--> Skip to main content

Cara Tepat Untuk Mengatasi Hipotermia

Berikut ini merupakan cara-cara yang tepat untuk mengatasi atau menangani hipotermia yang membahayakan nyawa seseorang akibat suhu dingin.



Cara Mengatasi Hipotermia - Berikut ini merupakan cara-cara yang tepat untuk mengatasi atau menangani hipotermia yang membahayakan nyawa seseorang akibat suhu dingin.

Hipotermia merupakan kondisi menurunnya temperatur tubuh secara berbahaya karena paparan dari suhu dingin.normalnya tubuh membutuhkan suhu antara 35,5 sampai 37,5 derajat celsius agar dapat bekerja dengan baik. Bila suhu tubuh berada di bawah itu, bisa mengacaukan kinerja tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Oleh sebab itu, hipotermia kerap disebut musuh terbesar para pendaki. ketika kita terpapar udara dingin, sebagian besar panas tubuh keluar dari kulit sedangkan sisanya dikeluarkan dari paru-paru. Hilangnya panas tubuh dari kulit ini biasanya terjadi melalui radiasi dan dipercepat saat kulit terpapar angin atau kondisi lembap.

Ketika paparan udara dingin ini terjadi di dalam air dingin, hilangnya panas tubuh bisa lebih cepat 25 kali dibanding saat terpapar suhu udara. Pada lokasi yang lembap atau bersalju, efek yang muncul ini jelas lebih besar dibanding terpapar angin biasa.

Pusat pengontrol suhu di otak yang bernama hipotalamus bekerja meningkatkan suhu tubuh dengan memicu proses pemanasan dan pendinginan di tubuh. Pada saat terpapar suhu dingin, merinding merupakan salah satu respons yang dilakukan tubuh untuk menciptakan panas melalui aktivitas otot.

Normalnya, aktivitas dari jantung dan hati memproduksi sebagian besar dari panas tubuh. Namun saat inti tubuh menurun, kedua organ ini memproduksi panas lebih sedikit sehingga menyebabkan terjadinya gejala menjaga panas untuk melindungi otak. Temperatur tubuh yang rendah dapat memperlambat aktivitas otak, pernapasan, dan detak jantung. Kelelahan dan perasaan bingung bisa terjadi ketika seseorang berada dalam kondisi hipotermia sehingga mereka kesulitan dalam membuat keputusan.

Pada sejumlah kasus, hipotermia bisa sangat membahayakan nyawa dan membutuhkan penanganan medis secepatnya. Namun terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan ketika kamu mengalami atau menyaksikan orang lain mengalami hipotermia.

Berikut ini merupakan cara-cara yang tepat untuk mengatasi atau menangani hipotermia yang membahayakan nyawa seseorang akibat suhu dingin, yaitu :


  • Lepas pakaian yang basah. Lepaskan semua pakaian, topi, sarung tangan, sepatu, dan kaus kaki yang basah, ganti menggunakan pakaian yang kering. Pakaian yang basah akan membuat suhu tubuh cepat menurun.
  • Gunakan Pakaian Ekstra. Gunakan pakaian ekstra yang berlapis-lapis atau bisa juga menggunakan selimut . Jika tidak ada benda lain, transfer panas tubuh dari satu orang ke orang lain juga bisa dilakukan dengan cara berpelukan
  • Berlindung Atau Pindah ke Tempat Yang Lebih Hangat. Berlindung dari angin serta gunakan pakaian hangat dan kering atau juga selimut jika memungkinkan. Apabila tidak memungkinkan segera pindah ke tempat yang lebih kering dan hangat
  • Buat Sumber Panas (Api Unggun). Apabila memungkinkan buat Api  Unggun supaya dapat menghangatkan tubuh, supaya tubuh kembali normal
  • Periksa  Temperatur Tubuh. Konsumsi minuman hangat namun jangan alkohol atau kafein karena justru mempercepat hilangnya panas tubuh
  • Jangan beri minuman secara paksa kepada orang yang tengah tak sadarkan diri
  • Segera Minta Pertolongan. Jika seseorang sudah tidak sadarkan diri, sebaiknya segera hubungi petugas kesehatan untuk mendapatkan perawatan secepatnya. Mengingat pada beberapa kasus hipotermia dapat berujung maut, perlu penganan yang cepat dan tepat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar