--> Skip to main content

Cara Mengatasi Kaki Terasa Pegal

Cara Mengatasi Kaki Pegal - Setelah melakukan aktivitas seharian sering membuat kaki menjadi pegal, berikut cara mengatasinya dijamin rasa pegal hilang.


Cara Mengatasi Kaki Pegal

Monstutor.com - Setelah melakukan berbagai aktivitas berat atau berjalan jauh, bahkan sehabis berolarhraga pun dapat membuat kaki kita terasa pegal.

Selain itu, penggunaan sepatu yang salah atau terlalu lama mengunakan sepatu berhak tinggi khususnya kaum wanita dapat juga menimbulkan rasa pegal pada kaki.

Dengan kondisi kaki yang pegal tentunya membuat Anda tidak nyaman. Untuk itu Anda harus segera mencari cara untuk mengobati kaki pegal Anda .


Cara Mengobati Kaki Pegal Secara Alami.



Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki pegal-pegal, salah satunya meminum obat perseda sakit. Obat tersebut mudah ditemukan di warung-warung atau juga apotek. Namun, penggunaan obat kimia yang terlalu sering tidak bagus untuk kesehatan.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara alami menghilangkan rasa pegal pada kaki Anda tanpa harus meminum obat, caranya adalah :


1. Regangkan kaki.
Jika kaki terasa pegal, coba lakukan peregangan dengan cara meluruskan kaki ke depan. Biarkan otot dan urat kaki tertarik dengan sendirinya. Agar betis tidak terasa sakit saat bersentuhan ke lantai, gunakan bantal sebagai alas.


2. Rendam kaki menggunakan air hangat.
Air hangat dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga rasa pegal di bagian kaki dan tumit bisa hilang dalam beberapa menit saja. Caranya ambil baskom, lalu isi dengan air hangat. Tambahkan 1-2 sendok garam dapur ke dalam air hangat, lalu campurkan hingga merata. Masukkan kaki ke dalam baskom, dan tunggu sampai beberapa menit. Kalau mau, Anda bisa memijat kaki secara perlahan agar rasa nyeri semakin cepat hilang.


3. Kompres  kaki yang pegal menggunakan es batu.
Es batu berkhasiat untuk menghilangkan kaki yang terasa pegal. Caranya yaitu dengan mengompres es batu pada kaki yang pegal hingga ke bagian tumit. Bungkus es batu dengan kain atau kantong plastik, lalu kompreskan pada kaki. Jika Anda tahan terhadap sensasi dingin es batu, Anda bisa langsung mengompres kaki tanpa harus membalutnya dengan kain.


4. Oleskan bawang putih pada kaki yang pegal.
Kandungan zat anti peradangan yang terdapat pada bawang putih juga ampuh untuk meredakan pegal-pegal. Tidak hanya pada kaki saja, tapi juga pada anggota tubuh yang lain. Caranya yaitu ambil 1-3 siung bawang putih, lalu hancurkan sampai halus. Oleskan bawang putih ke kaki yang pegal. Tunggu hingga beberapa menit sampai rasa pegal terasa mendingan daripada sebelumnya.


5. Angkat kaki sambil tiduran.
Jika rasa nyeri masih belum hilang juga, sebaiknya posisikan kaki lebih tinggi daripada kaki yang lain. Tidurlah dengan posisi telentang, lalu angkat satu kaki, sementara kaki yang lainnya dibiarkan ditekuk. Cara ini bisa Anda lakukan sebelum tidur, sehingga rasa pegal dapat hilang pada keesokan harinya. Mengangkat kaki dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga darah yang menumpuk pada satu otot kaki dapat mengalir sempurna ke otot kaki yang lain.


6. Olesi Balsem
Jika Anda mempunyai balsem atau obat pereda nyeri lainnya, coba oleskan ke bagian kaki yang terasa pegal. Sensasi panas yang terdapat pada balsem mampu meredakan rasa nyeri dalam sekejap.

Oleskan dalam jumlah yang cukup, sembari melakukan pijatan kecil pada kaki. Hindari pengolesan dalam jumlah berlebih agar kaki tidak terasa seperti terbakar karena efek panas dari obat pereda nyeri.


7. Perbanyak mengonsumsi  cairan dan makanan bergizi.
Untuk meminimalisir kambuhnya rasa pegal, Anda bisa mengantisipasinya dengan cara mengonsumsi banyak cairan. Tidak hanya minum air putih atau jamu saja, tapi juga makanan yang mengandung cairan, seperti buah pir, semangka, dan nanas.

Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada makanan mampu melengkapi kebutuhan gizi di dalam tubuh juga. Jadi, sangat dianjurkan untuk memperhatikan asupan gizi dan menerapkan pola makan sehat.



Cara Mencegah Kaki Pegal


Untuk mencegah kaki merasa pegal-pegal yaitu jika Anda sering berolahraga di pagi ataupun sore hari, cobalah untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Olahraga pemanasan dapat membantu meregangkan otot dan sendi tubuh untuk mengurangi risiko terjadinya kaki pegal.

Ada banyak olahraga pemanasan yang bisa dipilih, seperti senam, lari, atau sekedar menggerakkan leher, kaki, dan tangan. Lakukan pemanasan selama 10-15 menit sebelum melakukan olahraga berat, terutama angkat beban.

Khusus untuk wanita yang sering menggunakan high heels saat bepergian, sisakan waktu untuk beristirahat setelah 30 menit berjalan mengelilingi mall atau supermarket. Carilah tempat duduk agar Anda bisa meregangkan kaki untuk sementara waktu.

Hindari pemakaian high heels mempengaruhi otot kaki. Jika sering menggunakan high heels, sebaiknya lakukan pemijatan secara teratur agar sirkulasi darah pada otot kaki tetap lancar.