--> Skip to main content

Cara Ampuh Membersihkan Keramik Kusam



Cara Ampuh Membersihkan Keramik Kusam




















Cara Ampuh Membersihkan Keramik Kusam - Selain faktor usia, keramik kusam juga bisa disebabkan oleh kotoran yang mengendap. Tapi tenang berikut ini ada beberapa cara membersihkan keramik kusam yang bisa Anda terapkan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Cara ini pun mudah dan praktis. Mau tahu bahan apa saja yang bisa dipakai untuk kembali membuat keramik menjadi mengkilap?


Cara Membersihkan Keramik Kusam Akibat Kotoran.



Berikut cara membersihkan keramik kusam menjadi mengkilap kembali yaitu :


1. Menggunakan Cuka.
Cuka bisa membuat keramik yang kusam menjadi bersih dan mengkilap kembali seperti baru. Cara menggunakannya pun mudah, hanya dengan menuangkan cuka secukupnya di atas keramik yang kusam. Diamkan selama 15 menit, lalu gunakan kain kering untuk menggosok keramik tersebut. Setelah selesai, lanjutkan dengan membersihkan keramik menggunakan cairan pembersih lantai atau sabun cair pencuci piring untuk menghilangkan aroma cuka yang cukup kuat.

2. Menggunakan Tepung Terigu.
Kemungkinan besar keramik Anda kusam disebabkan oleh noda minyak. Cara membersihkan keramik yang kusam akibat noda minyak adalah dengan menggunakan tepung terigu.

caranya taburkan tepung terigu di keramik yang kusan akibat minyak dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, bersihkan sisa terigu dan noda minyak dengan kain lap. Untuk lantai, Anda bisa mengepelnya menggunakan larutan air dan campuran pembersih. Sementara keramik dinding bisa dibersihkan menggunakan spons cuci piring yang dicelupkan di larutan sabun cair.

3. Menggunakan Kaporit.
Selain digunakan untuk menjernihkan air,ternyata kaporit juga bisa digunakan untuk membersihkan keramik yang terlihat kusam. Caranya cukup dengan menaburkan kaporit di atas keramik dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas keramik dengan air bersih. Untuk menghilangkan noda yang melekat, gosok keramik menggunakan sikat sambil dibilas dengan air bersih.

4. Menggunakan Baking Soda.
SodaBaking soda sangat ampuh untuk membersihkan kotoran termasuk menghilangkan noda pada keramik. Caranya campurkan baking soda dengan pasta gigi putih untuk membuat keramik kusam terlihat mengkilap kembali. Gunakan kain basah untuk mengelap permukaan keramik menggunakan campuran baking soda dan pasta gigi. Kemudian bilas keramik agar terlihat bersih kembali.

5. Menggunakan Belimbing Wuluh.
Belimbing wuluh merupakan salah satu bahan masakan yang biasa digunakan sebagai penyedap makanan. Ternyata, buah dengan rasa yang asam ini mengandung zat asam alami yang dapat melunturkan noda kusam pada keramik lho. Terlebih lagi, zat asam yang terkandung di dalam belimbing wuluh ini tidak akan merusak bahan keramik.

Untuk membuat keramik kinclong kembali, gosokkan saja belimbing wuluh yang sudah dikupas pada permukaan keramik. Diamkan selama 10 menit dan bersihkan dengan kain lap bersih yang sudah dibasahi dengan air. Belimbing wuluh memang tidak bisa menghilangkan kusam secepat Anda menggunakan karbol wangi. Namun jika digunakan setiap hari, lama kelamaan keramik akan terlihat mengkilap seperti baru.

6. Menggunakan Sitrun.
Kandungan asam sitrat di dalam sitrun bermanfaat untuk menghilangkan noda kusam pada keramik lantai ataupun dinding. Untuk membersihkan keramik yang kusam, buatlah pasta kental dari larutan air dan sitrun. Oleskan pasta tersebut ke seluruh bagian keramik dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas keramik dengan air bersih dan keringkan menggunakan lap kering. Cara ini dijamin ampuh untuk mengurangi dan menghilangkan noda kusam yang melekat pada keramik.

7. Menggunakan Karbol.
Karbol merupakan cairan pembersih keramik khusus yang dijual di pasaran. Cairan ini mengandung zat kimia yang cukup keras sehingga dapat melunturkan noda kusam yang menempel pada keramik. Saat mengaplikasikan karbol pada keramik, sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan agar kulit tidak bersentuhan langsung dengan cairan karbol.



Itulah cara-cara menghilang noda pada keramik agar keramik yang kusam menjadi mengkilap kembali. Tak harus mengganti keramik dengan yang baru, cara membersihkan keramik kusam menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan tadi juga bisa Anda coba

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar