--> Skip to main content

Khawatir Akun Anda Disalahgunakan, Begini Cara Hapus Akun Zoom

Khawatir Akun Anda Disalahgunakan, Begini Cara Hapus Akun Zoom - Sebuah Aplikasi telekonferensi yang bernama Zoom Cloud Meetings, kini tengah menjadi sorotan. Bukan hanya karena digunakan banyak penduduk dunia yang sedang pyhsical distancing demi meminimalisasi wabah virus corona, tapi juga karena celah keamanan yang ada di dalamnya.

Pasalnya, Zoom diam-diam mengirimkan data ke Facebook tanpa sepengetahuan penggunanya. Data tetap dikirim sekalipun pengguna tidak mempunyai akun Facebook. Setelah aplikasi diunduh dan digunakan di ponsel atau tablet, aplikasi Zoom akan terhubung ke Facebook Graph API.

Selain itu, kebijakan aplikasi tidak menjelaskan soal jenis pembagian data tersebut. Perusahaan hanya mengatakan berbagi data dengan pihak ketiga tanpa menyebutkan nama Facebook secara khusus.

Ada juga istilah "Zoombombing", ini adalah serangan yang dilancarkan hacker berupa gangguan dari luar yang membajak konferensi video dengan mengirim gambar-gambar tidak senonoh atau ujaran kebencian disertai ancaman.

Dikabarkan ada ribuan video rekaman pertemuan virtual di Zoom, bocor di internet. Padahal, di dalam video tersebut, banyak informasi sensitif seperti wajah anak-anak yang sedang telekonferensi, pendapatan perusahaan, hingga konten asusila.

Di satu sisi, Pendiri dan CEO Zoom Eric Yuan mengakui aplikasi Zoom memang memiliki masalah keamanan dan privasi. Saat ini perusahaan tengah mengupayakan untuk mengatasi hal tersebut.

Yuan mengatakan perusahaan telah menghentikan proyek pengembangan fitur agar fokus untuk mengatasi masalah privasi dan keamanan. Yuan mengaku penghentian pengembangan berlangsung selama 90 hari.

Sangat disayangkan, padahal Zoom tengah naik daun. Berdasarkan data, Zoom mencatat kenaikan yang sangat signifikan dalam penggunaan aplikasi dampak dari kebijakan kerja dan belajar di rumah selama pandemi Covid-19.

Data internal mencatat pengguna Zoom telah mencapai 200 juta pada bulan Maret 2020 atau naik dari 10 juta pada bulan Desember 2019.

Untuk Anda yang khawatir data akun Zoom digunakan orang yang tak bertanggung jawab, berikut cara menghapus akun Zoom yang dapat Anda lakukan :

Cara Hapus Akun Zoom






  1. Kunjungi website zoom.us
  2. Masuk ke akun Zoom Anda.
  3. Klik menu "Admin."
  4. Lalu pilih "Account Management" dan klik "Account Profile "
  5. Pilih "Terminate My Account "
  6. Konfirmasi dengan mengklik "Yes"


Itulah cara menghapus akun zoom guna mengantisipasi penyalahgunaan oleh pihak yang tak bertanggungjawab. Mungkin setelah ada pemberitahuan terkait keamanan yang sudah diatasi oleh pihak zoom, kita dapat membuat lagi akun baru, untuk sementara lebih baik jangan dulu menggunakan zoom.


Pencarian Terkait :

  • cara hapus akun zoom
  • cara hapus akun zoom di hp


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar