--> Skip to main content

Tips Keselamatan Berenang Untuk Anak

Tips Keselamatan Berenang Untuk Anak - Memang menyenangkan mengisi liburan dengan keluarga pergi ke kolam renang. Tapi, jangan lupa untuk memperhatikan keselamatan selama berenang. Jika tidak,mung saja terjadi insiden yang tidak diinginkan, apalagi jika kamu memilih kolam renang umum yang tentu saja dipenuhi banyak sekali orang.    Setiap kolam renang umum memiliki beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Terutama bagi yang membawa serta anak kecil untuk berenang di sana.    Tips Keselamatan Berenang Untuk Anak     1. Batasan Usia    Hal pertama yang harus diperhatikan adalah melihat usia anak yang diajak berenang. Jika usianya belum mencapai 12 tahun, harus diawasi dan ditemani orang dewasa saat berenang. Perhatikan juga mengenai tinggi badan anak. Jika dikira belum sesuai untuk berenang di kedalaman tertentu, sebaiknya didampingi.    2. Memilih kedalaman Kolam Renang    Tiap kolam renang memiliki kedalaman yang bervariasi, mulai dari 0,5 meter hingga 3 meter. Sangat dianjurkan memilih kolam renang yang memiliki kolam anak dengan kedalaman nggak sampai 0,5 meter. Jika sudah bisa, kamu bisa mencoba mereka berenang di kolam yang lebih dalam secara bertahap.    3. Memakai Pakaian Renang    Kolam renang bukanlah kolam untuk mandi atau berendam. Sehingga, dibutuhkan pakaian renang agar gerakan di dalam air tidak terhambat. Untuk anak laki-laki, dapat memakai celana renang pendek dengan pengikat yang pas. Sedangkan untuk anak perempuan, diusahakan menggunakan baju renang yang ketat dan ringan.    4. Jangan Makan Di Kolam Renang    Sering kali orang tua memaksakan anak makan saat tengah berenang. Hal itu justru akan mengganggu pencernaan si anak sewaktu melakukan aktivitas berenang. Hal itu dapat beresiko anak tersedak atau bahkan muntah. Jadi, pastikan anak  makan sebelum berangkat ke kolam renang. Maksimal 30 menit agar makanan dapat dicerna secara sempurna.    5. Fitur Keselamatan (Pelampung)    Fungsinya keselamatan pelampung jangan dianggap remeh. Apalagi jika  membawa anak kecil yang tengah belajar berenang. Pastikan membawa pelampung dari rumah dengan model ban ataupun yang direkatkan di kedua lengan. Jika tidak punya, bisa menyewa dari pengelola kolam renang.


Tips Keselamatan Berenang Untuk Anak - Memang menyenangkan mengisi liburan dengan keluarga pergi ke kolam renang. Tapi, jangan lupa untuk memperhatikan keselamatan keluarga terutama anak-anak selama berenang. Jika tidak,mungkin saja dapat terjadi insiden yang tidak diinginkan, apalagi jika kamu memilih kolam renang umum yang tentu saja dipenuhi banyak sekali orang.



Tips Keselamatan Berenang Untuk Anak

Setiap kolam renang umum memiliki beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Terutama bagi yang membawa serta anak kecil untuk berenang di sana. jadi perhatikan yang berikut ini utuk keselamatan keluarga terutama anak-anak saat berenang di kolam renang umum.


1. Batasan Usia

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah melihat usia anak yang diajak berenang. Jika usianya belum mencapai 12 tahun, harus diawasi dan ditemani orang dewasa saat berenang. Perhatikan juga mengenai tinggi badan anak. Jika dikira belum sesuai untuk berenang di kedalaman tertentu, sebaiknya didampingi.



2. Memilih kedalaman Kolam Renang

Tiap kolam renang memiliki kedalaman yang bervariasi, mulai dari 0,5 meter hingga 3 meter. Sangat dianjurkan memilih kolam renang yang memiliki kolam anak dengan kedalaman nggak sampai 0,5 meter. Jika sudah bisa, kamu bisa mencoba mereka berenang di kolam yang lebih dalam secara bertahap.



3. Memakai Pakaian Renang

Kolam renang bukanlah kolam untuk mandi atau berendam. Sehingga, dibutuhkan pakaian renang agar gerakan di dalam air tidak terhambat. Untuk anak laki-laki, dapat memakai celana renang pendek dengan pengikat yang pas. Sedangkan untuk anak perempuan, diusahakan menggunakan baju renang yang ketat dan ringan.



4. Jangan Makan Di Kolam Renang

Sering kali orang tua memaksakan anak makan saat tengah berenang. Hal itu justru akan mengganggu pencernaan si anak sewaktu melakukan aktivitas berenang. Hal itu dapat beresiko anak tersedak atau bahkan muntah. Jadi, pastikan anak  makan sebelum berangkat ke kolam renang. Maksimal 30 menit agar makanan dapat dicerna secara sempurna.



5. Fitur Keselamatan (Pelampung)

Fungsinya keselamatan pelampung jangan dianggap remeh. Apalagi jika  membawa anak kecil yang tengah belajar berenang. Pastikan membawa pelampung dari rumah dengan model ban ataupun yang direkatkan di kedua lengan. Jika tidak punya, bisa menyewa dari pengelola kolam renang.



Itulah hal-hal yang harus diperhatikan para orang tua saat membawa anak-anak ke kolam renang agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar