--> Skip to main content

Cara Bermain dan Strategi Dalam Pemainan Halma

Cara untuk bermain Halma dan juga strategi untuk menjadi pemenang dalam pemainan Halma.




Monstutor.com - Dalam bahasa Yunani Halma diartikan sebagai “loncat” dan dimainkan menggunakan papan yang terdiri dari sejumlah kotak.

Halma sering juga disebut  Chinese Checkers. Pemainan Halma merupakan permainan klasik diperkirakan berasal dari Amerika Serikat yang mulai dimainkan sekitar tahun 1800an.


Cara Bermain Halma



Untuk bermain Halma dibutuhkan papan permainan sebagai medianya. Bentuk papan atau papan tersebut harus bergambar bintang dengan 6 sudut. Setiap titik terlihat seperti segitiga yang memiliki 10 lubang dengan masing-masing sisi terdiri dari 4 lubang. Bagian dalam selain bentuk segitiga adalah heksagon atau segi enam yang masing-masing sisinya terdiri dari 5 lubang.

Masing-masing segitiga yang mengelilingi segi enam haruslah memiliki warna yang berbeda. Karena ada 6 segitiga, maka harus ada 6 warna yang berbeda. Warna tersebut haruslah berupa pasak atau yang ditempatkan pada lubang-lubang tersebut. Jadi, satu set halma berupa satu papan dan 60 pasak dengan 6 warna berbeda.

Halma bisa dimainkan oleh 2 hingga 6 orang pemain. Jika oleh enam orang, tentu saja satu orang mendapatkan satu warna pasak yang terdiri dari 10 buah. Jika dimainkan oleh 4 orang, maka akan dibagi menjadi dua grup dengan masing-masing memegang 3 segitiga. Permainan 3 orang, maka setiap orang memegang 2 warna pasak.

Setiap pemain akan memilih warna pasak apa yang akan dipegang. Pasak tersebut diletakkan pada lubang-lubang sesuai warnanya. Namun ada juga variasi peraturan di mana pasak tidak perlu dipasang di papan halma, meski sebagian orang menganggap bahwa pasak tak yang tak dipasang maka akan dianggap tidak masuk ke dalam permainan.

Sesuai perkembangan jaman, untuk bermain Halma sudah tidak perlu membuat atau membeli perlengkapan untuk bermain permainan tersebut. Karena sekarang banyak di Internet aplikasi atau website yang menyediakan game Halma secara online atau juga offline agar Anda dapat menikamti keseruan bermain Halma.


Halma atau chinesse checker online



Cara dari permainan Halma ialah di mana seorang pemain dapat memindahkan sepuluh pasaknya dari posisi segitiganya menuju ke segitiga sang lawan. Pemain yang dapat melakukannya terlebih dulu, maka ia keluar sebagai pemenang dari permainan ini. Selebihnya, maka pemain lain sudah dianggap kalah.

Untuk menentukan siapa yang berhak jalan terlebih dahulu, kelompok atau semua pemain boleh melakukan kesepakatan melalui gunting batu kertas atau tepuk koin. Pemain yang melakukan permainan terlebih dahulu, maka akan meletakkan pasaknya di bagian segitiga. Pemain berhak memposisikannya di mana saja, termasuk dekat dengan lubang pada bentuk heksagon.

Saat satu lompatan telah dilakukan, maka masing-masing lompatan harus melewati pasak yang berdekatan untuk diletakkan pada lubang di seberangnya. Masing-masing lompatan bisa melalui pasak berwarna apapun termasuk warna pemain sendiri. Perpindahan juga bisa dilakukan untuk 6 arah yang berbeda.

Setelah lompatan, pemain bisa untuk berhenti atau bahkan melanjutkan lompatannya. Terkadang, peemain bisa melakukan pemindahan pasak dari segitiga awal dan melewati lubang heksagon hingga segitiga di seberangnya dalam sekali giliran. Sekali pasak sudah mencapai segitiga di seberangnya, pasak tidak dapat keluar kembali dari segitiga.


Strategi Bermain Halma


Strategi untuk memenangkan permainan ini adalah menempati semua pasak di segitiga milik lawan. Jika melakukan sekali lompatan saja untuk mencapai segitiga lawan menjadi tidak seru. Jadi sebaiknya, akali permainan halma dengan cara memblokir jalannya lompatan pasak dari lawan main anda.

Anda sebaiknya menjaga posisi pasang di tengah-tengah papan permainan. Jika pasak berada di pinggir, maka lawan akan mudah untuk menyerang dan mendapatkan posisi segitiga milik anda. Jika ini terjadi, maka tentunya anda hanya akan membuang waktu sementara lawan akan mudah untuk menang.

Strategi kedua yang bisa digunakan dalam permainan adalah dengan membangun “jembatan” antara dua sudut termasuk pasak yang diainkan. Setelah itu, anda bisa memnindahkan pasak secepat mungkin dengan cara melompat beberapa kali. Lakukan lompatan sebanyak mungkin dan jangan biarkan lawan anda melakukan hal yang sama dengan pasaknya.

Strategi yang ketiga adalah jika anda bermain dengan grup, maka sebaiknya anda bekerja sama dengan grup anda. Bantu pasak satu sama lain untuk menghadang pihak lawan dalam mencapai segitiga milik anda. Menghalangi lawan bisa menyulitkan pasak mereka untuk berpindah, terutama melakukan lompatan.