--> Skip to main content

Cara Alami Mengusir Lalat Dari Rumah

Cara Mengusir Lalat Dari Rumah Secara Alami Tanpa Menggunakan Produk Berbahan Kimia.


Cara Alami Mengusir Lalat Dari Rumah


Monstutor.com - Lalat yang datang ke rumah dapat membawa kuman dan bakteri. Oleh karena itu banyak orang mencari cara untuk usir lalat yang datang ke rumah supaya terhindar dari penyakit.

Lalat biasanya hinggap di area dapur dimana banyak hal yang dapat memancing kehadiran serangga kecil ini. Biasanya lalat suka hinggap pada makanan yang tidak tertutup dengan rapi.

Lalat yang datang kerumah bisa membawa kuman dan bakteri seperti salmonella, e-coli dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit maag serta sepsis atau keracunan pada darah. Lalat dapat memindahkan bakteri pada tubuhnya tersebut dengan cepat ke dalam makanan yang di hinggapinya.


Cara Mengusir Lalat Secara Alami.


Keberadaan lalat dianggap sangat mengganggu karena berisiko menyebarkan penyakit. Banyak orang yang berusaha membasmi dan mengusir binatang kecil tersebut. Beberapa cara dilakukan salahsatunya menggunakan semprotan anti serangga yang berbahan kimia.

Namun penggunaan semprotan anti serangga berbahan kimia tentunya tidak baik untuk kesehatan kita. Lebih baik mengunakan cara alami untuk mengusir lalat.

 Beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk mengusir lalat secara alami di rumah yaitu :


1.  Menggunakan Garam.
Garam dapat digunakan untuk mengusir lalat yang selalu mengotori rumah. Caranya dengan menaburkan garam di sekitar area yang sering dihinggapi oleh lalat. Agar lebih efektif,campurkan garam dengan kunyit bubuk untuk mengusir lalat.


2. Menggunakan Lilin Aroma Sereh.
Tanaman sereh memiliki aroma khas yang tajam. Aroma sereh yang khas terkenal ampuh dapat mengusir lalat. Cara mendapatkan aroma sereh dengan mudah yaitu dengan menggunakan lilin aromaterapi beraroma sereh. Lilin yang telah dibakar dapat diletakkan di beberapa sudut rumah yang kerap dihinggapi lalat.


3. Menggunakan Kemangi.
Pada dasarnya, lalat tidak menyukai tumbuhan dengan aroma yang tajam. Salah satu tanaman yang berbau tajam adalah kemangi. Cara menggunakan kemangi untuk mengusir lalat yaitu dengan meletakan daun kemangi di area yang sering didatangi oleh lalat. Cara tersebut mampu mengurangi hingga mengusir populasi lalat di rumah.


4. Menggunakan Jeruk dan cengkih.
Irisan jeruk dan cengkih dapat digunakan untuk mengusir lalat di rumah. Hal ini dikarenakan lalat tak menyukai aroma yang wangi. Caranya dengan meletakkan cengkih kering di atas irisan jeruk lemon pada kerumunan lalat. Perpaduan aroma irisan jeruk dan cengkih dapat segera mengusir lalat dari rumah.


5. Menggunakan Minyak Esensial.
Minyak esensial dipercaya dapat mengusir lalat dari rumah. Minyak esensial yang berasal dari bahan alami seperti daun serai, minyak peppermint, minyak lavender dapat digunakan untuk menggantikan semprotan berbahan kimia.

Menggunakan minyak esensial berbahan daun serai cukup dengan menyemprotkan pada pintu, jendela dan area yang sering didatangi lalat. Untuk penggunaan minyak peppermint hanya dengan mengoleskan minyak peppermint pada bola kapas dan meletakkannya di area yang sering didatangi lalat.

Sedangkan penggunaan minyak lavender yaitu mencampurkan minyak tersebut dengan beberapa tetes minyak bunga matahari ke dalam botol. Semprotkan di area yang terkena infeksi atau tempat yang tak ingin didatangi lalat.


6. Menggunakan Daun Pandan.
Salah satu tumbuhan yang tak disukai lalat yaitu pandan. Daun pandan memiliki aroma wangi yang tak disukai oleh lalat. Tak hanya mengusir lalat, pandan pun terbukti ampuh dapat mengusir kecoa dari rumah.

Cara mengusir lalat dengan daun pandan yaitu dengan memotong daun pandan dan simpan dalam sebuah wadah. Kemudian letakkan wadah berisi potongan daun pandan tersebut di tempat-tempat yang sering didatangi oleh lalat.


7. Menggunakan Timun.
Timun dapat digunakan untuk mengusir lalat. Lalat ternyata tak menyukai mentimun. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan menempatkan irisan timun di tempat yang sering didatangi lalat.


8. Menggunakan Kantong Plastik Berisi Air.
Selain menggunakan bahan alami Anda juga dapat mengusir lalat dengan kantong plastik berisi air. Lalat memiliki 3000-6000 mata pada setiap bulatan matanya. Hal tersebut memungkinkan mereka untuk mendeteksi gerakan cahaya. Dengan menggantung kantong air berisi plastik, lalat pun akan menjadi bingung karena kantong akan memantulkan cahaya di seluruh tempat. Letakkan gantungan plastik berisi air di ruangan yang memiliki cahaya terang.



Itulah beberapa cara mengusir lalat secara alami yang dapat Anda coba lakukan di rumah. Dengan menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga rumah dari serbuan lalat tentunya akan membuat keluarga kita terhindar dari penyakit yang disebarkan oleh lalat. Selamat mencoba.


    tag: cara mengusir lalat dengan garam, cara mengusir lalat dengan daun pandan, cara mengusir lalat di rumah makan, video cara mengusir lalat, cara mengusir lalat di siang hari, cara mengusir lalat di warung, cara mengusir lalat dengan bawang putih, cara mengusir lalat di halaman rumah.
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar