--> Skip to main content

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi - Jika bayi mengalami hidung tersumbat dapat membuat panik orang tua. Karena, bayi bakalan bisa rewel dan terus menangis dengan ketidaknyamanan yang ia rasakan. Pada waktu seperti itulah, kita diharuskan tetap tenang dan melakukan berbagai cara untuk mengatasi bayi hidung tersumbat.



Tips Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi - Jika bayi mengalami hidung tersumbat dapat membuat panik orang tua. Karena, bayi bakalan bisa rewel dan terus menangis dengan ketidaknyamanan yang ia rasakan.

Pada waktu seperti itulah, kita diharuskan tetap tenang dan melakukan berbagai cara untuk mengatasi bayi hidung tersumbat.

Hidung tersumbat dapat terjadi karena adanya penumpukan cairan hidung atau ingus di dalam hidung bayi. Hal itu terjadi karena pada saat pilek, bagian hidung, pembuluh darah, dan jaringan hidung yang berdekatan mengalami pembengkakan. Kondisi hidung seperti itulah yang akan membuat bayi sulit bernapas dan menjadi sangat rewel karena terasa tidak nyaman.

Di bawah umur 1 tahun, bayi biasanya akan lebih mudah terkena pilek atau flu. Hal itu dikarenakan sistem daya tahan bayi belum stabil, sehingga, mudah terserang virus yang menyerang tenggorokan dan hidung. Pilek ditandai dengan munculnya ingus dan hidung tersumbat.

Selain karena infeksi, paparan polusi dan asap rokok juga sering menyebabkan iritasi saluran pernapasan pada bayi dan anak-anak dengan salah satu keluhannya yaitu hidung tersumbat.

Jika bayi Anda terkena pilek, disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter anak, untuk mencegah resiko seperti pneumonia.

Selain memeriksakan bayi ke dokter, kita juga dapat melakukan beberapa cara untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan bayi ketika hidungnya tersumbat.


Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang diambil dari berbagai sumber yang bisa Anda lakukan yaitu :


1. Membuang ingus bayi.
Bayi tidak bisa membuang ingusnya sendiri. Jadi, ia akan sangat membutuhkan pertolongan kita untuk melakukannya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.


  • Siapkan wadah untuk membuang ingus bayi. Kemudian, isap ingus dari hidung bayi Anda secara perlahan menggunakan aspirator (alat isap cairan hidung) atau infant nasal bulb (sejenis pipet kecil).
  • Bisa juga menggunakan cairan saline (air garam steril yang dijual di apotik) yang dapat diteteskan ke hidung bayi Anda untuk mengencerkan dan memudahkan ingus keluar. Setelah itu, isap kembali ingus bayi dengan menggunakan alat pengisap ingus yang biasa dijual di toko perlengkapan bayi.



2. Cukupi kebutuhan cairan si bayi.
Pada saat pilek, Si Kecil akan sangat membutuhkan cairan. Jika usia Si Kecil sudah cukup untuk diberikan makanan seperti sup, berikanlah ia sup hangat untuk membuatnya merasa lebih baik. Namun jika usia Si Kecil belum cukup untuk diberikan MPASI, berikan ASI atau susu formula seperti biasa.



3. Lakukan penguapan.
Hidung tersumbat membuat Bayi kesulitan untuk bernapas. Untuk memudahkan bayi bernapas, dieperlukan udara yang lembap dan juga hangat. Kita dapat membantunya untuk menghirup uap dari air hangat. Kita juga bdapat menggunakan humidifier untuk melembapkan udara di rumah.



4. Menjaga kualitas udara.
Udara kotor seperti asap rokok dapat membuat saluran pernapasan bayi menjadi radang dan memperberat hidung tersumbat yang dialaminya. Oleh Karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kebersihan di rumah dan menjauhkan Si Kecil dari asap rokok dan udara yang berpolusi.

Pada tahun-tahun pertamanya, Si Kecil memang akan lebih sering atau lebih mudah terserang flu, tapi bukan berarti kita menganggap enteng masalah bayi hidung tersebut. Segeralah periksakan Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Selain itu kita juga tidak boleh memberikan sembarangan obat pilek kepadanya. Sebagai perawatan di rumah, lakukan beberapa cara cmengatasi hidung tersumbat pada bayi di atas guna mengurangi ketidaknyamanan yang si kecil rasakan.





*************

tag : cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir, cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari, cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan kunyit, cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi dengan bawang merah, hidung bayi tersumbat tapi tidak pilek, hidung bayi tersumbat tapi tidak ada ingus, cara mengatasi hidung tersumbat pada anak usia 2 tahun, obat hidung tersumbat pada bayi di apotik.