--> Skip to main content

Cara Menggemukan Badan Secara Sehat Dalam 1 Minggu

Cara Menggemukan Badan Secara Sehat Dalam 1 Minggu



Cara Menggemukan Badan Secara Sehat Dalam 1 Minggu - Saat kebanyakan orang berjuang mati-matian menjalani program dietnya, Anda mungkin mengalami hal sebaliknya. Hingga kini, Anda mungkin masih mencari-cari bagaimana cara menggemukan badan, karena berat badan Anda yang dibawah normal dan terlihat kurus.

Sama halnya seperti melangsingkan tubuh, sebenarnya untuk menggemukkan badan pun butuh waktu dan proses. Pertama-tama, kita mungkin perlu tahu lebih dulu apa sebenarnya penyebab tubuh terlalu kurus. Dan sesudah itu, barulah kita bisa menemukan solusi terbaik untuk menggemukan badan.

Salah satu penyebab mengapa tubuh sulit gemuk bisa jadi karena proses metabolisme yang terlalu cepat. Maka cobalah beberapa cara menggemukan badan yang akan dijelaskan di bawah ini.


Banyak orang kurus ingin menaikkan berat badan dengan cara yang kurang tepat. Sebagian tidak peduli kalau penambahan itu didasari oleh penumpukan jaringan lemak tubuh.

Padahal, gemuk karena lemak tidaklah menarik, karena kita tidak dapat mengontrol lemak-lemak itu nanti akan bersarang di mana. Di perut, lengan, pantat, atau paha yang memiliki lemak berlebihan tentu tidak terlihat menarik.

Oleh sebab itu, cara yang baik dalam menggemukan badan adalah gemuk yang sehat dengan membangun kenaikan berat otot tanpa jaringan lemak berlebihan. Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan menambah berat badan, tetapi juga akan mendapatkan berat badan sehat dan tubuh yang indah.

Berikut cara menggemukan badan yang sehat dan bisa Anda raih dalam 1 minggu yaitu :


1. Tingkatkan Asupan Produk Susu
Anda bisa mengonsumsinya sebagai cemilan ataupun makanan penutup. Makanan-makanan tersebut mengandung kalori yang banyak juga mengandung air yang tak kelah pentingnya untuk menaikkan berat badan.


2. Tambahkan Sumber Lemak Sehat Dalam Menu Makan 
Selai kacang misalnya, tak hanya cocok untuk roti, namun juga pas dikudap bersama apel, pisang, maupun biskuit gandum. Cara lain adalah dengan menambahkan minyak (zaitun contohnya) ke dalam kentang panggang, sandwich, ataupun salad. Anda juga dapat menambahkan topping lain seperti kacang-kacangan, keju, atau produk susu lainnya ke dalam makanan yang disantap.



3. Bijak Saat Memilih Minuman
Daripada  air yang tak memuat kalori sama sekali, Anda bisa memilih jus buah murni, susu, ataupun jus sayuran. Tambahkan yogurt berlemak, keju, atau bubuk protein ke dalam sajian jus buah untuk meningkatkan kalorinya. Anda dihimbau juga untuk menghindari alkohol karena walau tinggi kalori, minuman ini ternyata sangat minim nutrisi.



4. Makan Yang Benar.
Ketika makan, coba habiskan dulu makanan yang paling tinggi kadar kalorinya agar perut tak keburu kenyang sehingga tak lagi muat menampung makanan tersebut. Ketika sarapan misalnya, makan dulu potongan alpukatnya, disusul telur, dan baru akhiri dengan sereal kalau Anda memang masih lapar.


5. Makan Sesering Mungkin
Penyebab lain mengapa tubuh kurus adalah karena nafsu makan yang rendah. Oleh sebab itu agar bisa berhasil dalam menggemukan badan dalam 1 minggu, Anda jelas perlu memaksa diri untuk lebih sering makan.

Panduan sehatnya adalah tiga kali makan besar (makanan utama) berjarak sekitar 5 jam sekali. Selain itu makanlah dua sampai tiga kali camilan sehari di sela waktu makan.




6. Perbanyak  Bergerak
Aktif bergerak tak hanya baik untuk kesehatan namun juga dapat meningkatkan nafsu makan. Latihan yang melibatkan kekuatan atau ketahanan tubuh misalnya, sangat efektif untuk menambah massa otot sekaligus membentuknya. Misalnya sit up, push up, dan sebagainya.




7. Batasi latihan kardio atau aerobik.
Kalau Anda sedang berjuang menaikkan berat badan, maka batasi olahraga jenis kardio, apalagi kalau proses metabolisme dalam tubuh tergolong cepat. Latihan kardio selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu seharusnya sudah cukup.

Sementara itu, Anda mungkin juga perlu menghindari olahraga aerobik seperti bersepeda atau lari. Alasannya, latihan ini mungkin malah akan mengurangi lemak tubuh yang sebenarnya diperlukan kalau ingin berat badan naik.


8. Tingkatkan asupan kalori sebanyak 20%
Cara mutlak untuk menggemukan badan adalah menambah asupan kalori. Gampangnya, jika setiap hari Anda makan 2000 kalori dan itu hanya bisa untuk mempertahankan berat badan saja, maka Anda perlu makan 2400 kalori kalau ingin berat badan naik.

Bila Anda kesulitan melakukan perhitungan semacam itu, alternatif lainnya adalah dengan menambah 500 kalori per hari. Dengan demikian, berat tubuh akan naik ½ kg setiap minggunya.




9. Sumber karbohidrat kompleks
Hanya karena Anda diminta menaikkan jumlah kalori, itu tak berarti kalau Anda boleh makan sembarangan. Pastikan juga makanan tersebut bergizi. Beberapa contoh makanan tinggi kalori yang juga sarat nutrisi adalah brown rice, kacang-kacangan, buah kering, dan alpukat.

Makanan lain seperti donat, roti, kue, dan makanan siap saji memang tinggi kalori, namun kadar glikemiknya tinggi. Banyak mengonsumsi makanan ini memang bisa membuat berat badan bertambah, namun risiko terkena jantung, diabetes, dan penyakit berbahaya lainnya juga jadi meningkat. Anda jelas tak mau itu sampai terjadi kan?



10. Sumber Protein Berkualitas
Agar badan gemuk tersusun dari otot-otot yang kuat nan indah, pilihlah sumber protein berkualitas tinggi seperti telur, daging, ikan, susu, biji, suplemen protein, dll. Tubuh Anda membutuhkan 0.8gm / berat badan (kg) / hari protein untuk membangun otot baru.



11. Jangan Lewatkan Sarapan
Ini adalah cara menggemukkan badan wanita yang mungkin sering terabaikan. Sebisa mungkin, sarapanlah setiap pagi dan tambahkan 1 butir telur serta segelas jus buah setiap kali makan pagi. Selain untuk menambah berat badan, masih banyak manfaat lainnya: Pentingnya Manfaat Sarapan Pagi yang Tak Boleh Diabaikan




12. Tambahkan Porsi Makan
Anda juga bisa memperbanyak porsi makan dari biasanya kalau ingin tubuh bertambah gemuk. Hanya tetaplah ingat untuk tidak memasukkan sembarang makanan dalam piring. Pilihlah makanan berkalori tinggi yang sehat atau sumber karbohidrat kompleks dan serat.



13. Perbanyak Konsumsi Sayuran Yang Mengandung Zat Tepung
Teman Anda yang sedang diet mungkin menghindarinya, namun Anda tak perlu melakukannya. Anda bebas megonsumsi kentang, kacang polong, ubi manis, ataupun labu.



14. Hindari Minum Sebelum Makan
Minum sebelum makan dapat membuat Anda kenyang sehingga hanya makan sedikit saja. Hal ini tentu bisa membuat cara menggemukan badan menjadi gagal. Oleh sebab itu, sebaiknya minum setelah makan, tunggulah 10 menit sebelum minum air.



15. Pilih Minuman Yang Tepat
Minuman bisa juga membantu menggemukan badan. Jika mungkin, minum shake, susu, jus, dll, bukan teh, kopi dan soda diet. Hindari juga minuman beralkohol, karena kadar kalorinya tinggi namun nutrisinya minimal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar