--> Skip to main content

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Cara menghilangkan bau badan secara alami - Cara untuk menghilangkan masalah bau badan menggunakan cara dan bahan alami.




Monstutor.com - Pada dasarnya bau badan yang tidak sedap ditimbulkan oleh bakteri yang terdapat pada keringat. selain itu, ada faktor lainnya yang bisa saja memicu bau badan yang semakin memburuk, misalnya: makanan, keringat yang berlebih, jarang berganti pakaian, malas mandi, dan yang lainnya.


Apapun penyebabnya, memiliki bau badan yang tidak sedap memang bukanlah sesuatu yang menyenangkan dan pastinya harus segera diatasi dengan langkah yang tepat. 

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bau badan secara alami yang dapat dicoba yaitu :



1. Rajin Mengonsumsi Buah-buahan.
Pencernaan yang buruk bisa memicu timbulnya bau badan. Hal itu dikrenakan adanya tumpukan lemak yang dapat membuat tubuh lebih banyak berkeringat. 

Cobalah konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak serat, sehingga pencernaan menjadi lancar. Jika pencernaan lancar, maka lemak berlebih di bagian tubuh tentu bisa berkurang dan sekaligus bau badan juga dapat hilang.


2. Rajin Mengonsumsi  Sayuran Hijau.
Kandungan klorofil dalam sayuran hijau bisa mengatasi bau badan dengan cara alami. Cukup konsumsi sayuran hijau secara teratur dan jadikan ini sebagai menu harian, sehingga bau badan tak sedap bisa hilang dengan cara yang alami.



3. Rajin Mengonsumsi Daun Kemangi.
Kandungan minyak atsiri di dalam daun kemangi juga dapat menghilangkan bau badan dengan cepat. Selain itu, daun kemangi juga dikenal sebagai antiseptik yang ampuh mengatasi kuman dan bakteri. 

Gunakan daun kemangi ini untuk menghilangkan bau badan secara alami dengan cara dikonsumsi langsung sebagai lalapan atau dikeringkan dan dijadikan sebagai teh kemangi yang nikmat.



4. Menggunakan Temulawak.
Zat sapomin, flavonoida dan  minyak atsiri yang terkandung dalam temulawak sangat ampuh untuk menghilangkan bau badan. Gunakan tanaman obat ini untuk mencegah bau badan dengan cara yang sebagai berikut:

  • Kupas dan parut 30 gram temulawak.
  • Campurkan dengan ½ gelas air hangat, saring dan peras
  • Tambahkan 1 sendok madu dan minum ramuan 1 kali sehari ini secara teratur dalam seminggu.
  • 6. Kenakan Pakaian yang Bisa menyerap Keringat
  • Keringat yang berlebih akan menjadi pemicu utama timbulnya bau badan, terutama di saat cuaca panas. Cobalah untuk selalu menggunakan pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik, sehingga tubuh tetap nyaman dan tidak basah karena keringat.


5. Hilangkan Bau Badan Menggunakan Jahe.
Jahe memiliki banyak kandungan baik yang bisa menghilangkan  bau badan yang tidak sedap secara alami, seperti: minyak atsiri, resin pahit, kurkumen, zingiberol, dan yang lainnya. Jahe ini bisa digunakan untuk mengatasi bau badan dengan cara dikonsumsi sebagai campuran atau bumbu makanan atau diolah menjadi minuman nikmat seperti wedang jahe dan juga teh jahe.




6. Menggunakan Jeruk Nipis.
Jeruk nipis juga bisa menghilangkan  bakteri yang menjadi penyebab bau badan. Ambil 1 buah jeruk nipis dan potong menjadi dua bagian, lalu oleskan potongan tersebut pada area tubih yang bau. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat. Jika ingin lebih mudah, air jeruk nipis ini juga bisa diperas terlebih dahulu dan diterapkan dengan menggunakan kapas.




7. Menggunakan Tawas.
Selain digunakan untuk menjernihkan air, tawas juga sering digunakan untuk mengatasi masalah bau badan secara alami, bahkan dalam berbagai merek deodorant. Kandungan aluminium chlorohydrate di dalamnya bisa mengatasi keringat dengan cepat. 

Terapkan sedikit tawas yang sudah dihaluskan menjadi bubuk ke area ketiak setiap kali habis mandi, sehingga keringat dan bau badan tak sedap bisa dihindari.


8. Menggunakan Cuka.
Cuka juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap secara alami. Cukup campurkan 1 sendok makan cuka dengan 3 sendok makan air bersih, lalu aduk hingga rata.

Terapkan cairan ini dengan menggunakan kapas pada badan yang bau, lalu diamkan hingga 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini dengan teratur, setidaknya 1 kali sehari. Hindari untuk menggosok area ketiak dengan kapas, sebab hal tersebut bisa menimbulkan iritasi.


9. Menggunakan Daun Sirih
Daun sirih juga memiliki banyak kandungan baik yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain itu, daun sirih merupakan antiseptik yang dapat menghilangkan berbagai kuman, termasuk bau badan yang disebabkan oleh bakteri. Tanaman berkhasiat ini bisa digunakan dengan cara berikut:

  • Cuci bersih 8 lembar daun sirih.
  • Rebus dengan ½ liter air dan biarkan mendidih.
  • Campurkan air rebusan daun sirih ini dengan air mandi di dalam ember / bak.
  • Gunakan air campuran ini untuk mandi dan lakukan langkah ini setidaknya 3 kali dalam sepekan.


10. Menggunakan Baking Soda
Baking soda ampuh mengatasi berbagai kotoran di area tubuh, termasuk bau badan yang mengganggu secara alami. Campuran baking soda dan jeruk nipis bisa menjadi kombinasi yang tepat untuk mengatasi bau badan ini dengan beberapa langkah mudah berikut:


  • Peras ½ bagian jeruk nipis.
  • Tambahkan 1 sendok makan baking soda dan aduk rata.
  • Terapkan pasta ini pada area ketiak dan diamkan hingga mengering.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Lakukan cara ini 1 kali sehari.
  • Tetap Jaga Kebersihan dan Pola Hidup Sehat



Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Bau Badan.


Selain menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap secara alami,  kita juga harus menjaga kebersihan tubuh dengan lebih baik lagi dan terapkan pola hidup yang lebih sehat, sehingga masalah bau badan bisa dihilangkan. Lakukan hal-hal berikut ini untuk membantu hilangkan masalah bau badan


1. Ganti Pakaian Secara Teratur.
Bau badan yang tidak sedap seringkali disebabkan oleh pakaian yang digunakan secara berulang. Sisa keringat yang menempel pada pakaian bisa saja sudah mengandung bakteri, dan ketika digunakan kembali pakaian ini justru menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Cobalah untuk mengganti pakaian secara teratur dan hindari untuk menggunakan pakaian yang sama secara berulang tanpa dicuci terlebih dahulu.


2. Hindari Konsumsi Makanan Pemicu Bau Badan.
Berbagai makanan tertentu juga bisa saja memicu timbulnya bau badan, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Ada banyak jenis makanan dan minuman yang bisa menimbulkan bau badan tidak sedap, antara lain: minuman beralkohol, daging merah, berbagai makanan cepat saji, tembakau, kafein, dan yang lainnya. Hindari untuk mengkonsumsi makanan ini dalam jumlah berlebih.



3. Mandi Teratur.
Membersihkan badan dengan baik tentu akan menjadi langkah mudah untuk mengatasi bau badan. Biasakan untuk mandi secara teratur di pagi hari dan juga sore atau malam hari, sehingga tubuh bersih dari berbagai bakteri dan kotoran lainnya. Gunakan sabun yang tepat, agar bau badan benar-benar bisa dicegah dengan baik.




4. Cuci Baju dengan Bersih.
Bukan hanya badan saja yang harus dibersihkan dengan teratur, pakaian yang digunakan juga perlu dibersihkan dengan baik. Pastikan untuk selalu mencuci pakaian dengan cara yang tepat, sehingga kuman dan kotoran bisa hilang dengan sempurna. Pakaian yang bersih seperti ini akan mengatasi bau badan yang tidak sedap.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar