--> Skip to main content

Cara Membersihkan Setrika Gosong



Cara Membersihkan Setrika Gosong

Cara Membersihkan Setrika Gosong Menyetrika pakaian seringkali dianggap pekerjaan enteng, sehingga kadang membuat kita lalai dalam menyetrika yang menyebabkan pakaian menjadi bolong. Selain membuat pakaian bolong tentu saja membuat setrikaan menjadi gosong dan menjadi berkerak.

Jika setrikaan  sudah gosong dan berkerak tentunya akan menjadi masalah jika digunakan terutama untuk menggosok pakaian berwarna putih atau cerah.


Lalu, bagaimana cara menghilangkan kerak pada setrikaan yang gosong ?


Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa cara untuk membersihkan setrika yang gosong dan membuatnya kembali mengkilap seperti baru, caranya adalah :


1. Menggunakan Garam.
Selain sebagai bumbu, garam juga berguna untuk menghilangkan kerak yang gosong pada setrika. Caranya  sangat mudah. langkah pertama adalah Anda taburkan garam pada kertas atau koran. Selanjutnya Anda panaskan setrikaaan  hingga mencapai suhu maksimum. Setelah itu, gosokan setrika pada garam yang sudah ditaburkan di atas kertas atau koran tadi sampai noda kerak pada setrikaan itu hilang.


2. Menggunakan Lilin.
Dengan menggunakan lilin juga cukup ampuh untuk menghilangkan kerak yang melekat  pada setrika gosong. Caranya, nyalakan setrika dengan suhu maksimal, bila sudah cukup panas gosokan atau oleskan lilin sampai lilin menjadi meleleh. Setelah itu, lap permukaan setrika yang terkena lilin pada kain yang telah disiapkan. Lakukan berulang – ulang hingga kerak pada setrika menjadi bersih dan tidak lengket lagi.


3. Menggunakan  Daun Pisang.
Jika di sekitar rumah ada banyak pohon  pisang, Anda bisa menghilangkan kerak pada setrika gosong dengan memanfaatkan daun pisang. Daun pisang mengandung minyak alami yang dapat membantu melepaskan kerak dan gosong pada permukaan setrika. Caranya panaskan setrika  kemudian gosok-gosokkan kepermukaan daun pisang maka lapisan kerak akan lepas dengan sendirinya.



Baca juga : Cara Membersihkan Jamur Kaca Mobil.



4. Menggunakan  Pasta Gigi.
Cara selanjutnya yang dapat Anda coba untuk menghilangkan kerak pada setrika gosong adalah dengan menggunakan pasta gigi. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit odol atau pasta gigi pada bagian setrika yang berkerak kemudian lap dengan kain bersih. Nyalakan setrika selama 5 menit, biarkan setrika dalam keadaan tegak berdiri. Saat setrika mulai panas, gosokkan setrika pada kain bersih untuk membersihkan sisa-sisa pasta gigi yang tadi dioleskan. Kerak gosong pun akan terlepas dan setrika tampak baru lagi.



5. Menggunakan Baking Soda.
Baking soda atau soda bikarbonat yang biasa kita gunakan untuk membuat kue dikenal sebagai zat pembersih yang efektif, tak terkecuali untuk membersihkan noda gosong pada setrikaan. Caranya campurkan sedikit air pada bubuk soda kue sampai menjadi pasta. Kemudian gosokkan pada permukaan besi yang hangus atau hitam. Biarkan sejenak untuk bereaksi. Kemudian, ambil lap dan gosok dengan lembut. Semua noda gosong pada setrika akan hilang.


6. Menggunakan Magic Sponge.
Jika Anda selalu berbelanja di toko perabotan, Anda harus sadar bahwa ada penjualan spons ajaib . Ini berguna karena dapat membersihkan segala macam efek kotoran termasuk efek arang pada setrika. Cara membersihkan setrika untuk spons ini mudah. Sebarkan spons terlebih dahulu, lalu gosokkan sisi dengan efek kehitaman. Memang memerlukan sedikit waktu , tetapi hasilnya sangat memuaskan.




7. Menggunakan Cuka.
Untuk membersihkan bagian yang gosong selanjutnya, Anda dapat juga menggunakan cuka masak. Agar lebih efektif Anda bisa mencampurnya dengan backing powder. Caranya, oleskan pada permukaan yang gosong atau berkerak, dan diamkan beberapa saat lalu lap dengan air bersih sampai kerak dan gosong mengelupas dari permukaan setrika.


Baca juga : Cara Membersihkan Teflon Gosong.


8. Menggunakan Kain Basah.
Bila kotoran pada lapisan setrika tidak terlalu bandel, cukup menggunakan kain basah saja. Cuci bersih kain, lalu peras hingga sedikit lembab dan jangan terlalu kering. Lap bagian lapisan bawahnya sampai bersih.

Lakukan ini ketika setrika dalam keadaan dingin. Lakukan pembersihan ini dengan telaten seperti halnya cara menjaga kebersihan rumah. Sehingga tak hanya rumah yang nampak bersih, barang – barang pun termasuk setrika juga bersih.



9. Menggunakan Amplas.
Cara lain terakhir untuk membersihkan noda gosong pada setrika adalah menggunakan amplas. Amplas bisa Anda gunakan ketika kotoran sudah sangat membandel sekali dan berkerak. Pilihlah jenis amplas yang paling halus teksturnya. Gosokkan dengan lembut pada bagian kotoran yang berkerak dan sulit dihilangkan.





Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan setrikaan yang gosong. Selamat mencoba..! (rdzt)






    Tag : cara membersihkan setrika gosong dengan odol, cara membersihkan setrika gosong dengan garam, cara membersihkan setrika gosong dengan lilin, cara menghilangkan bekas setrika di karpet, cara agar setrika baru tidak lengket, hilangkan gosong pada setrika, cara agar setrika tidak lengket di baju, cara menghilangkan gosong pada baju karena setrika


    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar