telinga jangan digunakan. lebih baik langsung menghubungi dokter THT untuk berobat.


6. Hindari penggunaan pinset dan cotton bud.
Selain berbahaya karena dapat melukai gendang telingga, penggunann cotton bud justru akan membuat binatang atau serangga tersebut masuk lebih dalam dan semakin susah untuk dikeluarkan. Apalagi menggunakan pinset yang ujungnya sangat tajam sangat tidak diperbolehkan.


Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengeluarkan binatang atau serangga yang masuk ke dalam telinga kita. Apabila sudah melakukan cara-cara di atas akan tetapi binatang tersebut belum juga keluar, sebaiknya segera memerikasakannya ke dokter THT.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar