--> Skip to main content

Tips Cara meningkatkan Imun Tubuh Agar Tebebas Dari Virus Corona


Tips Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tetap Sehat dan Terbebas Dari Infeksi Virus Corona


Berikut ini adalah sejumlah tips yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun ini agar terhindar dari infeksi virus termasuk virus Corona.

Sampai saat ini penyebaran virus corona masih terus terjadi dan membuat kita sangat khawatir. Salah satu cara agar kita tidak terinfeksi virus corona yaitu dengan  cara meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun.

Ketika Anda bersentuhan dengan kuman yang belum pernah dikenali tubuh sebelumnya, Anda memiliki berbagai penghalang untuk mencoba menghentikannya masuk ke tubuh anda

Penghalang tersebut merupakan Sistem imun tubuh, contohnya adalah kulit, ingus, dan mikrobiome. Sementara, di bawahnya, tubuh kita dipenuhi oleh sel-sel epitel yang sangat sulit untuk dilalui oleh virus.

Sistem imun tubuh memproduksi antimikroba termasuk yang paling relevan dengan virus corona, yaitu senyawa antivirus yang cukup berlawanan. Jika patogen melewati pertahanan ini, ia harus melawan sel darah putih atau sel kekebalan tubuh.

Sel-sel tersebut akan menghadapi virus tanpa disadari. Sistem ini juga merupakan dasar dari vaksinasi. Namun demikian, sistem imun memiliki titik buta. Artinya, respons imun tidak dapat mengenali virus atau kuman tertentu.

Akan tetapi, gaya hidup yang sehat akan memastikan pertahanan tubuh dapat melawan virus-virus yang tidak dikenali tersebut. 

Berikut ini adalah sejumlah tips yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun ini agar terhindar dari infeksi virus termasuk virus Corona.


1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat.
Mikroba tidak hanya membentuk pelindung tubuh, tetapi juga program sistem imun. Hewan hasil perkembangbiakan yang tidak mempunyai mikrobioma cenderung memiliki respons imun yang berkembang dengan kurang baik.

Sementara, orang dengan usia lanjut dan memiliki penyakit yang ditandai peradangan seperti alergi, asma, atau diabetes, cenderung memiliki mikrobioma usus yang kurang bervariasi.

Oleh karena itu, pengonsumsian makanan yang bervariasi dengan serat tinggi. Sebab, semakin banyak makanan nabati yang dikonsumsi, akan semakin baik.


2. Menghindari Paparan Sinar UV.
Mikrobioma kulit juga sangat penting, tetapi sedikit yang mengetahuinya. Paparan sinar ultraviolet secara langsung dapat berdampak negatif, yaitu melemahkan fungsi perlindungan. Mencuci dengan sabun yang terlalu kuat dan menggunakan produk antibakteri juga tidak bersahabat dengan mikrobioma kulit. 


3. Rajin Berolahraga.
Agar bugar secara keseluruhan, kesehatan fisik juga patut diperhatikan. Sel darah putih dapat menjadi tidak aktif. Namun, olahraga dapat memobilisasi imun tubuh dan meningkatkan aliran darah Anda sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan pengawasan imun tubuh untuk mencari dan menghancurkan virus atau benda asing di bagian tubuh kita.


4. Jauhi  Minuman Beralkohol.
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa sistem pertahanan tubuh menjadi tidak begitu efektif pada orang yang mengonsumsi alkohol. Selain itu, pengonsumsian alkohol yang tinggi dapat menyebabkan penguranan limfosit. Jadi, saat virus menyerang, sistem imun menjadi tidak dapat menahan atau melawannya.


5. Tidur Yang Cukup.
Dengan berolahraga dan memakan  makanan yang sehat dapat membantu seseorang untuk tidur lebih baik. Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan melawan penyakit dari jenis limfosit yang disebut sebagai sel T. 


Itulah beberapa tips meningkatkan imun tubuh agar kita tetap sehat dan terbebas dari infeksi virus Corona yang dapat kita lakukan. selain menjaga tubuh agar tetap sehat,  kita juga harus menjaga lingkungan tetap bersih.