--> Skip to main content

Cara Menggunakan Rumput Teki Untuk Obat Demam

Cara menggunakan rumput teki untuk obat demam - Cara memanfaatkan rumput Teki untuk obat demam.


Cara Menggunakan Rumput Teki Untuk Obat Demam





Monstutor.com - Ternyata, rumput teki yang tumbuh liar mempunyai beragam khasiat. Bagian umbi pada rumput teki merupakan salah satu bagian yang kaya manfaat, sebab dalam umbi rumput teki terkandung zat yang baik yang dapat digunakan sebagai obat herbal. Salah satu khasiatnya adalah untuk dijadikan obat menurunkan demam.


Berbeda dengan rumput jenis lainnya, rumput teki tumbuh dengan ukuran lebih tinggi yang biasanya mencapai 10-100cm, daunnya berjumlah 4 hingga 10 helai, bunganya berwarna coklat kemerahan, dan umbinya memiliki bentuk dan ukuran yang mirip dengan kencur. 

Karena termasuk tanaman gulma yang kuat dan tahan dengan berbagai kondisi, rumput teki ini memang sulit dibasmi. Bahkan, Anda bisa dengan mudah menemukannya di sekitar rumah.

Rumput teki berkembang biak secara vegetatif menggunakan stolon atau disebut juga dengan geragih. Stolon atau geragih adalah perpanjangan dari batang utama yang tumbuh menyamping dan di ruas-ruasnya akan tumbuh bakal tumbuhan baru. Bentuk stolon berbuku-buku dan beruas-ruas. Di ruas inilah akan muncul tunas baru yang dapat menjadi individu baru.

Setelah dewasa, tumbuhan ini akan tumbuh memanjang dan kemudian menjauhi induknya lalu membengkok ke atas dan membentuk tumbuhan baru. Biasanya Stolon sendiri dapat berada sekitar 1 meter di bawah permukaan tanah. Hal inilah yang menyebabkan rumput teki sangat susah untuk dibasmi secara total.


Cara Memanfaatkan Rumput Teki untuk Obat Demam.



Mungkin Rasanya sedikit pahit, namun aromanya sangat wangi. Tak hanya umbinya, bagian akar, daun, dan batang rumput teki juga sangat berkhasiat. 

Umbi rumput teki memang menyimpan banyak manfaat, salah satunya meredakan demam. Hal ini karena umbi rumput teki mampu merangsang keluarnya keringat dalam tubuh sehingga membantu menormalkan kembali suhu tubuh saat demam. Caranya cukup mudah yaitu :

  • Sediakan rumput teki secukupnya.
  • Kemudian haluskan bagian umbi rumput teki
  • Selanjutnya campurkan dengan sedikit air
  • Lalu bungkus dengan kain tipis
  • Dan terakhir kompreskan pada bagian ketiak atau lipatan lainnya.

Selain dengan cara dikompreskan, bisa juga dengan cara merebus bagian umbi rumput teki yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, kemudian diminum air rebusan rumpu teki tersebut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar