--> Skip to main content

Cara Menonaktifkan Auto Download Whatsapp


Cara Menonaktifkan Auto Download Whatsapp - Selain membuat boros kuota internet, fitur auto download di Whatsapp juga tentunya akan membuat memori Ponsel Anda menjadi penuh. Berikut cara mengatur supaya Whatsapp tidak Auto download.

Cara Menonaktifkan Auto Download Whatsapp - Selain membuat boros kuota internet, fitur auto download di Whatsapp juga tentunya akan membuat memori Ponsel Anda menjadi penuh. Berikut cara mengatur supaya Whatsapp tidak Auto download.

Biasanya file yang otomatis di download di aplikasi Whatsapp adalah gambar, video, dan suara. Apabila akun whatsapp yang Anda gunakan tergabung di banyak group, otomatis data pesan multimedia yang akan masuk ke ponsel Anda juga akan banyak.

Pesan tersebut ketika terdownload di ponsel Anda, maka kuota internet Anda juga akan berkurang dan memori ponsel Anda juga menjadi penuh.

Memang untuk ukuran file gambar tidak sebesar ukuran file video, sehingga yang paling boros internet dan mebuat penuh memori ponsel adalah file video. Meskipun demikian, Apabila ada ratusan hingga ribuan file gambar yang masuk setiap hari ke nomor whatsapp Anda, maka tetap saja boros kuota data internet dan membuat penuh memori ponsel.

Supaya gambar dan video tidak otomatis terdownload oleh smartphone Anda, maka Anda bisa menonaktifkan fitur auto download di whatsapp dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi whatsapp di smartphone,
  2. selanjutnya masuk setting (pengaturan). Cara masuknya adalah silahkan sahabat klik tanda titik (.) yang berjumlah 3 di pojok kanan atas, selanjutnya silakan buka "menu setting"
  3. Selanjutnya akan muncul gambar halaman settings, kemudian pada halaman tersebut silakan sahabat pilih menu "Data and storage usage". Ada 2 pengaturan yang bisa sahabat lakukan untuk menghentikan download otomatis.
  4. Untuk menghentikan download otomatis media gambar ataupun video ketika sahabat menggunakan pulsa data, maka pada halaman Data and storage, silakan sahabat buka "Media auto-download - when using mobile data". Selanjutnya silakan hilangkan centang pada Photos, Audio, Videos dan Documents. Selanjutnya pilih "OK".
  5. Untuk menghentikan download otomatis ketika smartphone sahabat terhubung dengan wifi, maka silakan Anda pilih "Media auto download – when connected on Wi-Fi". Selanjutnya silakan sahabat centang pada Photos, Audio, Videos, dan Documents. Kemudian pilih "OK".


Apabila langkah-langkah cara menonaktifkan Fitur Auto Download Whatsapp yang sudah dijelaskan di atas sudah Anda lakukan dengan benar, maka pesan-pesan berupa gambar, video, suara, dan dokumen tidak akan terdownload otomatis. Selanjutnya, Anda bisa memilih media yang ingin didownload sesuai keinginan. Tentu saja setelah pengaturan tersebut sahabat lakukan di akun Whatsapp Anda, penggunaan pulsa internet akan lebih menjadi hemat dan memori ponsel Anda tidak akan menjadi cepat penuh.






tag : cara menghilangkan goresan pada layar hp layar sentuh, cara menghilangkan goresan di layar hp gorilla glass, cara menghilangkan goresan di layar hp xiaomi, cara menghilangkan goresan di anti gores layar hp, cara mengatasi pinggiran hp yang mengelupas, cara menghilangkan goresan di tempered glass, cara menghilangkan goresan di layar hp oppo a3s, cara membersihkan layar hp.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar