--> Skip to main content

Cara menggunakan VPN


Cara menggunakan VPN


Cara menggunakan VPN - Pada dasarnya, VPN atau Virtual Private Network adalah koneksi aman antara suatu jaringan dengan jaringan lainnya melalui jaringan yang terpisah dan privat dari internet.

Bisa diibaratkan sebagai tunnel atau jalur khusus yang di dalamnya dapat dilewati oleh data yang akan dikirim ke tujuannya. Menariknya lagi, tunnel VPN menggunakan enkripsi untuk melindungi data yang dikirim, sehingga tidak dapat dilihat siapa pun.

Tak bisa dipungkiri VPN membantu banyak orang menikmati layanan streaming seperti Netflix dan YouTube serta situs-situs yang diblokir.

Makanya, tidak mengherankan jika VPN booming dan banyak digunakan. Bagi yang ingin mencoba VPN tapi masih ragu, berikut ini cara menggunakan VPN dan manfaatnya.

Cara menggunakan VPN melalui aplikasi


Inilah cara menggunakan VPN paling mudah. Kita hanya tinggal men-download dan install aplikasi VPN pada PC desktop ataupun perangkat mobile. Setelah berhasil, lanjut sign up untuk masuk ke aplikasi, lalu tekan tombol Connect untuk mencari server yang dapat digunakan.

Ada pun beberapa aplikasi VPN populer yang bisa dipilih adalah Tunnelbear, ExpressVPN, dan Avira Phantom VPN. Beberapa di antaranya disediakan gratis, hanya saja servisnya terbatas. Kalau pun harus bayar, harga yang diterapkan masih aman dan terjangkau. Selain itu, sebagian besar aplikasi VPN menyediakan free trial sehingga kamu bisa mencoba terlebih dulu. Lalu, menentukan aplikasi mana yang tepat dipilih sesuai kebutuhan.

Cara menggunakan VPN di Windows 10



Selain dengan menggunakan aplikasi,  sebenarnya bisa juga mengkonfigurasi Windows 10 secara manual. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Dari layar desktop atau laptop, klik ikon Network yang ada di bagian kanan bawah taskbar, kemudian pilih Network Settings.
  2. Cari opsi VPN dan klik Add a VPN Connection. Setelah jendela muncul, masukkan detail untuk koneksi VPN kamu.
  3. Di bagian VPN provider, pilih Windows (built-in)
  4. Di bagian VPN type, pilih Automatic
  5. Di bagian Type of sign-in info, pilih User name and password.
  6. Selanjutnya, isi Connection name dan Server name or address. Ini berbeda-beda berdasarkan penyedia VPN kamu.
  7. Scroll ke bawah, kamu akan menemukan tempat untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk VPN. Masukkan informasi yang disediakan oleh layanan VPN kamu. Setelah selesai, klik Save dan tutup Settings.
  8. Klik ikon Wi-Fi di bagina kanan bawah taskbar, dan pilih koneksi VPN yang baru dibuat. Klik Connect untuk memulainya.


tag : cara menggunakan vpn di pc, cara menggunakan vpn bawaan android, cara menggunakan vpn tanpa aplikasi, cara menggunakan vpn di jaringan wifi, cara menggunakan vpn di xiaomi, cara menggunakan vpn tomato, cara menggunakan vpn turbo, cara menggunakan vpn master