--> Skip to main content

Cara Mengusir dan Mencegah Kelabang Agar Tak Masuk Rumah

Cara mengusir Kelabang atau Lipan - Cara mencegah Lipan Atau Kelabang masuk ke dalam rumah - Cara Mengusir Kelabang Agar Tak Masuk Rumah




Monstutor.com - Kelabang atau Lipan (Chilopoda) merupakan hewan berbisa yang tak bertulang belakang. Hewan ini termasuk dalam filum Arthropoda, subfilum Myriapoda dan terdiri dari berbagai jenis. Kelabang termasuk hewan pemangsa, makanannya adalah cacing dan serangga. Bentuk tubuhnya pipih, jumlah segmen bisa mencapai 177, setiap segmen mempunyai sepasang kaki, kecuali pada satu segmen di belakang kepala dan dua segmen terakhir.

Pada bagian kepala terdapat sepasang mata. Masing-masing mata mengalami modifikasi menjadi cakar yang beracun. Lipan atau kelabang bila bertemu mangsanya akan menyerang mangsanya dengan cara menggigit menggunakan kaki beracun yang berguna untuk melumpuhkan mangsa.

Mereka membunuh mangsa mereka dengan cakar racun dan kemudian mengunyahnya dengan rahang bawahnya. Kelabang terbesar di dunia dengan spesies Scolopendra gigantea hampir 30 cm panjanganya. 

Kelabang yang biasanya hidup dan masuk ke rumah yaitu kelabang spesies Scutigera yang memiliki 15 pasang kaki, jauh lebih kecil dan sering terlihat di kamar mandi dan bawah tanah yang lembap. 

Sebagian besar spesies kelabang tidak berbahaya Bagi manusia, meski banyak kelabang tropis berbahaya. Ada sekitar 3.000 spesies kelabang di seluruh dunia. Contoh dari spesies ini scolopendra gipas (kelabang atau lipan), lithobius forficatus (kelabang racun yang berbahaya.

Kelabang dapat mudah ditemukan di bawah daun-daun mati dan batu, gua, hutan dan bahkan juga sering masuk ke dalam rumah.

Supaya kelabang tidak mau masuk ke rumah dapat menggunakan beberapa nahan yang dapat kita temukan di sekitar kita dengan mudah. Cara ini lumayan efektif mencegah dan mengusir kelang dari rumah.


Bahan Yang Dapat Digunakan Untuk Mengusir Kelabang.



Cara mengusir atau mencegah kelabang masuk ke dalam rumah sebenarnya tidak begitu sulit. Berikut cara mengusir kelabang atau lipan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut :


1. Cabe atau Merica.
Aroma cabe dan merica yang menyengat dapat membuat kelabang atau lipan kabur dari rumah. Caranya cukup mudah, hanya dengan menaburkan bubuk cabe dan merica di tempat-tempat yang biasa dilewati oleh kelabang. jika menemukan kelabang tersebut bisa langsung menaburkan cabe dan merica tersebut tepat ke badan kelabang tersebut agar cepat mati.


2. Daun Pandan.
Ternyata aroma wangi daun pandan sangat tidak disukai oleh kelabang. Oleh karena itu, daun pandan dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk cara mengusir kelabang.

Cara untuk mengusir kelabang dari rumah menggunakan daun pandan adalah mengiris mengiris tipis daun pandan. Kemudian letakkan irisan daun pandan tersebut di tempat-tempat yang biasa dilewati oleh kelabang.


3. Kapur Anti Serangga.
Cara mengusir kelabang menggunakan kapur anti serangga dinilai sangat ampuh, murah, dan praktis. Caranya hanya mencoret-coret tempat yang sering dilewati kelabang di rumah. Kelabang pun dijamin tidak akan berani masuk ke rumah.


4. Kapur Barus.
Selain bisa dipakai mencegah pertumbuhan jamur, Kapur barus juga bisa jadi salah satu cara mengusir serangga termasuk kelabang atau lipan.

Caranya sangat sederhana, letakkan beberapa butir kapur barus di tempat lembap dalam rumah, termasuk kamar mandi. Dengan adanya kapur barus tersebut dijamin lipan tidak akan berani datang.


5. Irisan Cabe Rawit.
Selain menggunakan cabe bubuk, cabe atau cai rawit yang masih segar pun dapat digunakan untuk mengusir kelabang. Caranya Iris-iris tipis saja cabai rawit, lalu taburkan pada area yang disinyalir tempat kelabang bersembunyi.


6. Campuran Garam, Soda api dan Cuka.
Garam sangat ditakuti oleh kelabang. Jadi sangat ampuh untuk mengusir kelabang, namun lebih ampuh lagi bila ditambahkan soda api dan cuka.

Caranya adalah masukkan ketiga bahan tersebut ke dalam wadah plastik dan aduk hingga merata. Setelah membentuk pasta, oleskan pada bagian rumah yang kerap dilewati kelabang.



Selain dengan cara mengusi dan mencegah lipan masuk ke rumah menggunakan cara di atas, kita juga dapat membunuh hewan tersebut ketika menemukannya dengan menyiramya menggunakan air panas atau juga dengan cara menginjaknya, tetapi harus memakai alas kaki sendal atau sepatu.





Tag: cara mengusir kelabang dari toilet, cara mencari sarang kelabang, cara menghilangkan cacing dan kelabang di kamar mandi, cara mengusir kaki seribu, didatangi kelabang, bahaya kelabang, cara mengusir kelabang di kamar, kelabang masuk rumah menurut islam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar